Image default
Life

Hidup Lebih Sehat dan Sejahtera Dengan Menerapkan 8 Gaya Hidup Sehat Ini

Memiliki tubuh yang sehat adalah anugerah yang paling berharga yang bisa kita rasakan. Setuju kah? Dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan segala aktivitas yang kita sukai. Namun, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita perlu menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat adalah gaya hidup di mana kita memerhatikan segala aspek kondisi kesehatan kita, yaitu makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi serta perilaku kita sehari-hari seperti rutinitas olahraga yang baik untuk menghindarkan tubuh dari penyakit.

Baca Juga: Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Seperti pengertiannya, tujuan menerapkan gaya hidup sehat adalah demi mendapatkan kesehatan yang kita dambakan dan tidak mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu saja, menerapkan manfaat gaya hidup sehat juga agar kesehatan mental pun bisa tetap stabil. Karena pada dasarnya kesehatan fisik berbanding lurus dengan kesehatan mental kita.

Langkah-Langkah Gaya Hidup Sehat

1. Konsumsi makanan sehat

Gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat

Makanan sehat untuk memenuhi gaya hidup sehat adalah segala makanan yang mengandung unsur zat yang dibutuhkan tubuh. Jadi, pastikan kamu mengetahui makanan apa yang dibutuhkan tubuhmu. Walaupun begitu, makanan yang bergizi ini juga harus disertai dengan usaha menjaga kebersihan dan kesehatan kita ya.

Baca juga: 13 Kumpulan Menu Makanan Sehat Sederhana dan Praktis

Selain itu, pastikan bahwa yang kamu konsumsi memiliki gizi yang seimbang, seperti mengandung karbohidrat, protein, lemak dan juga serat. Kamu juga harus mengonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh.

Jangan lupa untuk membatasi asupan gula, garam dan lemak jenuh agar tidak berlebihan Karena ketiganya adalah jadi faktor utama yang memicu penyakit. Sebaiknya, batasi konsumsi gula 4 sdm, garam 1 sdt, dan lemak jenuh 5 sdm per hari.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Minum air putih salah satu cara hidup sehat

Sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Namun, cairan tubuh akan terus berkurang setiap harinya karena keluar melalui keringat, urin dan juga saat bernapas. Nah, karena itulah, kita memerlukan konsumsi air yang cukup untuk tubuh agar bekerja lebih optimal. Asupan cairan yang cukup juga akan membantu menghidrasi tubuh. Pastikan kamu mengonsumsi air putih 6 sampai 8 gelas per harinya ya.

3. Rutin berolahraga

Jangan lupa olahraga untuk gaya hidup sehat

Olahraga seperti berjalan santai, bersepeda ataupun berenang bisa jadi olahraga yang bisa kamu lakukan secara rutin. Tidak perlu olahraga berat, namun yang pasti lakukan kegiatan ini secara rutin agar kesehatan tubuh pun jadi lebih terjaga. Cukup olahraga 15-30 menit setiap harinya, lho. Bukan hanya untuk kesehetan fisik, nyatanya, olahraga juga memberikan perasaan bahagia, karena membuat tubuh melepas hormon perasaan senang.

4. Mengendalikan stres

Stres adalah salah satu yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Terutama bila kamu tidak bisa mengendalikan dan mengelolanya dengan baik. Karena itulah, sebisa mungkin, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, pastikan kalau kamu dapat mengelola stress dengan baik. Misalnya dengan menjaga suasana hati seperti melakukan kegiatan yang kamu sukai ataupun relaksasi agar pikiran jadi lebih tenang. Dengan begitu, baik mental dan fisik akan jadi lebih sehat.

5. Menjaga berat badan

Langkah selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Ini karena, kelebihan berat badan atau obesitas bisa memicu peningkatan risiko terserang berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kolesterol, diabetes tipe 2, stroke bahkan kanker.

Baca Juga: Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Menjaga berat badan ini tentu berkaitan dengan langkah-langkah sebelumnya yang sudah disebutkan, seperti konsumsi makanan sehat dan juga berolahraga secara rutin. Keduanya akan membantu kamu untuk mendapatkan berat badan yang lebih ideal, dan pastinya tubuh yang sehat.

6. Istirahat yang cukup dan berkualitas

Yang tubuh butuhkan bukan hanya kuantitas dan waktu istirahatmu saja, tapi juga kualitas. Sebanyak dan selama apapun kamu mengistirahatkan tubuh, namun tidak berkualitas, tentu tetap tidak akan memberikan efek positif pada kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup Hedonisme Dengan 7 Cara Ini

Jadi, pastikan kamu sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Untuk mendapatkannya, sebaiknya hindari penggunaan gadget sebelum tidur, serta pastikan ruangan tidur dalam keadaan gelap dan bersih.

7. Kurangi dan hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang saat ini sudah menjangkiti masyarakat kita adalah kebiasaan konsumsi junk food dan merokok. Padahal keduanya punya peranan penting pada kesehatan tubuh kita lho. Bila kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin kesehatanmu pun akan jadi menurun seiring berjalannya waktu.

8. Selalu bersyukur

Ketika kita bersyukur, bagian di otak kita akan menghasilkan hormon rasa senang, yang otomatis akan membuat perasaanmu jadi lebih bahagia. Kalau perasaan kita bahagia, ini juga berkaitan dengan kesehatan fisik kita, lho. Imunitas tubuh kita pun akan lebih terjaga, dan penyakit jadi tidak mudah menyerang.

Menerapkan langkah pola hidup sehat di atas tidaklah sulit bila kamu berkeinginan untuk memiliki fisik yang lebih sehat ke depannya. Kamu bisa mencobanya secara bertahap agar akhirnya terbiasa dan terus melakukan pola hidup sehat ini.

Related posts

Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Marsyaviani Darestuti

Ubah Gaya Hidup Hedonisme Dengan 7 Cara Ini

Marsyaviani Darestuti

Hati-hati, Beginilah 6 Bahaya Gaya Hidup Sok Kaya

Risma Mualifa