Image default

Yuk, Intip 8 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia

Pernikahan memang menjadi moment yang sangat didambakan oleh banyak pasangan. Sayangnya, proses mengikat tali kasih sayang secara sah dalam agama dan hukum ini seringkali terbentur oleh perbedaan adat dan tradisi antar pasangan. Mengingat masyarakat tanah air memiliki beragam suku dan budaya, tak heran jika banyak wilayah yang dinobatkan memiliki adat pernikahan termahal di Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri biaya untuk sebuah pernikahan memang membutuhkan biaya yang sangat besar. Jumlah nominal uang yang digunakan umumnya disesuaikan oleh jenis adat pernikahan yang dilakukan. Semakin panjang dan banyak prosesi adat maka semakin banyak pula uang yang dibutuhkan.

Adat Pernikahan Bugis, Sulawesi Selatan

Pernikahan Bugis, masuk dalam deretan pernikahan termahal di Indonesia
Source: https://www.popbela.com/

Adat pernikahan suku Bugis dari Sulawesi Selatan termasuk adat pernikahan termahal di Indonesia. Proses adat yang terdiri atas beberapa tradisi membuat calon pasangan harus menyiapkan sejumlah uang yang cukup besar. Uang Panai menjadi salah satu rangkaian tradisi di dalam suku Bugis ini.

Uang Panai sendiri merupakan sejumlah uang yang wajib diserahkan oleh pihak laki-laki kepada mempelai perempuan. Umumnya, semakin tinggi jenjang pendidikan, status keturunan hingga profesi yang dikerjakan oleh pihak perempuan maka semakin besar pula nominal uang Panai yang harus disiapkan pihak laki-laki.

Baca Juga: Tanda dan Cara Mendapatkan Hubungan Cinta yang Sehat

Adat Pernikahan Banjar, Kalimantan Selatan

Suku Banjar juga dikenal dengan prosesi adat pernikahan yang sangat mahal. Sama halnya dengan tradisi uang Panai, suku Banjar juga dikenal dengan tradisi Maantar Jujuran di mana pihak laki-laki menyerahkan sejumlah uang untuk diberikan kepada pihak wanita sebagai biaya kebutuhan pernikahan. Prosesi adat yang cukup panjang membuat biaya pernikahan adat suku Banjar tergolong mahal.

Adat Pernikahan Minangkabau, Padang

Berbeda dengan adat di wilayah lainnya di mana pihak laki-laki yang menyediakan uang mahar, adat pernikahan Minangkabau justru mengharuskan pihak wanita yang menyediakan sejumlah uang untuk meminang sang laki-laki. Tradisi adat pernikahan yang cukup panjang membuat calon pengantin wanita harus siap menyiapkan uang dalam jumlah yang super besar. Perlu Anda tahu seluruh rangkaian tradisi pernikahan Minangkabau bisa menelan biaya hingga ratusan juta rupiah.

Adat Pernikahan Batak, Sumatera Utara

Adat Pernikahan Batak
Source: https://www.hipwee.com/

Adat pernikahan suku Batak juga sangat terkenal sebagai adat pernikahan termahal di Indonesia. Bayangkan, Anda tak hanya harus mempersiapkan mahar senilai puluhan juta, melainkan hingga ratusan juta. Besaran mahar ini sendiri ditentukan dari status pekerjaan hingga tingkat pendidikan pihak perempuan.

Adat Pernikahan Sasak, Lombok

Adat pernikahan dari Suku Sasak di Lombok tergolong cukup unik. Pasalnya, jumlah biaya pernikahan ditentukan oleh jarak rumah pihak laki-laki ke rumah pihak wanita. Tak hanya itu saja, nominal mahar juga harus disesuaikan dengan garis keturunan mempelai wanita. Semakin tinggi kasta yang dimiliki oleh pihak perempuan maka semakin banyak pula uang mahar yang harus disediakan.

Adat Pernikahan Nias, Sumatera Utara

Pada prosesi adat pernikahan Nias, mahar yang harus disiapkan oleh pihak laki-laki tidaklah main-main. Untuk prosesi lamaran saja, mempelai laki-laki harus menyiapkan mahar berupa babi. Warga Nias memiliki standar tersendiri dalam menentukan jumlah mahar yang harus diberikan. Umumnya, jumlah uang yang harus disediakan harus setara dengan 25 ekor babi di mana untuk satu ekor babi memiliki harga sekitar 1 hingga 2 juta rupiah.

Adat Pernikahan Bali

Masyarakat asli Bali sejak dulu sudah dikenal dengan adatnya yang unik dan beragam. Maka tak heran, untuk biaya adat pernikahan di Bali pun bisa menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah. Seluruh rangkaian prosesi adat yang telah turun-temurun dijalankan tersebut wajib dilaksanakan oleh mempelai pria maupun wanita.

Baca Juga: Pernikahan Beda Agama di Indonesia, Seperti Ini Hukum dan Tata Caranya

Adat Pernikahan Masyarakat Sumba, NTT

Tak kalah dengan tradisi adat pernikahan dari wilayah lainnya, adat pernikahan masyarakat Sumba, NTT juga mampu menghabiskan uang hingga ratusan juta. Belis menjadi ciri khas mahar yang harus disiapkan oleh pihak pria kepada mempelai wanita. Belis sendiri terdiri atas puluhan kerbau, kuda hingga babi. Tentu saja, jika ditotalkan secara keseluruhan, jumlah Belis ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Nah, demikianlah ulasan mengenai sejumlah adat pernikahan termahal di Indonesia. Jika Anda memiliki pasangan yang berasal dari salah satu wilayah yang disebutkan pada artikel ini, maka bersiaplah untuk merogoh kocek lebih dalam.

Related posts

Kunci Hubungan Awet, Ini Cara Menjadi Sahabat untuk Pasangan

Marsyaviani Darestuti

Caption Untuk Pacar Dari Paling Baper Sampai Paling Puitis!

Risma Mualifa

Apa Sih Arti dan Tugas Seorang Bridesmaid? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Marsyaviani Darestuti