Image default

Apa Itu Tunangan? Ini Dia Penjelasan Lengkap Soal Tunangan

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Tunangan umumnya jadi salah satu proses yang dijalani pasangan sebelum melangkah ke pernikahan. Tapi apa itu tunangan? Adakah perbedaan tunangan dan lamaran? Dan apa saja yang perlu disiapkan untuk acara pertunangan yang umunmnya dilakukan? Nah, seluruh pertanyaan ini bisa kamu temukan jawabannya dalam artikel ini. Simak ulasannya berikut ini, ya.

Apa Itu Tunangan?

Tunangan adalah tahapan yang dilakukan pasangan sebagai bentuk dari komitmen mereka untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan. Tunangan ini juga bisa didefinisikan sebagai perubahan status keduanya, dari pacaran menuju ke hubungan yang lebih serius.

Umumnya, tunangan dilakukan berdua saja dengan pasangan, tanpa perlu disaksikan oleh keluarga ataupun kerabat. Namun, banyak juga orang yang melakukan tunangan dengan dihadiri keluarga dan kerabat dekat, sebagai ajang perkenalan keluarga besar dari kedua belah pihak.

Kebanyakan orang melakukan proses tunangan ini sebelum lamaran, barulah pernikahan. Namun, tidak sedikit juga dari mereka yang melakukan proses tunangan lalu langsung ke pernikahan. Karena, tunangan atau lamaran ini biasanya dilakukan dengan tata cara hampir sama. Bahkan tidak sedikit orang yang menganggap tunangan dan lamaran adalah suatu hal yang sama.

Apa itu Tunangan

Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Mungkin di antara kamu masih banyak yang menganggap bahwa tunangan dan lamaran adalah sama. Padahal, ternyata keduanya ini punya perbedaan tersendiri lho.

Tunangan dianggap sebagai acara informal dari rangkaian proses pasangan menuju ke pernikahan. Sedangkan lamaran adalah acara formalnya, yang umumnya dilakukan dengan adanya prosesi tertentu yang seringkali juga melibatkan adat budaya.

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Walaupun begitu, keduanya sama-sama merupakan tahapan pasangan untuk menuju ke pernikahan. Dan apapun istilah yang kamu gunakan, yang terpenting adalah di acara ini adalah saat di mana kamu dan pasangan berkomitmen untuk melangkah maju menuju jenjang yang lebih serius. Dan di acara ini pula kamu dan pasangan bisa mengenalkan dua keluarga dari kedua belah pihak.

Beda Tunangan & Lamaran

Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Tunangan atau Lamaran

Setelah mengetahui apa itu tunangan serta perbedaannya dengan lamaran, jika kamu sedang berencana melakukan tahapan ini, kamu pastinya harus tau tentang apa saja yang perlu kamu dan pasangan siapkan untuk acara tunangan atau lamaran. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan:

1. Menyiapkan ‘pengikat’

Maksudnya pengikat di sini umumnya adalah berupa cincin pertunangan. Karena tunangan ini juga seringkali disebut sebagai acara ‘tukar cincin’. Ini dilakukan sebagai wujud dari ikatan komitmen kedua pihak untuk sama-sama melangkah menuju ke pernikahan. Nah, biasanya, pihak pria yang akan membawa cincin pertunangan ini.

Di sebagian tradisi, cincin tunangan ini memang harus sepasang, seperti cincin kawin. Karena akan dipakaikan di jari pria dan juga wanita. Tapi, di sebagian tradisi lain juga ada yang hanya menggunakan satu cincin untuk pihak wanita saja, sebagai ‘pengikat’ dan tanda kalau lamaran si pria sudah diterima pihak wanita. Tapi, ada juga lho yang tidak menggunakan cincin, tapi menggunakan jenis perhiasan lain seperti gelang atau kalung. Kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginan kamu dan pasangan, ya.

2. Membawa seserahan

Nah, yang satu ini juga sebenarnya bisa dilakukan pada saat pernikahan, di mana pihak pria membawakan seserahan untuk wanita, dan dibalas dengan bawaan dari pihak wanita untuk si pria. Namun, kebanyakan orang umumnya membawakan seserahan ini saat pertunangan atau lamaran, agar tidak perlu membawanya lagi ketika pernikahan. Kembali lagi, ini semua bisa kamu diskusikan dengan pasangan dan juga keluarga.

3. Kehadiran keluarga inti kedua pihak calon mempelai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tunangan atau lamaran sering dijadikan tempat pertemuan antar dua keluarga calon mempelai. Umumnya, yang wajib hadir tentunya adalah keluarga inti, namun juga bisa dihadiri saudara, kerabat dan teman. Ini dilakukan agar kedua keluarga bisa saling mengenal, sebelum akhirnya menjadi satu keluarga.

Baca Juga: Apa Sih Arti dan Tugas Seorang Bridesmaid? Ini Penjelasan Lengkapnya!

4. Menyiapkan perlengkapan adat

Di beberapa daerah ataupun suku, ternyata ada tradisi atau adat masing-masing berkaitan dengan tunangan. Bila kamu memutuskan melakukan pertunangan sesuai adat, maka kamu harus menyiapkan segala perlengkapan yang berkaitan.

Nah, dari penjelasan apa itu pertunangan dan segala hal penting lainnya yang berkaitan tentang pertunangan, maka bisa disimpulkan kalau pertunangan ini umumya jadi tanda kalau pasangan sudah mantap untuk menikah. Ini juga jadi langkah ‘pengikat’ antara keduanya.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

Pernikahan Beda Agama di Indonesia, Seperti Ini Hukum dan Tata Caranya

Risma Mualifa

7 Souvenir Pernikahan dengan Kesan Mendalam

Risma Mualifa

Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar, Romantis dan Penuh Makna

Risma Mualifa
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022