Gaya Remaja

Yuk, Pahami Apa Itu Soft Skill serta Contoh dan Pentingnya

Mengenal apa itu softskill
Source: Pexels.com

Soft skill adalah sifat dan perilaku kepribadian yang akan membantu individu berhasil mencapai tujuan hidup mereka, terutama kesuksesan karir. Tidak seperti technical skill atau hard skill, soft skill adalah keterampilan interpersonal dan perilaku yang membantu Anda bekerja dengan orang lain dan mengembangkan karier Anda.

Untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan ini dalam diri Anda, tentu terlebih dahulu Anda harus pahami apa itu soft skill beserta contoh dan alasan pentingnya memiliki soft skill.

Apa Itu Soft Skill?

Apa Itu Soft Skill
Apa Itu Soft Skill

Soft skill merupakan keterampilan yang berkaitan dengan bagaimana Anda bekerja dan bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain. Beberapa contoh soft skill yang paling berguna dalam dunia kerja diantaranya komunikasi, etos kerja, problem solving, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

Sebagian perusahaan akan menilai soft skill kandidat karyawan karena keterampilan ini sulit untuk diajarkan dan penting untuk kesuksesan jangka panjang, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun karir. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengembangkan keterampilan seoptimal mungkin.


Mengapa Soft Skill Itu Penting?

Pentingnya mengasah soft skill
Pentingnya mengasah soft skill

Dalam dunia kerja, soft skill memainkan peran penting dalam penulisan resume, wawancara, kinerja pekerjaan, dan bidang lain dalam hidup Anda. Misalnya, saat Anda mencari pekerjaan, Anda mungkin menjumpai banyak perusahaan yang mengharuskan pelamar mencantumkan soft skill tertentu pada resume atau CV.

Contoh lain, ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi staf SDM, mungkin Anda akan diminta untuk mencantumkan beberapa soft skill sebagai keterampilan yang dicari perusahaan untuk posisi tersebut. Seperti kemampuan komunikasi yang baik, mampu bekerja dalam tim, memiliki jiwa leadership, mampu bekerja di bawah tekanan, dan sebagainya.

Karena alasan inilah, Anda harus memiliki, mengembangkan, dan mengasah soft skill dalam kehidupan sehari-hari. Terutama jika keterampilan tersebut dibutuhkan atau sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang Anda lamar. Saat Anda melamar pekerjaan, pastikan untuk fokus pada pengembangan soft skill atau keterampilan yang Anda miliki.

Terus upgrade resume Anda dan cantumkan soft skill yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Bila Anda memiliki soft skill yang baik, maka perusahaan dapat mengetahui tingkat profesionalisme Anda. Selain itu, soft skill juga penting untuk menambah dan memperluas relasi Anda yang tentunya menguntungkan untuk perkembangan karir.

Contoh Soft Skill yang Paling Dibutuhkan

Soft skill mencakup kepribadian serta kemampuan yang dapat dipelajari dan diasah. Berikut adalah soft skill utama yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja. Mungkin Anda memiliki salah satunya.

1. Skill Komunikasi

Skill komunikasi
Skill komunikasi

Keterampilan komunikasi yang efektif akan membantu Anda untuk melalui proses wawancara dan karir Anda secara keseluruhan. Kemampuan untuk berkomunikasi melibatkan pemahaman dan keterampilan berbicara dengan orang lain dalam situasi atau kepentingan yang berbeda.

Misalnya, saat bekerja dengan tim dalam sebuah proyek, Anda mungkin perlu mengkomunikasikan beberapa gagasan atau ide dengan tim dari divisi lain. Contoh kemampuan yang termasuk dalam skill komunikasi antara lain, negosiasi, percaya diri, public speaking, active learning, dan sebagainya.

2. Problem Solving

Skill problem solving
Skill problem solving

Perusahaan umumnya mencari kandidat yang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif. Dengan skill ini, Anda akan lebih mudah menemukan solusi atas permasalahan yang Anda hadapi dalam dunia kerja. Nah, orang yang memiliki skill ini umumnya memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, research, dan manajemen risiko yang bagus.

Baca Juga: 9 Situs Freelance di Indonesia untuk Berbagai Bidang Kemampuan

3. Kreativitas

Mencoba untuk lebih kreatif

Kreativitas adalah kemampuan untuk menggabungkan banyak keahlian yang berbeda termasuk soft skill dan keterampilan teknis lainnya. Karyawan dengan kreativitas tinggi umumnya mampu menemukan cara baru untuk menyelesaikan tugas bahkan mengembangkan cara baru dan menarik. Skill ini sangat dibutuhkan dalam bidang pekerjaan apapun.


4. Kemampuan Beradaptasi

Salah satu kemampuan soft skill adalah Kemampuan adaptasi
Kemampuan adaptasi

Jika Anda bekerja di bidang atau startup yang didorong oleh teknologi, maka kemampuan beradaptasi sangat penting untuk Anda miliki. Pasalnya, perubahan dalam proses, teknologi, atau klien yang bekerja sama dapat terjadi dengan cepat. Karyawan yang mampu beradaptasi dengan situasi dan cara kerja baru sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan dan industri.

5. Etos Kerja

Etos Kerja termasuk dalam soft skill

Etos kerja adalah skill dalam menindaklanjuti dan mempertanggungjawabkan tugas serta kewajiban secara tepat waktu dan berkualitas. Bila Anda punya etos kerja yang kuat, maka Anda dapat dengan mudah menjalin hubungan positif dengan atasan dan rekan kerja Anda, bahkan jika Anda tergolong karyawan baru.

Banyak perusahaan yang lebih suka mempekerjakan karyawan dengan etos kerja yang kuat dan ingin belajar daripada pekerja terampil yang tampaknya kurang termotivasi. Itulah mengapa Anda perlu mengasah dan mengembangkan skill ini.

Nah, itulah penjelasan singkat terkait apa itu soft skill beserta beberapa contohnya. Semoga dengan membaca artikel ini semakin meningkatkan kesadaran untuk meningkatkan soft skill, ya.



Related posts

7 Tips Karir Fresh Graduate, Agar Tidak Salah Memilih Pekerjaan

Risma Mualifa

Simak Tutorial Daftar Kartu Prakerja Pasti Lolos

Rostina Alimuddin

Cara Jitu Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

Linda Arista