Image default
Karir

Berkenalan Dengan 7 Politikus Muda Indonesia

Politik merupakan salah satu ranah yang menarik untuk diikuti kabarnya. Dulu, mungkin yang suka berbincang ataupun ikut berpolitik cenderung merupakan generasi tua. Namun kini, tidak sedikit juga para anak muda yang turut andil dalam politik Indonesia. Nah, ini dia beberapa nama politikus muda Indonesia.

Sekalipun usia bisa terbilang cukup muda, namun pengalaman para politikus ini bisa dibilang sangat banyak. Bahkan beberapa di antaranya juga pernah atau masih memiliki jabatan yang terbilang penting. Yuk, kenalan dengan para politikus muda ini.

Politikus Muda Indonesia

1. Gibran Rakabuming Raka

Politikus Muda Indonesia: Gibran Rakabuming

Mungkin istilah ‘buah jatuh tidak jauh dari pohonnya’ bisa diberikan pada Gibran Rakabuming Raka. Anak sulung dari Presiden Joko Widodo ini pun merupakan salah satu politikus muda yang terbilang populer dan memiliki banyak pendukung. Karena itu juga lah ia berhasil menjabat Walikota Solo periode 2021 hingga 2026.

Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

Gibran yang juga merupakan seorang pengusaha sukses ini pun dikenal memiliki kinerja yang baik, bahkan ia digadang-gadang untuk mengikuti kontestasi Pilgub DKI Jakarta ataupun Jawa Tengah.

2. Tina Toon

Tina Toon

Generasi tahun 90-an pasti tidak asing lagi dengan nama Tina Toon. Dulu, Tina Toon dikenal sebagai penyanyi cilik lucu populer, dengan single terkenalnya berjudul ‘Bolo-Bolo’. Namun kini, nama Agustina Hermanto atau Tina Toon lebih dikenal sebagai politikus muda Indonesia.

Di tahun 2019 lalu, Tina Toon yang merupakan lulus pendidikan S-2 Magister Hukum ini berhasil terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta dari PDI Perjuangan, periode 2019 hingga 2024.

3. Dico Ganinduto

Politikus Muda Indonesia: Dico Ganinduto

Dico Ganinduto adalah suami dari artis Chacha Frederica, yang juga merupakan putra salah satu fungsionaris Partai Golkar, Dito Ganinduto.

Ia memulai karier politiknya di tahun 2018 saat mendaftarkan dirinya menjadi anggota DPP Partai Golongan Karya. Hingga di tahun 2019, Dico terpilih jadi Wakil Sekjend DPP Golkar untuk periode 2019 hingga 2024.

Di tahun 2021 lalu, ia ditetapkan sebagai Bupati Kendal untuk periode 2021 hingga 2026. Namanya, bukan hanya terkenal karena jabatannya sebagai Bupati saja, namun memang kariernya di partai pun terbilang bersinar, sekalipun usianya yang masih terbilang muda.

4. Hanindhito Himawan Pramana

hanindhito himawan pramana

Pria kelahiran tahun 1992, yang juga dikenal dengan sebutan Dhito atau Mas Dhito ini adalah putra Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Dhito merupakan Wakil Bendahara PDIP DPC Kediri untuk periode 2020 hingga 2024. Bukan hanya itu saja, pria yang merupakan lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada ini juga merupakan Bupati Kediri, Jawa Timur untuk periode 2021 hingga 2024. Dalam pemilihan pilkada tahun 2020 tersebut, ia diusung oleh 9 partai dan jadi calon tunggal, hingga akhirnya berhasil menjabat sebagai Bupati Kediri.

Baca Juga: 9 Situs Freelance di Indonesia untuk Berbagai Bidang Kemampuan

5. Budisatrio Djiwandono

Politikus Muda Indonesia: Budisatrio Djiwandono

Politikus muda Indonesia berikutnya ini merupakan keponakan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto. Di mana ia adalah anak dari kakak sulung Prabowo, yaitu Bianti Djiwandono, yang menikah dengana Sudrajad Djiwandono, yang merupakan seorang mantan Gubernur Bank Indonesia.

Budisatrio pertama kali menjadi anggota DPR-RI di tahun 2017 lalu. Sekarang inipun ia adalah anggota DPR RI Komisi IV, yang menangani tentang pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan serta pangan.

6. Prananda Surya Paloh

Politikus Muda Indonesia: Prananda Surya Paloh

Dari namanya saja, Anda mungkin sudah mengetahui kalau Prananda Surya Paloh adalah putra dari Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh.

Sejak tahun 2014, ia telah mengikuti jejak ayahnya untuk berkecimpung di dunia politik, dengan menjadi anggota DPR RI dari Parta Nasdem Dapil Sumatera Utara I. Kini, ia bertugas di DPR RI Komisi I bidang pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi serta informasi, dan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).

Selain itu, Prananda pun menjabat sebagai Ketua Garda Nasdem serta Ketua Koordinator Badang Pemenangan Pemilu.

7. Zita Anjani

Politikus Muda Indonesia: Zita Anjani

Politikus wanita satu ini adalah putri kedua Ketua Umum PAN yaitu Zulkifli Hasan. Wanita yang juga sering disapa Bunda Zita ini terbilang aktif dalam bidang yang terkait pendidikan serta sosial dan politik.

Sekarang ini, wanita kelahiran tahun 1990 ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta untuk periode 2019 hingga 2024. Ia pun juga merupakan founder Sekolah Kids Republic, founder Gerakan Mengajar 1000 Guru PAUD, founder Gerakan Mengajar 1000 Generasi Emas Indonesia, Ketua Yayasan Batin Cahaya Bangsa, Ketua Yayasan Insan Cendikia Kalianda Lampung Selatan serta Dewan Pembina Bunda Pintar Indonesia.

Itu dia beberapa nama politikus muda Indonesia yang punya karier bersinar di dunia politik, serta memiliki kinerja yang baik dalam menjalani jabatan yang diembannya. Sekalipun usianya masih muda, namun kualitas kepemimpinan serta prestasi mereka di dunia politik bisa dibiliang jempolan!

Related posts

Alasan Content Creator adalah Profesi Menjanjikan!

Rostina Alimuddin

6 Prospek Kerja Akuntansi dengan Gaji Menggiurkan

Risma Mualifa

Trik Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment