Gaya Remaja

5 Logistik Makanan untuk Mendaki Gunung, Wajib Dibawa!

Logistik Makanan untuk Naik Gunung

Logistik makanan untuk mendaki gunung termasuk hal yang sangat krusial bagi para pendaki. Seperti yang telah diketahui jika kegiatan mendaki bukanlah hal yang cukup mudah sehingga membutuhkan banyak energi. Oleh sebab itu, sangat penting menyiapkan makanan maupun minuman selama mendaki.

Logistik Makanan untuk Mendaki Gunung

Jika Anda adalah pendaki pemula dan bingung dengan jenis makanan apa saja yang wajib dibawa, beberapa rekomendasi makanan berikut mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Air Minum

Air menjadi bekal yang sangat vital dalam melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga. Terlebih lagi jika wilayah yang Anda kunjungi belum tentu memiliki sumber mata air yang dekat dari jalur pendakian.

Tak hanya untuk mengatasi rasa haus, air juga akan Anda butuhkan untuk keperluan memasak makanan selama melakukan pendakian. Umumnya, setiap pendaki diwajibkan untuk membawa dua botol air minum dengan ukuran besar. Satu botol untuk minuman dan satu botolnya lagi untuk kebutuhan memasak.

Baca Juga: 7 Merk Perlengkapan Outdoor Lokal Paling Top

Pastikan juga menyisakan air untuk kebutuhan buang air besar dan juga air kecil. Berhubung para pendaki tidak diizinkan untuk membawa dan menggunakan tisu basah selama mendaki maka silahkan menggunakan tisu kering kemudian beri tambahan air sebagai alternatif pengganti tisu basah.

Roti Gandum

Logistik makanan untuk mendaki gunung
Source: www.alodokter.com

Jika dibandingkan roti biasa, roti gandum lebih direkomendasikan sebagai salah satu jenis makanan yang wajib Anda bawa saat mendaki. Roti biasa umumnya hanya memiliki kandungan karbohidrat yang sedikit jika dibandingkan dengan kandungan karbohidrat pada roti gandum.

Roti gandum tak hanya sekedar menjadi cemilan saat berada di gunung, lebih dari itu roti gandum akan membuat perut Anda lebih kenyang. Tak hanya itu saja, roti gandum juga cocok dijadikan sebagai santapan saat sarapan bersama kopi. Bayangkan, betapa serunya menikmati keindahan sunrise ditemani secangkir kopi dan beberapa helai roti gandum.

Cemilan atau Biskuit

Jenis logistik makanan untuk mendaki gunung selanjutnya yang juga wajib Anda bawa ialah cemilan atau biskuit. Rasa manis pada cemilan akan memberi energi tambahan pada tubuh selama melakukan pendakian.

Anda bisa membawa biskuit gandum lapis coklat atau coklat batang. Cemilan manis seperti coklat bisa Anda nikmati saat break di jalur pendakian. Silahkan memilih kemasan cemilan yang dirasa cukup muat untuk dimasukkan ke dalam ransel. Agar tidak terlalu berat, bawalah berbagai jenis cemilan sachetan yang dirasa tidak terlalu besar.

Madu & Obat-Obatan Pribadi

Sama halnya seperti cemilan, ada baiknya jika Anda membawa bekal berupa madu sachetan dibandingkan harus membawa madu dalam kemasan botol. Selain lebih ringan, madu sachetan juga lebih praktis dikonsumsi atau dihisap selama perjalanan.

Tak hanya memiliki harga yang lebih murah, madu sachetan juga praktis dari segi penyimpanan. Anda bisa menyimpannya pada saku celana ataupun kantong baju. Sebenarnya tak ada larangan bagi para pendaki untuk membawa cemilan dalam bungkus besar ataupun madu dalam kemasan botolan. Namun, dari segi kepraktisannya, tentu akan lebih baik membawa barang seperlunya agar tidak terlalu membebani selama perjalanan.

Madu tak hanya berfungsi sebagai penambah energi, selain itu madu juga bisa menjadi obat dalam menyembuhkan luka-luka ringan selama pendakian. Kemudian, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi lainnya dalam kotak P3K. Jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti alergi, asma atau penyakit bawaan lainnya, pastikan untuk menyiapkan obat-obatan pribadi lebih dulu.

Makanan Instan

Makanan instan
Source: ceritarakyat.net

Mendaki rasanya tak lengkap tanpa membawa makanan-makanan instan. Tak hanya mie instan, Anda juga perlu membawa makanan instan yang mudah diolah saat berada di gunung seperti sarden atau tuna kaleng.

Jika ingin menambahkan jenis makanan instan lainnya silahkan membawa sosis dan juga nugget. Agar menu makanan selama mendaki tetap sehat tak ada salahnya membawa tomat atau sayur jenis lainnya untuk menambah rasa pada masakan Anda.

Baca Juga: Tips dan Trik Para Fotographer Keren Dalam Menghasilkan Gambar Mempesona

Beberapa pendaki juga kerap membawa lontong, ketupat hingga kentang dari rumah. Jenis makanan berat seperti ini umumnya untuk jenis pendakian dalam waktu relatif singkat yaitu sekitar sehari atau dua malam saja.

Demikianlah beberapa rekomendasi logistik makanan untuk mendaki gunung yang bisa Anda bawa. Jika muatan Anda tak terlalu berat dan banyak, silahkan menambahkan oatmeal ataupun bubur ayam selama melakukan pendakian.

 



Related posts

Temukan Tips dan 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Di Sini!

Marsyaviani Darestuti

8 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, Mulai dari Persiapan Hingga Pendakian

Marsyaviani Darestuti

Wow, Ini Dia Hobi yang Keren dan Ternyata Membuat Cerdas!

Marsyaviani Darestuti