Image default
Life

5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja

Masa remaja adalah satu masa yang sangat penting dalam perjalanan hidup manusia. Bahkan bisa dikatakan masa remaja merupakan masa keemasan, karena apa yang dilakukan saat remaja itulah yang akan didapatkan di masa tua. Dalam masa ini, salah satu hal yang harus sangat diperhatikan adalah menerapkan gaya hidup sehat remaja. Sebab, kondisi kesehatan di masa tua sangat ditentukan oleh bagaimana kita bisa menjaga kesehatan di masa remaja.

Banyak remaja berpikir bahwa penyakit hanya datang pada saat usia menua, padahal hal tersebut tidak benar. Bukan tidak mungkin penyakit datang saat masih muda. Karena itulah, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat pada masa remaja yang sebenarnya tidaklah sesulit. Menerapkan gaya hidup sehat mulai remaja bahkan tidak membutuhkan biaya, hanya membutuhkan komitmen yang tinggi serta dapat melakukannya dengan rutin. Berikut beberapa hal yang dapat diterapkan dalam gaya hidup sehat untuk remaja.

1. Mengatur Pola Makan

Pola Makan untuk gaya hidup sehat

Makanan merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam penerapan gaya hidup sehat remaja. Misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi setiap harinya, jika tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh remaja. Memenuhi asupan vitamin juga tak kalah penting. Dalam pemenuhan asupan vitamin bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayur hijau, minum susu, serta terpapar sinar matahari yang cukup untuk mendapatkan vitamin D.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat adalah Keharusan, Bagaimana Cara Menerapkannya?

Memperoleh asupan lain seperti omega-3 dan protein juga harus diperhatikan, seperti dengan makan ikan atau daging. Hal tersebut akan mengurangi risiko terkena penyakit mematikan seperti jantung dan stroke. Untuk mengatur pola makan ini, pastikan asupan yang masuk ke dalam tubuh terpenuhi sesuai porsinya. Tidak ada yang kurang dan tidak ada yang lebih.

2. Perhatikan Minuman yang Dikonsumsi

Jangan asal minum, perbanyak minuman sehat

Sekarang ini banyak sekali jenis minuman yang tidak sehat. Seperti mengandung gula berlebih, terdapat pewarna dan perasa, bahkan ada yang mengandung pengawet. Jika minuman jenis ini dikonsumsi berlebihan, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan remaja. Jadi, sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung zat-zat berbahaya. Yang tak kalah penting adalah menghindari alkohol yang semua orang tahu bagaimana dampak buruknya bagi kesehatan.

3. Pastikan Jam Tidur Cukup dan Teratur

Kecukupan jam tidur bisa membantu Anda dalam menerapkan gaya hidup sehat

Karena alasan tertentu, tak jarang remaja memiliki kebiasaan begadang. Jika dilakukan sesekali saja tentu tidak masalah. Namun jika terlalu sering, ada banyak sekali dampak buruk pada kesehatan yang bisa terjadi. Salah satunya adalah penurunan daya ingat atau konsentrasi, padahal remaja membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Bagi remaja, kurang tidur bukanlah hal yang bisa disepelekan begitu saja. Normalnya seseorang memiliki waktu tidur selama 7–9 jam per hari. Jika kurang dari itu, maka banyak bahaya kesehatan lain yang mengintai.

4. Jangan Lewatkan Olahraga

Olahraga

Olahraga merupakan komponen penting dalam penerapan gaya hidup sehat remaja. Melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh pada remaja. Selain membantu pertumbuhan tulang dan otot serta meningkatkan stamina, olahraga untuk remaja juga dapat menyehatkan otak. Aliran darah yang lancar menuju otak akan mencegah terjadinya kerusakan sel otak. Di saat yang bersamaan, aktivitas fisik itu membantu pembentukan sel otak yang baru. Olahraga juga dapat mengurangi cemas, depresi, serta bisa menambah percaya diri.

5. Menjaga Berat Badan

Perhatikan berat badan untuk gaya hidup sehat

Hal yang tak kalah penting dalam gaya hidup sehat remaja adalah menjaga berat badan. Berat badan yang berlebih atau disebut obesitas tentunya akan menjadi ancaman serius pada kondisi kesehatan remaja. Satu di antaranya bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah, sehingga terjadi sumbatan aliran darah pada pembuluh darah jantung dan otak. Akan tetapi badan yang terlalu kurus juga tidak disarankan untuk remaja. Remaja dengan badan terlalu kurus memiliki risiko penurunan kepadatan tulang atau bone mineral density (BMD) yang lebih parah dibandingkan orang dengan berat badan normal. Berkurangnya kepadatan tulang tentunya membuat remaja rentan mengalami osteoporosis. Pastikan berat badan pada masa remaja ideal sesuai usia dan tinggi badan.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat dan Sejahtera Dengan Menerapkan 8 Gaya Hidup Sehat Ini

Dengan menerapkan gaya hidup sehat remaja, banyak sekali manfaat yang akan diperoleh. Tidak hanya di masa sekarang, kebiasaan hidup sehat juga akan memberikan dampak positif di masa mendatang saat usia sudah semakin menua.

Related posts

Pola Hidup Sehat adalah Keharusan, Bagaimana Cara Menerapkannya?

Risma Mualifa

Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Marsyaviani Darestuti

Merusak Moral, Inilah 6 Gaya Hidup Barat yang Perlu Dihindari

Risma Mualifa

Leave a Comment