Image default
Hubungan

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Sebelum melangsungkan pernikahan, umumnya akan ada proses yang akan dilalui seperti tunangan dan lamaran. Yes, tunangan dan lamaran itu adalah dua hal yang berbeda lho. Walaupun begitu, banyak orang yang menganggap keduanya adalah hal yang sama. Termasuk kamu? Nah, karena itulah, kamu harus tau nih apa saja perbedaan tunangan dan lamaran.

Sebelum membahas soal perbedaan tunangan dan lamaran, kamu juga harus tau alasan kenapa tunangan dan lamaran sering dianggap sama. Karena memang keduanya pun punya persamaan. Bisa dibilang pertunangan dan lamaran memang serupa, namun tidak bisa dikatakan sama. Tunangan dan lamaran ini merupakan suatu cara yang dilakukan para pasangan untuk mengikat diri satu sama lain. Ini juga jadi tanda kalau keduanya sudah memantapkan diri untuk menuju ke jenjang lebih serius, yaitu menikah.

Baca Juga: Pernikahan Beda Agama di Indonesia, Seperti Ini Hukum dan Tata Caranya

Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Nah, setelah mengetahui persamaannya, berikut ini adalah beberapa poin yang membedakan antara tunangan dan juga lamaran:

1. Definisi Tunangan dan Lamaran

Definisi Perbedaan tunangan dan lamaran

Secara definisi, bertunangan ini adalah bersepakat untuk menjadi suami istri. Tunangan pun dianggap banyak orang sebagai perubahan status dari pacaran menjadi hubungan yang lebih serius. Walaupun lamaran pun punya arti yang bisa dibilang mirip, namun dalam bertunangan ini bisa dilakukan di depan orang banyak, ataupun secara personal antara kedua pihak saja.

Nah, yang membedakan adalah, lamaran adalah suatu hal yang formal, dan seringkali melibatkan adat, serta merupakan acara atau proses di mana si pria meminta atau menyatakan keinginan untuk meminang seorang wanita. Umumnya, lamaran ini dilakukan bersama dengan keluarga, di mana ini jadi tempat keluarga inti ataupun keluarga besar saling mengenal.

2. Proses Tunangan dan Lamaran

Proses Tunangan dan Lamaran

Tunangan dan lamaran umumnya dilakukan dengan memberikan cincin ataupun tanda ‘pengikat’ dari pihak pria ke pihak wanita. Namun dalam tunangan, biasanya hanya saling bertukar cincin atau pengikat ini saja, sedangkan lamaran umumnya dilakukan dengan pihak keluarga pria membawa seserahan untuk calon mempelai wanita.

Itulah kenapa umumnya lamaran juga diramaikan dengan kehadiran keluarga kedua belah pihak, sedangkan tunangan bisa dilakukan hanya berdua saja.

Selain itu, tunangan, bisa dibilang bukan suatu hal yang wajib dilakukan, sehingga banyak orang yang melewatkan proses satu ini. Sedangkan lamaran, karena ini adalah acara formal yang juga dilakukan untuk perkenalan keluarga kedua belah pihak, maka umumnya ini tidak dilewatkan.

3. Waktu Penyelenggaraan

Penyelenggaraan Tunangan dan Lamaran

Bila diurutkan hingga pernikahan, prosesnya dimulai dengan tunangan, lamaran, kemudian pernikahan.

Proses tunangan dan lamaran pun bisa dilakukan sesuai keinginan. Namun, biasanya jarak tunangan ke pernikahan, akan punya jarak waktu yang terbilang lebih panjang dibanding lamaran. Sedangkan lamaran biasanya dilakukan dengan jarak waktu baik itu 5-6 bulan sebelum pernikahan dilakukan, atau 1 hari menjelang hari pernikahan. Walaupun sebenarnya tidak ada jarak waktu yang pasti atau khusus untuk ini.

Baca Juga: Caption Untuk Pacar Dari Paling Baper Sampai Paling Puitis!

4. Keharusan dalam Penyelenggaraan

Tunangan dan lamaran

Sebetulnya tidak ada keharusan atau kewajiban untuk melangsungkan pertunangan ataupun lamaran. Semuanya kembali pada pilihan individunya saja. Namun, banyak pasangan yang menganggap kalau ini adalah sebuah hal yang dilakukan untuk memastikan komitmen keduanya untuk melangkah menuju hubungan yang lebih serius.

Selain itu, tidak sedikit juga yang melangsungkan lamaran dengan tujuan untuk menentukan hari pernikahan kedua calon pengantin. Apalagi saat acara tersebut keluarga kedua belah pihak hadir, sehingga dapat dilangsungkan diskusi berkaitan dengan pernikahan.

Untuk soal biaya pun, umumnya biaya tunangan akan lebih sedikit daripada biaya lamaran yang biasanya dilangsungkan dengan mengundang keluarga, kerabat, teman dan lainnya. Apalagi saat lamaran pun bukan hanya perlu menyiapkan cincin atau pengikat saja, tapi juga seserahan atau hantaran, yang mana ini harus dimasukkan juga dalam budget lamaran tersebut.

Baca Juga: 7 Souvenir Pernikahan dengan Kesan Mendalam

Walaupun banyak orang yang melakukan kedua momen ini, namun banyak juga orang yang tidak melakukan keduanya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ini bukanlah keharusan. Semuanya dilakukan sesuai dengan keinginan dan kesepakatan calon pengantin dan juga keluarga.

Nah, itu dia perbedaan tunangan dan lamaran yang bisa memberikan pemahaman yang benar terkait dengan dua momen indah sebelum pernikahan ini. Yang pasti, keduanya adalah jadi langkah awal, yang jadi tanda kalau kamu dan si dia sama-sama berkomitmen untuk terus bersama dan ingin melangkah menuju ke pernikahan.

Related posts

Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar, Romantis dan Penuh Makna

Risma Mualifa

Kunci Hubungan Awet, Ini Cara Menjadi Sahabat untuk Pasangan

Marsyaviani Darestuti

Agar Lebih Menarik, 8 Properti Photo Booth yang Dibutuhkan Untuk Wedding & Ulang Tahun

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment