Gaya Remaja

Ternyata Begini Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Kamu!

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah
Source: kobeautique.com

Kulit wajah sehat, bersih dan mulus tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Sayangnya, setiap orang memiliki kulit yang berbeda sehingga cara merawatnya pun juga harus berbeda. Cara mengetahui jenis kulit wajah umumnya bisa dilihat dari tekstur dan kelembapan wajah yang kamu miliki.

Jika masih bingung dengan jenis kulit wajah yang kamu miliki, coba simak dulu ulasan mengenai jenis-jenis kulit wajah berikut ini.

Kulit wajah normal

Para pemilik kulit normal umumnya akan memiliki keseimbangan kandungan air dan minyak di wajah mereka. Jadi, kulit mereka pun tidak kering serta tidak terlalu berminyak.

Kulit wajah normal juga cenderung jauh dari masalah kulit seperti jerawat, pori-pori besar hingga bruntusan. Bisa dibilang, kulit normal adalah jenis kulit yang paling mudah dirawat di antara semua jenis kulit lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Beras, Bikin Kulit Wajah Sehat dan Memesona

Kulit wajah kering

Cara mengetahui jenis kulit wajah kering bisa dilihat dari pori-pori wajah yang hampir tak terlihat. Namun, bagian luar kulit umumnya cenderung kasar, kusam serta kaku saat ditarik atau disentuh.

Wajah kering muncul akibat kurangnya tingkat kelembapan yang didapatkan oleh kulit wajah bagian terluar. Hal inilah yang membuat kulit rentang kering dan mudah pecah-pecah. Karena kulit kering cenderung kasar maka permukaan kulit pun menjadi lebih mudah retak.

Kulit wajah kering ini juga kerap memunculkan kondisi kulit yang mudah memerah, gatal, bersisik hingga meradang. Selain karena faktor genetik, usia, cuaca ataupun perubahan hormon, kulit kering di wajah juga bisa disebabkan oleh efek samping penggunaan skincare.

Kulit wajah berminyak

Mengetahui jenis kulit wajah
Source: Kompas.com

Sesuai namanya, kulit berminyak memang menghasilkan produksi minyak atau sebum yang berlebihan pada kulit. Alhasil, kulit pun cenderung terlihat licin dan mengkilap.

Pada dasarnya, sebum memiliki peran penting dalam melindungi dan melembapkan kulit, akan tetapi memiliki sebum yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Jika wajah kamu kelebihan sebum atau minyak maka pori-pori pada kulit pun akan mudah tersumbat.

Penyumbatan pada pori-pori ini pun akan membuat kulit lebih rentan terhadap bruntusan dan jerawat. Tingginya produksi sebum juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, perubahan hormon dalam tubuh hingga stress yang cukup sulit dikelola.

Para pemilik kulit wajah berminyak umumnya akan memiliki pori-pori kulit yang besar, wajah yang terlihat berkilau tapi tetap kusam, munculnya banyak komedo, jerawat serta banyaknya noda hitam pada wajah.

Baca Juga: 9 Urutan Pemakaian Skincare Malam Agar Wajah Glowing

Kulit wajah sensitif

Kulit sensitif sendiri merupakan jenis kulit yang sangat mudah mengalami alergi ataupun iritasi. Saat kulit wajah sensitif mengalami iritasi maka akan muncul ruam-rumah hingga bintik-bintik kemerahan. Biasanya, kulit yang sensitif cenderung peka terhadap keadaan lingkungan sekitar, jenis makanan yang dikonsumsi hingga penggunaan skincare maupun kosmetik.

Para pemilik kulit sensitif akan memiliki kulit wajah yang rentan mengelupas, kering, kemerahan hingga mudah perih saat melakukan kontak terhadap produk tertentu. Oleh sebab itu, banyak pemilik kulit sensitif yang tidak cocok dengan berbagai jenis produk dan skincare di pasaran. Sehingga, mereka pun lebih memilih berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Kulit wajah kombinasi

Adapun kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan juga kulit kering. Untuk bisa mengetahui apakah wajah kamu adalah jenis kulit kombinasi atau bukan cobalah memperhatikan zona T wajah kamu. Jika zona T pada wajah kamu cenderung berminyak maka bisa jadi kamu memiliki jenis kulit kombinasi.

Pemilik kulit kombinasi umumnya memiliki kulit berminyak di area dagu, hidung dan juga dahi. Sedangkan di area pipi lebih cenderung kering. Perpaduan kondisi kulit berminyak dan kering inilah yang disebut dengan kulit kombinasi.

Faktor genetik hingga peningkatan hormon selama masa pubertas bisa menjadi salah satu faktor munculnya jenis kulit kombinasi pada kulit wajah. Biasanya, pemilik wajah kombinasi memerlukan beberapa rangkaian perawatan wajah yang berbeda. Produk yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi kulit wajah yang tengah dialami.

Nah, setelah membaca ulasan tentang cara mengetahui jenis kulit wajah lewat artikel di atas, kira-kira jenis kulit apakah yang kamu miliki? Jika kamu masih bingung maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi langsung mengenai permasalahan kulit yang kamu alami kepada ahlinya secara langsung.



Related posts

Tata Cara Perawatan untuk Kulit Berjerawat Sesuai Jenisnya

Primaditya Riesta

Mau Tampil Flawless? Simak 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Ini

Linda Arista

Jangan Asal Beli, Begini Cara Memilih Skincare yang Tepat

Rostina Alimuddin