Image default
Life

Hidup Lebih Tenang Dengan Tips Financial Planning Untuk Anak Muda Ini!

Pernah juga merasakan kenapa uang cepat sekali habis, tanpa ingat dikeluarkan untuk apa? Sering sekali hal ini dirasakan para anak muda, yang sedang banyak-banyaknya keinginan untuk memenuhi gaya hidup. Padahal, financial planning yang buruk di saat muda, juga bisa memperburuk keuangan di masa depan lho. Makanya, coba ikuti tips financial planning untuk anak muda, agar kondisi keuanganmu bisa lebih baik.

Tips Financial Planning Untuk Anak Muda

Inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk perencanaan keuanganmu di usia muda:

1. Cek kondisi keuanganmu

Financial Planning untuk anak muda

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah terlebih dulu mengecek kondisi keuanganmu. Kamu bisa mencatat dan menghitung banyaknya pemasukan yang kamu dapat per bulan, serta dari mana sumber pendapatan tersebut. Lakukan ini secara rutin setiap bulannya, agar kamu paham tentang kondisi keuanganmu.

Baca Juga: Daripada Sekedar Scrolling, Ikuti Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok!

2. Catat pos pengeluaran setiap bulan

Melakukan pencatatan Bulanan

Tidak lupa, kamu juga harus mencatat pengeluaran yang kamu lakukan tiap bulan. Catat pula pengeluaran tetap apa saja per bulannya. Dengan begitu, kamu tau berapa banyak dana yang harus kamu keluarkan untuk pengeluaran tetap tersebut. Selain itu, kamu pun bisa jadi lebih bijak untuk mengeluarkan uang untuk suatu hal yang tidak dibutuhkan, dan menjadikannya sebagai alokasi tabungan setiap bulan.

3. Budgeting 40-30-20-10

Financial planning untuk anak muda dengan 40-30-20-10

Kamu juga perlu untuk melakukan budgeting setiap bulannya dengan pembagian sebesar 40-30-20-10%. Pembagiannya adalah 40% untuk kebutuhan, 30% untuk cicilan bila ada, 20% untuk tabungan dan investasi, dan 10% untuk gaya hidup.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan prioritas dan mengetahui ke mana uangmu dihabiskan.

4. Hindari berhutang untuk hal yang tidak penting

Jangan Berhutang

Gaya hidup anak muda masa kini cenderung butuh dana yang tidak sedikit. Tidak jarang mereka rela berhutang untuk memenuhi gaya hidup tersebut, padahal untuk suatu hal yang tidak terlalu dibutuhkan seperti mengikuti tren smartphone terbaru, jalan-jalan ke luar negeri, dan lainnya.

Sebaiknya lakukan re-budgteing-mu setiap bulannya. Kamu bisa membuat pos pengeluaran untuk dana jalan-jalan atau membeli barang tertentu. Sehingga tidak mengganggu pos pengeluaranmu yang lain. Dan kamupun tidak perlu sampai berhutang untuk itu.

5. Siapkan dana pensiun, dana darurat dan juga berinvestasi

Menyiapkan dana darurat

Ketiganya adalah hal penting yang harus kamu persiapkan sedari muda. Dana darurat dan dana pensiun ini penting bila nanti sewaktu-waktu diperlukan. Kamu pun jadi punya lebih banyak simpanan untuk di masa depan nanti.

Investasi pun serupa. Mulai lah investasi dari muda. Pertama-tama, pelajari dahulu tentang risiko dan keuntungannya, serta cara berinvestasi yang benar, agar kamu bisa melangkah dengan lebih percaya diri, dan paham ke mana kamu akan menginvestasikan uangmu.

Baca Juga: Cara Menghemat Uang Anak Kosan Yang Perlu Mahasiswa Tahu

Alasan Financial Planning Untuk Anak Muda Adalah Hal Penting

Bila kamu masih ragu untuk menerapkan financial planning, dan menganggap waktumu masih banyak untuk melakukannya di lain waktu, mungkin kamu harus membaca beberapa alasan berikut ini.

Mengurangi dan menghindari kebiasaan boros

Lebih paham tentang financial planning di saat muda, akan membuat masa mudamu tentunya jadi lebih hemat. Kamu pun akan lebih bijak dalam mengeluarkan uang karena punya ilmu dasarnya. Selain itu, kamu juga jadi lebih bisa membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan.

Bukan hanya itu saja, dengan financial planning yang baik, kamu pun jadi lebih berpikiran ke depan. Sehingga kamu tentu akan lebih memilih untuk menabung dibanding mengeluarkan uang untuk suatu hal yang tidak diperlukan.

Hidup lebih tenang dan terarah

Di usia muda, kita cenderung masih punya banyak energi serta waktu untuk melakukan banyak hal. Itulah kenapa financial planning ini penting agar hidupmu bisa jadi lebih terarah. Kamu jadi punya tujuan pasti ke depannya.

Sehingga Kamu pun akan jadi lebih hati-hati untuk melangkah ataupun mengeluarkan uang untuk suatu hal. Kamu akan lebih paham, bahwa ke depannya tidak ada yang tau apa yang akan terjadi. Sehingga kamu cenderung ingin mempersiapkan diri untuk masa yang akan datang.

Bukan hanya itu saja, kamu yang sudah punya tujuan dan rencana ke depan, tentu jadi bisa menjalani hidup dengan lebih tenang. Rencana keuangan yang kamu terapkan saat mud aini akan kamu rasakan hasilnya di masa mendatang.

Mewujudkan mimpi lebih cepat

Mungkin kamu punya keinginan besar seperti ingin berjalan-jalan ke luar negeri, membeli rumah, mobil ataupun kuliah di universitas ternama. Mimpi-mimpi tersebut bukan hanya perlu tekad untuk mewujudkannya, tapi juga perlu kesiapan dalam hal finansial.

Karena itulah, kamu butuh perencanaan keuangan yang tepat mulai saat ini agar bisa cepat mewujudkan mimpi-mimpi yang kamu miliki.

Peluang investasi di masa muda jadi lebih besar

Tidak sedikit mereka yang sudah berumur merasa menyesal karena tidak sedari muda untuk mencoba berinvestasi. Nah, bagi kamu-kamu yang masih berusia muda, saat inilah seharusnya kamu mulai belajar dan mencoba untuk berinvestasi.

Baca Juga: Wajib Coba! 6 Cara Mendapat Uang Dari Internet Dengan Mudah Tanpa Modal

Bisa dibilang investasi mungkin akan kamu rasakan hasilnya dalam jangka waktu yang panjang. Itulah mengapa, sangat tepat waktunya bila kamu memulainya di usia muda.

Nah, itu dia tips financial planning untuk anak muda beserta pentingnya financial planning sedari muda, agar kamu pun lebih yakin untuk memulainya dari sekarang.

Related posts

Ubah Gaya Hidup Hedonisme Dengan 7 Cara Ini

Marsyaviani Darestuti

Penting! Kenali Makna, Dampak Serta Ciri-Ciri Pergaulan Sehat

Marsyaviani Darestuti

7 Cara Mulai Bisnis Untuk Pemula

Primaditya Riesta

Leave a Comment