Image default
Hubungan

Apa Sih Arti dan Tugas Seorang Bridesmaid? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Istilah bridesmaid adalah istilah akhir-akhir ini sedang kekinian, terutama di momen-momen pernikahan. Sebenarnya, kehadiran seorang bridesmaid di sebuah pernikahan ini merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang di negara-negara barat. Namun, di Indonesia sendiri, sepertinya kehadiran bridesmaid pun saat ini sudah dianggap suatu hal yang wajib. Kamu juga termasuk yang berpikiran sama?

Tapi, sudahkah kamu paham apa itu bridesmaid, dan juga apa saja tugas yang harus dilakukan bridesmaid? Dan ternyata, kehadiran bridesmaid itu bukan hanya sekedar memeriahkan acara pernikahan saja, lho. Tapi, kehadiran mereka juga penting bagi si calon pengantin. Ini dia penjelasannya.

Baca Juga: Model Kebaya Anak Muda Kekinian Anti Norak Saat Ke Kondangan

Apa Itu Bridesmaid?

Secara arti, bridesmaid adalah pengiring atau pendamping pengantin wanita, bisa keluarga ataupun sahabat dekat sang mempelai. Jumlahnya juga bisa ditentukan sendiri sesuai keinginan, tapi biasanya lebih dari satu.

Nah, kalau di negara-negara barat, bridesmaid ini dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama, Matron of Honor yaitu mereka yang jadi pemimpin para bridesmaid, yang biasanya bridesmaid sudah menikah. Lalu, ada Maid of Honor adalah bridesmaid yang belum menikah.

For your information, kalau pengantin wanita punya bridesmaid, sedangkan pengantin pria punya groomsmen. Bridesmaid and groomsmen adalah mereka yang akan mengiringi para pengantin sebelum hingga selesai acara pernikahan.

Kalau di Indonesia sendiri, ada juga istilah pengiring pengantin wanita, yang disebut pagar ayu. Tapi, kalau pagar ayu ini biasanya terdiri dari anggota keluarga calon pengantin wanita. Dan biasanya, pagar ayu ini akan bertugas menjadi among tamu atau dengan kata lain sebagai penyambut tamu, mengiringi pengantin hingga menuju pelaminan dan juga membawa bunga.

Tugas Seorang Bridesmaid

Tugas Sebagai Seorang Bridesmaid

Seperti yang sering kita temukan dalam pernikahan, biasanya bridesmaid akan hadir sepanjang acara pernikahan berlangsung. Mereka umumnya diberikan seragam yang menjadi ciri khasnya.

Tugas mereka ternyata bukan hanya membuat momen pernikahan jadi berwarna saja, lho, tapi mereka juga punya tugas penting sebelum acara pernikahan hingga acara pernikahan selesai dengan berjalan lancar. Berikut ini adalah beberapa tugas para bridesmaid:

1. Membantu mempersiapkan pernikahan

Kata siapa tugas bridesmaid and groomsmen adalah ketika waktu pernikahan saja? Kenyataannya, mereka juga jadi bagian dari ‘panitia’ pernikahan di mana mereka akan membantu persiapan pernikahan calon pengantin, seperti fitting baju, membeli kebutuhan yang diperlukan dan lainnya.

Mereka juga akan jadi pemberi saran mengenai detail-detail persiapan pernikahan, agar persiapan pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

2. Menyiapkan acara bridal shower

Bridal shower merupakan sebuah perayaan di mana calon pengantin bersama teman, rekan atau saudaranya, merayakan lepasnya masa lajangnya. Bisa dibilang, acara bridal shower ini jadi ajang perpisahan bagi calon pengantin sebagai seorang yang single.

Umumnya, bridesmaid yang akan mengatur acara ini, bahkan tanpa diketahui sang calon pengantin, sehingga jadi sebuah kejutan untuk mereka.

Baca Juga: Agar Make Up Pengantin Awet dan Sempurna, Inilah 13 Tahapan yang Perlu Dilakukan

3. Teman curhat calon pengantin

Mempersiapkan pernikahan, kenyataannya, tidak semudah yang dibayangkan, lho. Akan ada saja masalah ataupun cobaan yang datang dan akan dirasakan oleh para calon pengantin. Kehadiran bridesmaid adalah hal yang penting bagi calon pengantin di saat-saat seperti ini. Mereka akan jadi tempat berkeluh kesah, menceritakan segala problem yang dialami calon pengantin. Sebagai bridesmaid, sebisa mungkin kamu harus jadi pendengar yang baik, ya.

4. Mendampingi pengantin

Ketika hari H pernikahan, tugas bridesmaid adalah mendampingi pengantin. Bridesmaid akan jadi orang yang menemani calon pengantin dan mengiringinya menuju pelaminan. Mereka juga yang akan membantu segala hal yang dibutuhkan pengantin ketika hari H, mulai dari menjaga barang-barang milik pengantin, memastikan kalau pengantin tidak kelaparan karena biasanya pengantin akan lupa makan, ataupun berkordinasi dengan pihak wedding organizer.

Bukan hanya itu saja, para orang-orang terdekat dari pengantin wanita ini juga ternyata punya tugas penting dalam hal ‘menjaga’ mood pengantin agar tetap bagus, lho. Apalagi acara pernikahan akan membuat mood pengantin campur aduk.

Nah, bisa dibilang, seorang bridesmaid juga punya peran besar dalam kelancaran persiapan dan jalannya acara pernikahan, lho. Itulah kenapa, pastikan kamu memilih bridesmaid yang memang dekat denganmu, dan tau segala hal tentang dirimu. Karena saat itulah, mereka akan lebih memahami apa yang kamu butuhkan.

Related posts

Caption Untuk Pacar Dari Paling Baper Sampai Paling Puitis!

Risma Mualifa

Agar Lebih Menarik, 8 Properti Photo Booth yang Dibutuhkan Untuk Wedding & Ulang Tahun

Marsyaviani Darestuti

7 Souvenir Pernikahan dengan Kesan Mendalam

Risma Mualifa

Leave a Comment