Gaya Remaja

7 Aktivitas yang Menjadi Mood Booster Paling Ampuh

Aktivitas Mood Booster
Source: Pexels.com

Mengalami mood yang buruk atau sering disebut bad mood kerap kali menganggu aktivitas yang sedang dijalani. Bad mood biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya tekanan pekerjaan, patah hati, atau hal-hal kecil yang membuat kesal atau jengkel. Meski terkesan hal yang ringan, perubahan mood yang tidak mudah dikontrol dan dibiarkan tanpa penanganan yang tepat dapat memicu stress bahkan depresi. Dalam upaya mengatasi mood yang sedang buruk, diperlukan yang namanya mood booster.

Jika diartikan secara harfiah, mood memiliki arti perasaan atau suasana hati. Sedangkan booster yaitu pendorong, pemicu atau pendongkrak. Sehingga istilah tersebut dapat diartikan sesuatu yang bisa membuat seseorang kembali senang, ceria, dan bersemangat lagi setelah melewati kejadian yang buruk. Secara sederhana, istilah ini juga dapat diartikan sebagai penyemangat. Mengatasi badmood diperlukan pemilihan penyemangat yang tepat agar suasana hati semakin membaik. Berikut beberapa hal yang dapat mengembalikan mood.

1. Tidur Siang

Tidur siang menjadi aktivitas mood booster yang cukup ampuh

Jika sedang mengalami bad mood pada siang hari yang disebabkan oleh mengantuk dan pekerjaan yang menumpuk, maka solusi yang paling tepat adalah dengan tidur siang.  Tidur siang diketahui menjadi mood booster yang ampuh, meningkatkan produktivitas seseorang, serta mengurangi kantuk saat bekerja. Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur siang menjadi lebih sering mengalami penurunan mood. Waktu tidur siang yang cukup untuk memperbaiki mood adalah sekitar 20 hingga 30 menit.

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja

2. Makan Makanan Tertentu

Suasana hati yang tidak nyaman juga bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Makanan yang disarankan untuk mengatasi bad mood antara lain cokelat, sayur, dan buah. Cokelat dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin yang mampu mengurangi kecemasan dan stress. Sedangkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kerap makan sayuran lebih jarang mengalami depresi. Selain itu, mengonsumsi sayuran dan buah juga dapat menyehatkan tubuh dan pikiran.


3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik menjadi cara untuk menjadi mood booster

Mood booster paling ampuh lainnya adalah dengan mendengarkan musik. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa suasana hati yang buruk dapat diatasi dengan mendengarkan lagu. Peneliti tersebut juga menemukan orang yang depresi dan melakukan pengobatan melalui terapi relaksasi musik berhasil sembuh lebih cepat dibandingkan orang dengan terapi biasa. Selain mengurangi strees, mendengarkan musik juga mampu menurunkan tekanan darah dan menstabilkan mood.

4. Berolahraga dengan Rutin

Olahraga bisa menjadi aktivitas mood booster

Sebagian orang melakukan olahraga dengan tujuan melepas beban pikiran dan memperbaiki hari yang buruk. Sebab berolahraga mampu membantu otak memproduksi endorfin, hormon yang dapat meningkatkan suasana hati. Di samping itu, olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi rileks, meningkatkan kualitas tidur, menambah stamina, serta menjaga kesehatan jantung. Olahraga dikatakan rutin jika dilakukan setidaknya 150 menit setiap minggunya. Olahraga untuk meningkatkan mood yang bisa dicoba meliputi yoga, aerobic, jogging dan berenang.

5. Berinteraksi dengan Orang Sekitar

Berinteraksi

Bertemu dan berinteraksi dengan orang lain bisa menjadi mood booster. Berbicara teman, saudara atau orangtua mengenai perasaan atau suasana hati yang sedang dirasakan dapat membantu meringankan beban pikiran. Jika diminta, mereka juga bisa memberikan saran atau masukan sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Pastikan berinteraksi dengan orang yang tepat, bisa dipercaya dan mampu memberikan timbal balik sesuai kebutuhan.

6. Melakukan Hobi

Menjalankan Hobi menjadi salah satu aktivitas Mood Booster

Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai dipercaya dapat membantu memperbaiki mood yang buruk. Saat melakukan hobi atau kegiatan favorit, pikiran seseorang akan lebih tenang sehingga dapat melupakan hal yang menyebabkan mood memburuk. Contoh kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan adalah membaca buku, menyesap cokelat hangat dengan duduk santai, memutar musik lalu bernyanyi, mengurus tanaman, memasak dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

7. Melakukan Kegiatan di Luar Ruangan

Aktivitas Luar Ruang

Berdasarkan sebuah penelitian, kegiatan di luar ruangan selama 30 hingga 60 menit bisa dijadikan sebagai pembangkit mood sebab dapat meningkatkan mood seseorang. Waktu yang disarankan adalah pada pagi hari, di saat sinar matahari belum terlalu terik. Mendapatkan asupan vitamin D mampu meningatkan energi dalam tubuh dan mengurangi tingkat stress. Menghirup udara segar di pagi hari juga dapat membuat pikiran menjadi rileks dan santai.

Mood atau suasana hati yang buruk harus segera diperbaiki agar tidak mengganggu aktivitas hingga menurunkan produktivitas. Pilihan aktivitas yang bisa menjadi mood booster di atas bisa dicoba sesuai dengan keinginan.



Related posts

Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Telat Haid pada Remaja !

Primaditya Riesta

5 Tempat Nongkrong di Bandung Paling Instagramable!

Rostina Alimuddin

7 Cara Mencari Topik Pertanyaan Saat Ngobrol

Linda Arista