Image default
Beauty

10 Alat Makeup yang Penting Dimiliki Pemula, Biar Semangat Belajar Dandan

Keinginan untuk cantik pasti selalu ada dalam impian setiap perempuan. Untuk mewujudkannya, diperlukan beberapa usaha yang dilakukan dengan konsisten. Selain memakai produk perawatan serta menjaga kesehatan diri, tampilan cantik juga bisa didapat dari penggunaan riasan wajah alias makeup. Dengan bantuan alat makeup, pengaplikasian riasan bisa lebih mudah dan mendapatkan hasil yang bagus.

Makeup dan peralatan makeup merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Namun masih banyak perempuan yang bingung apa saja peralatan makeup yang harus dimiliki, terutama jika masih pemula. Wajar saja sebab sebagai pemula dalam bidang makeup, perempuan bahkan sering kebingungan membedakan peralatan makeup satu dengan yang lainnya. Untuk pengetahuan lebih lanjut, inilah sederet peralatan makeup yang wajib dimiliki pemula.

Baca Juga: Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

Peralatan MakeUp yang Wajib Wanita Tahu

1. Beauty Blender

Beuaty Blender Alat Makeup penting yang harus dimiliki

Alat makeup pertama yang wajib ada dalam tas kosmetik pemula adalah beauty blender. Alat ini umumnya berbahan spons bebas lateks dengan permukaan lembut. Bentuknya secara umum berupa bulatan dengan bagian runcing pada ujungnya. Bagian yang bulat berguna sebagai pegangan, sedangkan bagian yang runcing bermanfaat untuk mengaplikasikan produk makeup dan memudahkan untuk meratakannya ke bagian wajah yang tersembunyi.

Beauty blender tidak hanya hadir dalam satu bentuk. Ada beberapa bentuk dari alat ini yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Akan lebih baik jika kamu memiliki beragam bentuk beauty blender sebagai ‘peralatan tempur’. Pasalnya itu akan memudahkan ketika belajar mengaplikasikan foundation, concealer maupun BB cream.

2. Kuas Concealer

Jangan lupakan Kuas Concealer sebagai alat makeup

Tidak hanya dengan beauty blender, concealer juga bisa diaplikasikan dengan kuas. Alat makeup yang satu ini berbeda dengan kuas makeup untuk bagian wajah yang lain. Bentuknya memiliki ujung sudut yang sempurna, sehingga bisa menjangkau bagian wajah secara menyeluruh termasuk area sekitar bawah mata.

Ketika membeli kuas untuk mengaplikasikan concealer, pilih yang memilki bulu lembut dan halus. Karena akan dipakai pada wajah terutama area sensitif seperti bawah mata, maka permukaan kuas tersebut tidak boleh menimbulkan iritasi. Penting untuk menjaga kebersihan alat ini yaitu dengan rutin mencucinya setelah beberapa kali dipakai. Keringkan juga dengan sempurna sebelum memasukannya dalam tas kosmetik.

3. Penjepit Bulu Mata

Siapkan juga penjempit bulu mata sebagai alat makeup

Beralih ke alat makeup untuk bagian mata, penjepit bulu mata masuk dalam daftar yang wajib dimiliki. Seperti namanya, alat ini berfungsi untuk menjepit bulu mata sehingga dihasilkan tampilan bulu mata yang lebih lentik. Alat ini bahkan berguna saat tidak ingin memakai bulu mata palsu. Sedangkan jika diaplikasikan pada bulu mata palsu, alat ini akan semakin menyempurnakan penampilan.

Penggunaan penjepit bulu mata harus penuh kehati-hatian, sebab bisa saja membuat bulu mata rontok jika tergesa-gesa saat menggunakan. Pastikan juga semua bagian bulu mata terjepit oleh alat ini agar tidak menimbulkan rasa sakit. Memang butuh jam terbang tinggi untuk menggunakan peralatan makeup, termasuk alat penjepit bulu mata ini.

4. Sikat Alis

Sikat alis yang tak boleh dilupakan pemula sebagai alat makeup

Sikat alis atau spoolie juga alat makeup untuk bagian mata yang harus tersedia. Banyak yang mengabaikan pentingnya penggunaan alat ini karena berpikir alis tidak perlu disisir. Padahal untuk kondisi tertentu, sangat penting untuk merapikan alis apalagi jika alis terlalu lebat. Sikat atau sisir alis ini akan menghasilkan tampilan alis yang lebih rapi dan lebih mudah dibentuk.

Baca Juga: 7 Tahapan Makeup Natural, Cocok Buat Kamu yang Sibuk

Sikat alis bisa digunakan sebelum mengaplikasikan pensil alis atau eyebrow gel. Kegunaannya untuk membentuk garis alis secara tegas sehingga pewarnaan alis tidak akan melebar. Setelah mengaplikasikan pensil alis atau eyebrow, sikat alis juga masih perlu digunakan lagi. Tujuannya agar goresan pewarna alis semakin melekat dan membentuk alis yang sempurna. Alat yang satu ini juga sering diandalkan untuk membentuk alis berserat yang sekarang menjadi tren makeup.

5. Kuas Mata

Banyak sekali jenis alat makeup untuk mata, karena bagian tersebut selalu membutuhkan makeup yang detail. Selain beberapa alat yang sudah disebut di atas, penting juga untuk memiliki kuas mata. Fungsinya secara umum untuk mengaplikasikan eyeshadow dan membaurkannya hingga merata. Untuk tampilan garis kelopak mata yang lebih tajam, gunakan kuas ini untuk menyapukan eyeshadow mulai dari bagian terluar kelopak mata hingga bagian terdalam.

Sama seperti peralatan makeup yang lain, menggunakan kuas mata juga membutuhkan keahlian khusus. Tanpa keahlian khusus, hasil dari riasan mata bisa tampak aneh bahkan terlihat ‘gagal’. Oleh karena itu, seringlah melihat tata cara makeup mata menggunakan alat ini di berbagai platform. Sertai dengan latihan lebih sering agar lebih terampil saat mengaplikasikan riasan mata menggunakan alat ini.

6. Kuas Bibir

Dalam satu set alat makeup berupa kuas, biasanya terdapat beberapa item dengan bentuk yang berbeda dan peruntukan yang berbeda pula. Tidak hanya untuk bagian wajah dan mata, kuas juga bisa digunakan untuk bagian bibir. Biasanya kuas bibir dipakai untuk mengaplikasikan lipstik. Memang bisa saja memakai lipstik secara langsung tanpa alat bantu, tetapi menggunakan kuas akan menghasilkan tampilan yang lebih rapi.

Kuas untuk bibir umumnya memiliki bagian ujung yang lebih kecil dan runcing. Tujuan dari bentuk ujung kuas itu adalah untuk membaurkan lipstik secara merata hingga bagian terluar bibir. Alat ini akan menghindarkan penggunaan lipstik terlalu melebar ke bagian luar atau dengan kata lain bisa mengikuti bentuk bibir. Ternyata penggunaan kuas ketika mengaplikasikan lipstik juga membuat daya tahannya lebih lama.

7. Kuas Bedak

Ada banyak jenis alat makeup yang bisa dipakai untuk mengaplikasikan bedak. Alat yang paling umum digunakan adalah spons. Sedangkan masih sedikit orang yang terbiasa menggunakan kuas saat mengaplikasikan bedak. Padahal kuas bedak bisa memberikan tampilan yang lebih merata saat menggunakan bedak ke seluruh wajah. Kuas untuk bedak memiliki bentuk yang lebih besar dengan bulu yang lebih lebat. Alat ini biasa digunakan untuk menyapukan bedak tabur.

8. Kuas Blush On

Kuas blush on secara sekilas memiliki bentuk yang sama dengan kuas bedak kareka keduanya berukuran lebih besar dan memiliki bulu yang lebat. Namun jika diperhatikan secara lebih detail, kuas blush on memiliki bentuk ujung yang lebih miring alias tidak rata. Ujung yang miring itu berguna untuk membentuk garis pipi dengan blush on. Pastikan mengetahui perbedaan keduanya agar tidak salah pemakaian.

9. Kuas Kipas

Seperti namanya, kuas kipas atau fan brush memiliki bentuk bulu yang melebar seperti kipas. Alat makeup yang satu ini berguna untuk membentuk highlight pada wajah. Selain itu, fan brush juga bisa bermanfaat untuk membersihkan sisa bubuk eyeshawow maupun blush on yang tertinggal di wajah.

10. Kuas Kabuki

Memiliki alat ini sama dengan menyelamatkan diri di berbagai kondisi. Pasalnya jenis kuas yang satu ini sangat multifungsi. Tidak hanya untuk menyapukan bedak tabur, kuas kabuki juga bisa dipakai untuk mengaplikasikan bronzer maupun blush on. Pastikan kuas dengan permukaan bulu yang rata ini ada dalam seperangkat peralatan makeup yang kamu punya.

Baca Juga: 7 Kiat Make Up Flawless yang Wajib Kamu Coba untuk Hasil Natural

Memiliki alat makeup yang lengkap merupakan langkah penting untuk bisa mahir dalam berdandan. Selalu tingkatkan kemampuan menggunakan alat-alat tersebut dengan sering-sering merias wajah.

Related posts

Tata Cara Perawatan untuk Kulit Berjerawat Sesuai Jenisnya

Primaditya Riesta

Produk Make Up Anak-Anak Terbaik, Serta Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan

Marsyaviani Darestuti

7 Merk Skincare untuk Remaja Pemula yang Aman dan Murah

Risma Mualifa