Gaya Remaja

9 Situs Freelance di Indonesia untuk Berbagai Bidang Kemampuan

Situs Freelance Di Indonesia
Source: Pexels.com

Seringkali satu sumber pendapatan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tak heran jika peluang freelance atau pekerjaan lepas diminati banyak orang di masa sekarang ini. Dengan cara bekerja yang mudah dan waktu yang fleksibel, freelance tetap bisa menjanjikan penghasilan yang lumayan. Apalagi perkembangan teknologi membuat semua orang semakin mudah menemukan lowongan pekerjaan lepas ini melalui situs freelance di Indonesia.

Pekerjaan lepas atau freelance umumnya mengharuskan adanya keahlian atau kemampuan khusus. Jenis keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan pun bisa beragam. Menariknya lagi, kemampuan khusus itu bisa dipelajari semua orang. Agar bisa bersaing dengan freelancer lain, sangat dibutuhkan kualitas dari keahlian tersebut. Sedangkan untuk menemukan peluang freelance, berikut beberapa situs yang bisa dikunjungi.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

1. Projects.co.id

Projects.co.id Situs Freelance di Indonesia

Situs project.co.id merupakan salah satu situs freelance di Indonesia yang paling terkenal. Situs ini menawarkan berbagai jenis pekerjaan freelance dari berbagai bidang, seperti desain, media sosial, audio/video, programming, bahkan jasa tulis menulis. Selain itu, di situs ini pengguna juga bisa melakukan kegiatan jual-beli berbagai macam produk digital. Satu hal yang membuat situs ini berbeda dengan situs freelance lainnya adalah adanya suatu progam bernama Affiliate Referral. Progam ini bisa menghasilkan pendapatan jika ada seseorang yang mendaftar menggunakan link yang telah dibagikan.

2. Sribulancer

Sribulancer Situs Freelance yang cukup populer di Indonesia

Sribulancer juga berhasil menjadi salah satu situs kerja freelance yang populer di Indonesia. Hampir sama dengan Projects.co.id, Sribulancer juga menawarkan berbagai peluang pekerjaan lepas dengan berbagai bidang. Di antaranya adalah pembuatan website, desain grafis, penulisan artikel, dan masih banyak lagi.


Sribulancer ini cocok digunakan untuk pemula freelance. Selain itu, situs freelance di Indonesia ini juga cocok bagi warga Indonesia yang tidak memiliki kartu kredit sebab menyajikan pembayaran melalui transfer bank. Situs ini juga berskala internasional dengan tersedianya dua bahasa, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pekerja lepas di situs ini memiliki peluang untuk mendapatkan klien dari luar negeri.

3. Sribu

Sribu.com

SribuDesign atau Sribu adalah situs freelance yang masih satu manajemen dengan situs Sribulancer. Namun berbeda dengan Sribulancer yang menyajikan berbagai macam pekerjaan freelance, situs Sribu ini hanya fokus dengan freelance mengenai desain grafis saja. Sehingga situs Sribu ini cocok untuk para graphic designer pemula. Para pemula dalam bidang desain grafis jadi punya kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya hingga menjadi ahli profesional.

Meskipun hanya fokus dengan desain grafis namun jenis desain yang terdapat di dalamnya sangat beragam. Para pekerja dapat memperoleh job mulai dari yang simpel seperti desain logo hingga yang rumit seperti desain interior. Dalam salah satu situs freelance di Indonesia yang populer ini terdapat sistem kontes, artinya para pencari kerja akan memasukkan karyanya kepada pemilik suatu proyek. Jika proyek tersebut menang, pekerja tak hanya akan dipilih oleh klien melainkan juga akan mendapatkan hadiah dari Sribu.

4. Fiverr

Fiverr

Fiverr merupakan website freenlance pertama yang masuk kancah internasional. Memiliki cara kerja yang berkebalikan dengan kebanyakan situs freelance yang ada di Indonesia lainnya. Jika di situs freelance lain klien yang membuat pemberitahuan untuk mencari pekerja freelance, maka di situs Fiverr pekerja freelance lah yang  membuat pemberitahuan untuk mencari perusahaan atau klien.

Dengan cara kerja yang demikian, para pekerja freelance tidak perlu repot untuk apply atau promosi pada pengumuman yang dibuka klien satu demi satu. Pekerja freelance hanya membuat pengumuman dan menunggu untuk mendapatkan klien yang tepat dan sesuai dengan bidang yang digeluti. Fiverr yang merupakan situs freelance di Indonesia ini sangat menghargai privasi para penggunanya. Oleh karena itu, kebanyakan pekerja freelance memilih situs ini untuk mengumpulkan pendapatan.

5. Upwork

Upworik Situs Freelance di Indonesia yang bisa digunakan

Memiliki lebih dari 12 juta pencari kerja freelance serta 3 juta klien di dalamnya membuat Upwork menjadi website freelance terbesar di dunia maya. Dengan pengguna yang sangat banyak maka peluang kerja di dalamnya semakin lebar, sehingga dapat menampung freelance pemula. Di situs Upwork, sistem pembayaran dapat dihitung per jam atau per proyek yang telah diselesaikan. Oleh karena itu, Upwork terkenal dengan sajian fleksibilitas yang baik kepada pencari jasa maupun pencari kerja. Terdapat berbagai fitur pendukung yang dapat digunakan untuk merintis karir di situs ini, seperti pembuatan invoice dan collaborative space.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

6. Freelancer

Freelancer salah satu situs freelance yang banyak digunakan oleh freelancer Indonesia

Tak jauh berbeda dengan Upwork, Freelancer juga merupakan salah satu situs freelance di Indonesia terbaik dengan jumlah pengguna terbanyak. Bahkan jumlah penggunanya lebih banyak daripada Upwork, yaitu sekitar 42 juta pencari kerja serta klien di dalamnya. Hal yang membuat Freelancer menonjol dan membedakannya dengan situs freelance lainnya adalah pengguna diharuskan membayar untuk menjadi anggota. Namun pembayaran dilakukan setelah mengajukan proposal kepada klien atau pencari jasa. Dengan begitu, prospek kerja yang didapatkan akan lebih terjamin.

7. Toptal

Toptal

Karena Toptal menyajikan pencari jasa dengan kemampuan-kemampuan terbaik, maka untuk mendaftar sebagai pencari kerja di Toptal diharuskan memiliki deretan portofolio berkualitas. Sistem yang seperti ini akan membuat proses seleksi untuk menjadi pekerja freelance menjadi sangat ketat. Adanya tingkat kesulitan yang tinggi serta kualitas yang terjamin membuat pendapatan di Toptal jauh lebih tinggi daripada situs freelance lainnya. Di Toptal, pekerja freelance yang sudah diterima bisa memilih proyek dengan jangka pendek atau jangka panjang. Bahkan Toptal ini sering disebut sebagai situs freelance terbaik untuk kaum elit.


8. PeoplePerHour

People Per Hour

Jauh berbeda dengan Toptal, situs freelance di Indonesia dengan nama PeoplePerHour ini tidak membutuhkan uang sedikitpun untuk bisa menjadi anggota pekerja freelance. Hal tersebut membuat persaingan yang ada di dalam situs PeoplePerHour bisa dikatakan jauh lebih ketat daripada situs freelance lainnya.

Situs ini juga sistem rating yang bertujuan untuk sarana promosi pekerja. Karena persaingan di dalamnya sangat ketat, maka pekerja akan jarang mendapatkan keuntungan yang besar. Para pencari kerja disarankan untuk memasang harga yang wajar supaya mampu bersaing dengan pekerja lainnya.

Baca Juga: Alasan Content Creator adalah Profesi Menjanjikan!

9. Guru

Guru

Didirikan sejak tahun 2001, Guru telah menjadi salah satu situs freelance terbaik di dunia. Dalam situs Guru, baik pencari kerja maupun pencari jasa atau klien diwajibkan untuk membuat dan memasang profil masing-masing. Ketika sudah cocok dengan profil masing-masing, maka kerja sama antara keduanya baru bisa dimulai. Setiap hari selalu ada pekerjaan baru di dalamnya, sehingga para pencari kerja harus perlu rutin membuka situs freelance ini supaya tetap mendapatkan update terbaru. Selain itu, para pencari kerja juga bisa mencari pekerjaan berdasarkan kategori, lokasi, maupun jenis pembayaran.

Sederet situs freelance di Indonesia di atas bisa menjadi pilihan untuk mencari pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan uang tambahan. Pastikan memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang, kemampuan, serta kualifikasi diri sehingga bisa nyaman saat bekerja dan mendapatkan hasil yang maksimal.



Related posts

Wajib Coba! 6 Cara Mendapat Uang Dari Internet Dengan Mudah Tanpa Modal

Marsyaviani Darestuti

6 Prospek Kerja Akuntansi dengan Gaji Menggiurkan

Risma Mualifa

5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

Risma Mualifa