Gaya Remaja

5 Tips Memilih Parfum yang Tepat, Jangan Sampai Salah Ya!

Tips Memilih Parfum yang Tepat

Aroma tubuh setiap orang tentunya tidak sama, dan aroma inilah yang membuat jenis parfum yang digunakan seseorang akan memberikan sensasi berbeda. Jadi, pemilihan aroma parfum juga harus dilakukan dengan hati-hati agar sesuai dengan aroma tubuh.

Bukan hanya menyesuaikan dengan aroma tubuh, banyak juga orang yang menggunakan parfum untuk menghindari bau badan. Nah, dari beberapa hal tersebut ikuti tips memilih parfum yang tepat berikut ini, sebab jenis parfum sangat beragam dan perlu disesuaikan dengan tubuh penggunanya.

Tips Memilih Parfum yang Tepat

Cara Memilih Parfum yang Tepat

Adapun beberapa cara yang perlu kamu perhatikan saat memilih parfum diantaranya:

1. Kenali wangi parfum dengan baik

Cara tepat yang bisa dilakukan sebelum membeli parfum yaitu mengenali aroma parfum dengan baik. Seperti yang kamu ketahui, sudah banyak parfum yang tersedia dengan berbagai jenis aroma yang mempunyai ketahanan saat dipakai, entah itu tahan lama atau mudah hilang sesudah digunakan.

Setiap orang pun mempunyai ciri khas dan preferensi tersendiri, jadi tidak perlu ikut-ikutan tren atau teman atau bahkan belum tentu cocok digunakan. Selain itu, kamu bisa memperhatikan wangi sabun, shampo, pewangi pakaian, dan sebagainya untuk referensi hingga kamu bisa menentukan wangi seperti apa yang paling disukai.

Baca Juga: Hal Wajib Diperhatikan dan Urutan Memakai Tone Up Cream yang Benar

Sesudah itu, kamu bisa menggunakan wewangian yang dominan tersebut sebagai titik awal menemukan wangi parfum yang tepat.

2. Pilihlah parfum yang kamu sukai

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis aroma parfum dan kamu bisa memilih jenis parfum yang sekiranya cocok dengan seleramu. Adapun beberapa jenis parfum yang beredar dipasaran yakni aroma bunga, kayu, rempah, hingga citrus.

Nah ada tips juga buat kamu yang ingin memilih aroma parfum baru. Saat akan memilihnya,  kamu bisa mencoba wangi parfum yang tidak berbeda jauh dari jenis parfum sebelumnya.

Dengan begitu, kamu masih bisa tetap merasa nyaman, meski memilih untuk mengganti parfum baru.

3. Ketahui apa saja kandungannya

Jika kamu belum yakin, cobalah memilih parfum dengan konsentrasi yang rendah lebih dulu. Body mist atau body spray biasanya mengandung 1-2% perfume oil dengan wanginya yang bisa bertahan 1-2 jam.

Sementara untuk EDC atau Eau de Cologne memiliki kandungan alkohol yang lebih banyak dibanding minyak esensialnya. EDC sendiri mengandung 2-4% perfume oil dan bisa bertahan selama 3-4 jam.

Untuk EDT atau Eau de Toilette memiliki kandungan alkohol yang ringan, dengan 5-15% kandungan perfume oil serta bisa bertahan 4-6 jam. Namun, yang menjadi banyak pilihan yakni EDP atau Eau de Parfum karena memiliki kandungan 15-20% perfume oil dan bisa bertahan lebih lama hingga 6-8 jam.

Ada juga parfum yang paling kuat dan tahan lama yakni Extrait de Parfum yang mengandung 20-40% minyak esensial.  Aroma parfum ini tidak mudah menguap dan bisa bertahan 8-12 jam loh.

4. Hindari mencoba parfum dari berbagai aroma

Selanjutnya, saat memilih parfum agar sesuai dengan aroma tubuh sebaiknya coba gunakan parfum tersebut langsung dikulit kamu. Dengan hal ini, kamu bisa merasakan aroma yang sesuai dengan tubuh.

Namun hati-hati juga dalam memilihnya, jangan langsung mencoba parfum dari berbagai aroma. Kamu perlu membatasi percobaan parfum yang dioleskan ke area tubuh tertentu (seperti pada pergelangan tangan). Intinya jangan pernah mencoba lebih dari tiga jenis parfum berbeda agar tidak bingung saat memilihnya.

Baca Juga: Waspada! Kenali Bahan-Bahan Kosmetik Berbahaya

5. Beri jeda saat menggunakannya

Kamu perlu bijak saat menggunakan parfum, dan cobalah parfum itu dengan memberi jeda saat pemakaiannya. Parfum bisa kamu semprotkan ke area tubuh yang diinginkan dengan memberi jeda sekitar 15 menit agar parfum yang kamu gunakan tidak berlebihan.

Perlu diketahui, parfum dengan aroma yang kuat biasanya akan muncul selama 15 menit sesudah disemprotkan. Sementara untuk aroma dibawah itu akan muncul sekitar 30-60 menit setelah menggunakannya.

Jika sudah memberi jeda, kamu bisa merasakan bagaimana aroma parfum tersebut. Rasakan juga apakah parfum akan tercium di sepanjang hari atau tidak, lalu lakukan observasi apakah parfum itu sesuai dengan aroma tubuhmu.

Memilih parfum memang tidak mudah, namun kelima tips diatas bisa kamu aplikasikan jika ingin membeli parfum baru. Jika memang kamu masih khawatir dengan produk parfum yang dipilih, cobalah membeli kemasan kecil lebih dulu atau biasanya toko akan menyediakan travel size yang ukurannya lebih kecil.

Dengan ulasan diatas, kamu sudah tidak bingung lagi kan bagaimana memilih jenis parfum yang tepat? Semoga bermanfaat ya! (K-LS)

 

Sumber:

https://www.atome.id/blog/7-tips-jitu-anti-gagal-memilih-parfum-terbaik

https://www.fimela.com/beauty/read/4532114/5-cara-memilih-parfum-yang-aromanya-menyegarkan-dan-tahan-lama

https://www.orami.co.id/magazine/jenis-parfum

https://www.waspada.co.id/2022/08/jangan-bingung-ini-8-tips-memilih-parfum-yang-tepat/

https://id.theasianparent.com/cara-memilih-parfum



Related posts

Keputihan Berwarna Coklat Pada Remaja: Perlu Khawatir atau Tidak?

Ayu Lusiani

Tips Meraih Work Life Balance agar Hidup Lebih Meaningful

Rostina Alimuddin

5 Ide Usaha Kecil-kecilan Remaja dengan Modal Minim

Ayu Lusiani