Gaya Remaja

Rahasia Kulit Muka Sehat dan Awet Muda dengan Skincare yang Tepat

Supaya bisa mendapatkannya, tentu saja kamu harus menjaga dan merawat kulit wajah. Salah satu caranya yaitu memakai produk perawatan kulit atau skincare secara teratur. Memilih dan memakai produk perawatan kulit yang benar tidak hanya memberikan efek positif untuk menjaga kulit tetap sehat. Namun, hal tersebut juga membantu memberikan perlindungan pada kulit dari berbagai masalah yang umum terjadi pada kulit, seperti kulit kusam, flek hitam, jerawat, komedo, hingga kerutan halus dan tanda penuaan lainnya.

Baca juga : Dunia Virtual: Menjelajahi Kreativitas dan Inspirasi Baru

Device Pods Emkay

Urutan Pemakaian Skincare yang Benar

Tak hanya memilih produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit, kamu juga perlu tahu bagaimana urutan pemakaian skincare yang benar. Bukan tanpa alasan, tujuannya tentu saja supaya semua senyawa aktif yang terkandung di dalamnya bisa terserap ke dalam kulit dengan optimal. Dengan demikian, kamu pun dapat merasakan manfaatnya secara maksimal. Lalu, bagaimana sebenarnya rangkaian cara pakai skincare yang benar? Yuk, simak!

1. Penghapus Kosmetik (Make up Remover)

Urutan memakai skincare yang pertama yaitu membersihkan muka dengan penghapus kosmetik atau make up remover. Sesuai dengan namanya, memakai make up remover berfungsi untuk membersihkan kosmetik yang menempel di wajah. Selain itu, produk ini juga membantu kulit muka bisa mendapatkan nutrisi sebelum memakai skincare berikutnya. Namun, pastikan kamu memilih make up remover sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, ya!

Iklan Backlink

2. Facial Cleanser

Urutan pemakaian skincare setelah make up remover adalah membersihkan muka dengan sabun muka atau facial cleanser. Tujuannya untuk mengangkat sisa kosmetik, debu, dan kotoran sepenuhnya. Cuci muka dianjurkan sebanyak dua kali sehari, pada pagi dan malam. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa terapkan teknik double cleansing yang dipercaya bisa membuat wajah lebih bersih.

Iklan Hosting

3. Toner

Berikutnya, kamu bisa menggunakan toner yang fungsinya untuk mengembalikan kadar pH kulit setelah muka dibersihkan sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Tak hanya itu, toner juga membantu menyempurnakan wajah lebih bersih dari sisa kotoran yang bisa jadi masih menempel. Cara memakainya bisa dengan kapas atau langsung dituang ke telapak tangan.

Emkay Scream Games

4. Essence

Setelah toner kering sepenuhnya, urutan pemakaian skincare berikutnya adalah menggunakan essence. Biasanya, tekstur dari essence agak lebih kental kalau dibandingkan dengan toner. Fungsi dari essence sendiri adalah menyiapkan kulit wajah supaya bisa menerima sekaligus menyerap produk perawatan kulit berikutnya lebih optimal.

Liquid Kaze Lite

5. Serum

Kalau produk satu ini kamu pasti sudah tidak asing lagi, ya? Namun, sebelum memasuki urutan pemakaian skincare tahap ini, pastikan dulu essence yang kamu pakai sudah kering 80%. Sebab, kalau tergesa-gesa dan belum kering, serum yang kamu pakai bisa tidak terserap maksimal. Alhasil, nutrisi yang diberikan untuk kulit juga tidak sempurna.

Device Pods Emkay

Serum berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Beberapa produk ini juga dibuat dengan formula khusus untuk membantu mengatasi masalah kulit, misalnya kulit kering, jerawat, dan kerut halus. Supaya serum meresap, kamu dapat menepuk pelan area muka saat memakainya.

6. Sheet Mask (opsional, di malam hari sebelum moisturizing)

Urutan pemakaian skincare yang satu ini sayangnya kerap dilupakan. Padahal, sheet mask bisa ikut membantu memberikan nutrisi pada kulit wajah sehingga tetap sehat. Memang benar, sheet mask sendiri sifatnya pilihan, tetapi lebih baik kalau kamu memakainya. Tak hanya menutrisi, sheet mask juga bantu membuat kulit tetap lembap, elastis, dan tampak segar sepanjang hari. Pemakaiannya bisa sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Iklan Backlink

7. Pelembap / Moisturizer

Meski toner, essence, dan produk serum membantu menjaga kelembapan kulit, kamu tetap masih perlu memakai pelembap dalam urutan pemakaian skincare selanjutnya. Pelembap sendiri berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit wajah. Tak hanya itu, memakai pelembap sebelum memoleskan kosmetik juga bisa membantu memaksimalkan kecerahan wajah serta membuat riasan yang kamu pakai jadi tak cepat pudar.

Iklan Hosting

8. Sunscreen (untuk pagi/siang hari)

Urutan pemakaian skincare ini tidak boleh kamu lewatkan, yaitu pakai tabir surya atau sunscreen. Paparan sinar matahari alias sinar UV berlebihan pada wajah bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kulit muka yang serius, lho!

Baca juga : Menggali Lebih Dalam tentang Budaya Kerja Keras (Hustle Culture): Definisi, Ciri-Ciri, Penyebab, dan Dampak

Mulai dari bintik hitam, peradangan, berbagai masalah penuaan dini, sunburn, hingga kanker kulit. Jadi, jangan sampai lupa untuk pakai sunscreen setelah memakai pelembap dan sebelum memakai make up.

Emkay Scream Games

Kesimpulan

Perlu diperhatikan bahwa cara memakai skincare pada pagi dan malam hari berbeda, ya. Akan tetapi, tetap saja ada urutan memakai skincare yang tidak boleh keliru. Jadi, baik pada pagi hari maupun malam, kamu tetap harus pakai sabun pembersih muka, toner, essence, serum, dan pelembab.

Liquid Kaze Lite


Emkay Frizz Happy Sour

Related posts

Apa Itu Kosmetik? Yuk, Kenali Jenis-Jenis dan Tips Memilihnya

Linda Arista

7 Cara Mudah Membuat Kulit Wajah Glowing yang Sehat

steva

Mengenal Vitamin C 1000 dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Miyaz