Image default
Beauty

Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

Tren make up Korea memang sedang banyak digemari para wanita. Bagi wanita yang menyukai tampilan simple, natural, glowing, dan fresh, tentu akan suka dengan tren make up satu ini. Apalagi make up seperti ini dianggap sangat cocok dengan tipe wajah Asia. Nah, mau tau tutorial make up Korea yang bisa kamu coba?

Make up Korea ini sebenarnya bisa digunakan di segala acara. Bahkan untuk sehari-hari pun kamu bisa memakai riasan ala Korea ini. Karena pengaplikasiannya yang ringan, riasannya pun juga minimalis, sehingga kalau dipakai sehari-hari pun tidak terkesan berlebihan.

Baca Juga: 10 Alat Makeup yang Penting Dimiliki Pemula, Biar Semangat Belajar Dandan

Walaupun terlihat sederhana dan minimalis, tapi tidak sedikit orang yang kesulitan untuk mengikuti tren make up ini. Nah, kamu bisa coba step by step di bawah ini ya untuk tampil cantik, glowing dan fresh bak artis Korea.

1. Pakai moisturizer dan sunscreen

Tutorial Make Up Korea penggunaan Moisturizer dan  Sunscreen
Source: Womantalk.com

Tahukah kamu, kulit glowing dan lembab bak orang Korea ternyata didapat dari kebiasaan mereka yang melakukan perawatan pada wajahnya terlebih dulu sebelum menggunakan make up, lho. Umumnya, mereka akan menggunakan sheet mask untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit mereka. Namun bila ini dirasa butuh waktu lama, kamu bisa skip bagian tersebut dan langsung menuju step penggunakan moisturizer.

Moisturizer atau pelembab ini, seperti namanya, dipakai untuk memberi kelembapan pada wajah. Pilih moisturizer sesuai dengan tipe kulit wajahmu. Kamu juga bisa menggunakan moisturizer sebagai primer make up.

Lalu, lanjutkan dengan pemakaian sunscreen untuk menjaga kulitmu dari paparan sinar UVA dan UVB. Ini wajib dipakai, agar kulit tetap sehat.

2. Gunakan BB cream ataupun BB cushion

Tutorial Make Up Korea Penggunaan BB Cream dan BB Cushion
Source: Bagusmana.id

Tutorial make up Korea step selanjutnya adalah penggunaan BB cream ataupun BB cushion ke seluruh wajah, dan leher, bila kamu tidak ingin kulit terlihat belang. Ini adalah kunci dari tampilan natural ala Korea. Karena umumnya BB cream atau cushion ini terbilang lebih ringan dibanding foundation, namun coverage-nya hampir serupa.

Pakai BB cream atau cushion ini dengan cara ditepuk-tepuk lembut di wajah. Kamu bisa sesuaikan jenis BB cream atau cushion ni dengan selera dan tipe kulit wajahmu. Umumnya, make up Korea menggunakan BB cream yang punya efek glowing.

3. Gunakan concealer

Concealer ini digunakan untuk menutupi bekas jerawat, kantong mata, dan noda gelap lainnya di wajah. Tapi pastikan tidak memilih concealer yang punya tingkat coverage yang cukup tinggi ya. Karena tampilan make up-mu malah akan terlihat berat dan jauh dari tipe make up Korea.

Concealer ini juga bisa digunakan untuk meng-highlight kulitmu. Kamu bisa memakainya di bagian garis hidung ataupun kening.

4. Set makeup menggunakan bedak

Kamu bisa memakai loose powder untuk ‘mengunci’ make up-mu. Untuk tampilan yang natural sebagaimana tutorial make up Korea, maka penggunaan loose powder ini sangat disarankan, karena teksturnya yang ringan. Bedak tabur ini akan membantu make up-mu lebih tahan lama. Namun, agar tidak menghilangkan efek ke-glowing-an di wajahmu, sebaiknya gunakan bedak tabur di area T-zone yang cenderung mudah berminyak, seperti di kening dan hidung.

5. Gambar alis secara natural

Tutorial Make Up Korea Melukis alis secara natural
Source: Bukalapak.com

Ciri khas make up Korea, salah satunya adalah alis yang lurus dengan warna natural. Kalau kamu tipe orang yang alisnya terbilang tipis, maka kamu bisa menggunakan pensil alis berwarna kecoklatan untuk membingkai dan menggambar alis dengan bentuk lurus ala Korea. Nah, bagi kamu yang punya alis yang cenderung tebal dan hitam, kamu bisa memanfaatkan mascara alis berwarna coklat untuk memberikan kesan lebih natural pada alismu.

6. Gunakan eyeshadow pink atau nude

Agar tetap cantik namun tidak berlebihan, pilih eyeshadow dengan warna pink ataupun nude. Bila kamu melakukan tutorial make up Korea ini untuk acara formal, kamu bisa menambahkan glitter di bagian kelopak mata.

7. Pakai eyeliner dan mascara

Memakai Eyliner dan Mascara
Source: Liputan6.com

Untuk mempertegas bagian mata, pemakaian eyeliner dan mascara ini sangat diperlukan. Penggunaan eyeliner untuk make up Korea umumnya diguakan setipis mungkin, bahkan hanya dengan menambah garis di ujung luar mata, untuk memberi kesan mata yang lebih terbuka. Agar kesannya tetap natural, kamu bisa menggunakan eyeliner berwarna cokelat.

Baca Juga: 7 Tahapan Makeup Natural, Cocok Buat Kamu yang Sibuk

Lalu, jangan lupa juga ulaskan mascara pada bulumata, untuk memberi efek lentik di bulumatamu.

8. Pakai blush on dan highlighter

Make up ala Korea umumnya tidak menggunakan shading atau bronzer untuk membentuk bagian pipi. Tapi kamu bisa menggunakan blush on untuk tetap ‘membentuk’ bagian pipimu. Ulaskan blush on warna coral-pink di bagian pipi yang paling menonjol. Usap dari arah belakang ke depan pipi.

9. Pakai lipstick atau lip tint dengan cara ombre

Tutorial Make Up Korea dengan lipstick omre
Source: Popbela.com

Yang juga jadi ciri khas tutorial make up Korea selanjutnya adalah ombre. Jadi, para wanita Korea akan memakai lip tint atau lipstick dengan dibuat gradasi. Kalau kamu tipe orang yang punya bibir berwarna gelap, kamu bisa menyiasatinya dengan cara membubuhkan concealer terlebih dulu di bagian luar bibir, lalu pakai lip produk favoritmu. Atau, bisa juga dengan menggunakan warna lip produk yang lebih muda di bagian luar bibir, dan pakai yang lebih tua di bagian dalam bibir.

Nah, itu dia tutorial make up natural untuk pemula yang bisa kamu coba sendiri. Tampilan riasan Korea yang ringan dan natural ini bisa dicoba oleh segala kalangan. Dan pastinya tidak sulit untuk mencobanya. Selamat mencoba!

Related posts

Inspirasi untuk Calon Pengantin, Inilah 6 Paket Seserahan Make Up Sederhana

Risma Mualifa

12 Tren Model Rambut Wanita 2021, Cantik dan Fresh!

Perawatan Rambut ala Salon di Rumah? Bisa, Begini Caranya

Risma Mualifa