Image default
Life

Terapkan 6 Rutinitas Pagi Positif yang Baik Untuk Suasana Hati dan Pikiran

Tahukah kamu, faktanya, rutinitas di pagi hari adalah penentu bagaimana kondisi suasana hati dan pikiranmu di hari tersebut, lho. Dengan kata lain, rutinitas pagi positif akan membuat suasana hati dan juga pikiranmu lebih baik selama seharian. Itulah kenapa mulai lah hari dengan suatu hal positif, setiap harinya.

Suasana hati dan pikiran yang baik tentunya berkaitan dengan kebahagiaan, produktvitas, dan juga tingkat stres yang akan kamu alami sepanjang hari. Jadi, pastikan kamu melakukan rutinitas pagi positif, untuk membuat harimu pun jadi lebih positif. Mau coba? Ini caranya:

1. Berdoa setelah bangun tidur

Rutinitas Pagi Positif Berdoa Saat Bangun Tidur

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengawali hari adalah dengan berdoa setelah bangun tidur. Mungkin beberapa orang melakukan ini sebagai bagian dari kewajiban atau keharusan, namun kenyataannya kebiasaan ini bisa menjadi salah satu cara menumbuhkan rasa positif dalam dirimu.

Baca Juga: 7 Aktivitas yang Menjadi Mood Booster Paling Ampuh

Berdoa setelah bangun tidur ini pun bisa jadi salah satu cara berterima kasih pada tuhan karena kamu masih dikasih kesempatan untuk hidup, sehat dan menjalani aktivitas. Rasa terima kasih dan syukur ini nyatanya pun akan menumbuhkan perasaan positif di hati dan pikiranmu.

2. Minum segelas air putih

Minum Segelas Air Putih

Jangan lupa untuk minum segelas air putih setelah kamu bangun tidur. Ini bermanfaat untuk detoksifikasi serta membantu menurunkan berat badan, lho. Bila kamu melakukan hal ini secara rutin, metabolisme tubuh akan jadi jauh lebih baik, sehingga tubuh pun lebih sehat.

3. Atur jadwal bangun tidur

Mengatur Jadwal Bangun Tidur

Kalau kamu termasuk orang yang seringkali terburu-buru ketika harus bersiap untuk sekolah ataupun bekerja, mungkin ini jadi tanda kalau kamu perlu merapikan kembali jadwal tidur dan jadwal bangun tidurmu.

Bila kamu harus memulai aktivitas jam 8 pagi, kamu bisa bangun beberapa jam sebelum mulai aktivitas tersebut. Jangan bangun tidur di waktu-waktu yang berdekatan, sehingga akan membuat kamu jadi sering terburu-buru. Karena, buru-buru saat bersiap di pagi hari, nyatanya, memengaruhi mood-mu seharian, lho. Kalau kamu bangun beberapa jam sebelum beraktivitas, dan memiliki waktu santai untuk bersiap, tentu suasana hati kamu akan jadi lebih bagus. Aktivitas pun akan jadi lebih menyenangkan dan produktif.

4. Merapikan tempat tidur

Rutinitas Pagi Positif Merapihkan Tempat Tidur

Dalam sebuah survei ditemukan bahwa orang-orang yang terbiasa untuk merapikan tempat tidur di pagi hari, adalah orang-orang yang berjiwa petualang, percaya diri dan juga mudah bergaul. Selain itu disebutkan bahwa ternyata banyak orang sukses yang mengatakan bahwa merapikan tempat tidur adalah aktivitas mereka untuk mengawali hari.

Merapikan tempat tidur di pagi hari akan memberikan perasaan puas dengan adanya pencapaian di pagi hari, yaitu melihat tempat tidur yang rapi. Hal ini akan memicu kamu untuk lebih banyak mengambil kesempatan serta memotivasi untuk bisa menyelesaikan beragam hal lain di sepanjang hari nanti.

5. Rutin olahraga

Olahraga Rutin

Rutinitas pagi positif lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menyisihkan sedikit waktu di pagi hari untuk berolahraga. Kamu cukup berolahraga 15 sampai 30 menit di pagi hari. Olahraga yang bisa kamu lakukan pun beragam, mulai dari jogging, bersepeda, yoga, push up dan lainnya. Intinya, kamu tidak perlu berolahraga berat, yang penting kamu menggerakkan tubuh secara rutin setiap paginya.

Ini akan membuat tubuh jadi lebih bugar, sehat, dan semangat untuk beraktivitas. Selain itu, olahraga pun bisa memicu produksi hormon bahagia, sehingga harimu nantinya tentu akan jadi terasa lebih positif dan bersemangat.

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja

6. Konsumsi makanan yang sehat

Konsumsi Makanan Sehat sebagai rutinitas

Jangan lupa awali harimu dengan sarapan! Mungkin tidak sedikit orang yang seringkali melewatkan waktu makan di pagi hari ini. Padahal kenyataannya, sarapan itu adalah hal yang penting. Ketika melewatkan sarapan, tubuh akan memperlambat metabolisme, guna menghemat energi. Akibatny tubuh jadi akan terasa lemas dan tidak bersemangat.

Dengan sarapan makanan sehat, tubuh akan punya energi yang lebih cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Selain itu, sarapan juga akan mencegah kamu makan berlebihan di waktu makan selanjutnya. Bukan hanya itu saja, ketika perut terisi di pagi hari, pikiran dan otak pun akan lebih jernih. Tentunya ini membuatmu jadi lebih produktif dan dapat membuat keputusan yang lebih baik.

Nah, jadi jangan lupa lakukan rutinitas pagi positif ini agar suasana hati dan pikiranmu jauh lebih baik dan positif sepanjang hari ya. Dengan begitu, segala kerjaan dan permasalahan yang mungkin akan kamu hadapi, tentunya bisa kamu selesaikan dengan lebih baik dan tenang.

Related posts

13 Kumpulan Menu Makanan Sehat Sederhana dan Praktis

Rostina Alimuddin

5 Tempat Nongkrong di Bandung Paling Instagramable!

Rostina Alimuddin

Penting, Kenali Pengertian Toxic dan Ciri-cirinya Agar Bisa Menghindarinya

Risma Mualifa

Leave a Comment