Gaya Remaja

8 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, Mulai dari Persiapan Hingga Pendakian

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Mendaki gunung adalah salah satu pilihan aktivitas outdoor yang disukai banyak orang. Selain membantu tubuh lebih banyak bergerak, mendaki gunung pun akan membuatmu rehat sejenak dari hiruk pikuk kesibukan sehari-hari, karena saat kamu mendaki dan mencapai puncak gunung, kamu akan menemukan pemandangan yang indah serta udara segar, yang mungkin jarang kamu temui. Walaupun begitu, mendaki gunung ini tidak dapat sembarangan, ada persiapan serta tips yang harus diperhatikan. Ini dia tips mendaki gunung untuk pemula!

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

1. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu persiapan fisik sebelum mendaki gunung, yang harus kamu lakukan. Olahraga akan berguna untuk memperkuat fisikmu, karena mendaki gunung akan menghadapkan kamu dengan medan yang menanjak, berjalan kaki yang cukup panjang. Sehingga tubuh harus dilatih terlebih dulu, yaitu dengan berolahraga.

Baca Juga: 7 Merk Perlengkapan Outdoor Lokal Paling Top

Olahraga yang bisa kamu lakukan misalnya yaitu jogging. Lakukan jogging minimal sebulan sebelum kamu akan melakukan pendakian. Kamu juga dapat melakukan Latihan berupa squat jump dan berenang. Ini dilakukan untuk meningkatkan stamina tubuh, Latihan mengatur napas dan juga kelenturan otot.

2. Memilih gunung tujuan yang aman untuk pemula

Berbeda gunung, maka akan berbeda pula medan pendakian yang akan kamu lalui. Ada beberapa gunung yang cocok bagi pemula, yang mana jalur atau medan yang dilalui tidak terlalu curam atau tinggi, sehingga lebih mudah dilalui.

Ketika melakukan pendakian pertama kali, medan atau jalur yang tidak ekstrem akan memberikan kamu kesempatan untuk menikmati pendakian pertamamu. Selain itu, ini dapat menjadi Latihan untuk bisa melakukan pendakian lain ke gunung yang punya medan lebih ‘menantang’.

3. Pilih waktu yang tepat untuk mendaki

ini dia tips mendaki gunung untuk pemula

Tips mendaki gunung untuk pemula yang berikutnya adalah jeli dalam memilih waktu pendakian. Sebelum berangkat, ada baiknya kamu memeriksa kondisi cuaca di daerah pendakian. Kamu juga dapat mencari informasi tentang kemungkinan terjadinya hujan besar, kabut tebal ataupun badai petir di lokasi. Pastikan kalau cuacanya cukup bersahabat, guna meminimalisir risiko yang tidak diinginkan.

4. Mencari informasi tentang pendakian

Mencari informasi mengenai mendaki gunung juga hal yang harus kamu lakukan sebelum pergi mendaki. Sebagai pemula, kamu tentunya harus punya gambaran seperti apa medan yang akan kamu hadapi, cara menyusun barang dalam tas yang benar, belajar mendirikan tenda jika diperlukan, serta hal apa saja yang harus dilakukan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tersesat dan lainnya.

5. Menyiapkan kebutuhan dan peralatan mendaki

Pastikan bahwa peralatan yang kamu bawa adalah peralatan kebutuhan dan penting saja, agar tidak memberikan beban berlebih ketika kamu mendaki.

Peralatan penting yang wajib kamu bawa di antaranya jaket dan pakaian tebal, sepatu gunung, kaos kaki, sarung tangan dan penutup kepala, sleeping bag, tenda, senter, matras, alat memasak dan bahan memasak, mantel hujan, obat-obatan, alat navigasi, dan lainnya. Tips mendaki gunung untuk pemula, peralatan yang sifatnya untuk kelompok pun dapat kamu diskusikan dengan teman mendakimu, agar barang bawaan dapat dibagi-bagi, sehingga tidak memberatkan satu orang saja.

6. Mendaki gunung bersama orang yang berpengalaman

tips mendaki gunung untuk pemula agar aman dalam pendakian

Pendaki pemula sebaiknya didampingi oleh orang lain yang lebih berpengalaman, atau setidaknya sudah pernah mendaki gunung. Ini diperlukan untuk menghindarkan risiko yang mungkin terjadi ketika kamu pergi sendirian dan tidak mengetahui medan serta tidak cukup informasi.

Baca Juga: 5 Logistik Makanan untuk Mendaki Gunung, Wajib Dibawa!

7. Menjaga etika ketika mendaki

Sebagaimana kita datang ke tempat asing ataupun ke daerah orang lain, maka etika adalah hal yang harus diutamakan. Jangan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan di daerah orang, seperti berbuat hal tidak senonoh, berperilaku tidak sopan, merusak ataupun membuang sampah sembarangan.

8. Jangan memaksakan diri

Kondisi dan kemampuan yang dimiliki pendaki pemula dengan yang berpengalaman tentu akan berbeda. Bagi pemula mungkin saja akan mudah merasa kelelahan saat harus berjalan jauh ataupun mendaki jalan yang menanjak. Nah, ketika kamu merasa sudah lelah atau butuh istirahat, maka jangan memaksakan diri dan beritau teman mendakimu untuk meminta berhenti sebentar untuk istirahat.

Kamu dapat beristirahat sambil mengatur napas, ataupun juga sambil mengisi perut dengan camilan yang kamu bawa.

Nah, itulah beberapa tips mendaki gunung untuk pemula, yang bisa kamu terapkan saat persiapan dan juga pendakian. Ini tentunya dilakukan agar selama pendakian hingga kembali ke rumah, kamu dapat dalam keadaan aman, sehat dan selamat.



Related posts

Wow, Ini Dia Hobi yang Keren dan Ternyata Membuat Cerdas!

Marsyaviani Darestuti

7 Pilihan Makanan Ikan Cupang Agar Sehat dan Warna Tidak Kusam

Risma Mualifa

Performa Tangguh dan Kekinian, 8 Rekomendasi Sepeda Lipat dengan

Risma Mualifa