Gaya Remaja

Alasan Content Creator adalah Profesi Menjanjikan!

Content creator adalah
Source: Sorogan.id

Saat ini content creator adalah ladang utama bagi banyak anak muda dalam berkarya sekaligus menghasilkan uang. Semakin pesatnya laju perkembangan dunia digital membuat banyak orang memanfaatkan sosial media mereka untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Tidak bisa dipungkiri jika content creator telah bersaing dengan profesi para aktris ataupun selebritis di industry dunia hiburan dan digital saat ini. Tak heran banyak brand-brand ternama yang juga rela menggandeng sejumlah content creator papan atas untuk mempromosikan brand mereka.

Content creator memang telah menjadi profesi yang sangat menggiurkan. Bahkan, profesi ini pun tak memandang usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun bisa menjadi seorang content creator. Nah, kalau kamu masih ragu untuk menjadi seorang content creator, coba deh simak ulasan yang satu ini.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: 5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

Pengertian Content Creator

Pada dasarnya content creator merupakan orang atau sekumpulan orang-orang yang membuat konten berupa tulisan, gambar, video hingga suara (podcast) yang kemudian akan ditampilkan pada berbagai jenis platform. Beberapa platform tersebut di antaranya seperti Blog, Youtube, Twitter, Instagram, Spotify, hingga yang paling naik daun saat ini ialah TikTok.

Tugas content creator memang tak semudah yang terlihat. Para content creator ini harus mengumpulkan berbagai macam ide dulu yang didapatkan dari wawancara atau riset. Setelah itu, mereka pun akan menciptakan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang mereka targetkan. Jika kamu memiliki latar belakang atau pengalaman dalam bidang media ataupun komunikasi maka tentu menggeluti dunia content creator bukanlah hal yang terlalu sulit.


Jika kamu baru ingin merintis profesi di bidang ini tanpa pengalaman sama sekali maka cobalah untuk mempelajari dunia content creator ini terlebih dahulu. Berbagai referensi tentang SEO, design, digital marketing dan lain sebagainya bisa dengan mudah kamu dapatkan di internet hari ini.

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menjadi Content Creator

1. Menemukan passion

Menemukan Passion saat menjadi content creator

Selain bisa menghasilkan cuan, content creator adalah wadah bagi kamu yang ingin menemukan atau mengembangkan passion. Ada banyak orang yang terjun ke dunia content creator ini karena berawal dari hobi. Beberapa tavel blogger dan travel vlogger sukses saat ini adalah orang-orang yang memang memiliki hobi untuk berkunjung ke banyak tempat.

Begitu halnya seorang beauty blogger dan beauty vlogger yang memang memiliki kegemaran dalam dunia skincare dan juga make up. Jadi, kalau kamu memang memiliki hobi maka tak ada salahnya untuk menyalurkannya ke dunia content creator ini. Kalau kamu suka masak maka kamu bisa membuat channel khusus memasak di Youtube. Kalau kamu gemar menulis maka kamu bisa menuangkan semua ide dan pendapat kamu di dalam sebuah blog. Tentu akan sangat menyenangkan jika passion, hobi dan karir kamu berjalan beriringan.

2. Sharing ilmu pengetahuan

Menjadi seorang content creator juga secara tidak langsung menjadikan kamu sebagai penebar informasi kepada banyak orang. Opini-opini yang kamu tuliskan atau informasi yang kamu bagikan lewat video atau gambar ternyata bisa memberikan manfaat kepada siapa pun. Jika kamu adalah seorang beauty blogger atau beauty vlogger maka kamu bisa membagikan berbagai jenis review skincare ataupun make up yang kamu gunakan. Perlu kamu tahu bahwa orang-orang cenderung membaca dan menonton review dibandingkan menonton iklannya saja loh.

Jika kamu sudah mendapat tempat di hati para audiens maka secara perlahan kamu akan dijadikan content creator favorit oleh para audiens. Maka tidak heran, banyak content creator yang selalu membagikan informasi yang bermanfaat di sosial media sering dijadikan sasaran endorse oleh banyak brand ternama. Baik itu skincare, make up, makanan, hingga fashion.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sukses Anak Muda yang Patut Kamu Coba!

3. Membangun networking

Menjadi Content Creator bisa membangun networking

Alasan lain mengapa kamu harus menjadi content creator ialah untuk membangun networking dengan orang-orang luar biasa yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Bertemu dengan sesama content creator yang juga sering membagikan informasi yang bermanfaat tentu akan sangat menyenangkan. Secara tidak langsung, kamu pun telah bergabung dengan circle yang kamu inginkan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Berteman dengan para content creator juga bisa menambah ilmu sekaligus mengembangkan skill yang kamu punya. Pada dasarnya, setiap segmen di dunia content creator memiliki segmennya tersendiri. Jika kamu bergerak di bidang kepenulisan maka cobalah bergabung dengan komunitas blogger, begitu halnya jika kamu adalah seorang Youtuber maka kamu bisa mengikuti berbagai event yang diadakan oleh para Youtuber. Di tempat tersebut kamu akan dipertemukan dengan para content creator dengan keunikannya masing-masing.

4. Melatih berpikir kreatif

Setiap content creator memang dituntut untuk terus berpikir kreatif. Semakin banyaknya orang yang terjun ke dalam dunia content creative maka semakin tinggi pula persaingan untuk mendapatkan viewers. Oleh sebab itu, berpikir kreatif adalah langkah penting yang harus ditanamkan sejak dini.


Tak hanya untuk kebutuhan konten kamu semata, dengan memiliki ide atau gagasan yang inovatif dan kreatif maka kamu pun telah mendorong diri kamu untuk lebih maju dan berkembang dari sebelumnya. Orang-orang yang kreatif juga cenderung lebih mampu memecahkan sebuah masalah. Para blogger yang memang hobi menulis kerap kali mendapatkan ide dari setiap tulisan yang ia buatnya. Para Youtuber yang juga sering kali bereksperimen di setiap video-videonya tak hanya sekedar dikenal sebagai Youtuber tetapi juga sebagai pribadi yang kreatif dan berani mengekspresikan setiap ide yang ada di kepalanya. Percayalah, dengan menjadi seorang content creator pada bidang yang kamu suka bisa membuat kamu menjadi manusia yang bebas berekspresi.

5. Ladang menghasilkan uang

Menjadi Content Creator bisa bekerja tanpa memiliki kantor

Siapa yang tak senang jika memiliki hobi yang dibayar. Para penulis, videografrer, ataupun profesi yang menuntut skill spesifik ini tentu akan merasa lebih bersemangat dalam melakukan apa yang mereka gemari jika mampu menghasilkan uang. Namun, untuk menghasilkan uang dari menjadi seorang content creator bukanlah hal yang terjadi secara instant. Disiplin akan waktu, konsisten hingga rela untuk dikritik adalah bumbu-bumbu yang harus dihadapi oleh para content creator ini.

Oleh sebab itu, jika kamu memang ingin fokus menjadi seorang content creator, maka konsistenlah untuk terus mengembangkan skill yang kamu punya. Banyak-banyaklah belajar dari para content creator sukses di bidang yang yang kamu tekuni tersebut.

Penutup

Kehadiran content creator memang banyak dibutuhkan dalam dunia marketing dan bisnis saat ini. Selain menghasilkan pundi-pundi uang untuk para content creator, secara tidak langsung content creator ini juga telah membantu banyak pelaku-pelaku usaha di luar sana dalam mempromosikan produk dan layanan mereka.

Seperti yang telah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya bahwa dalam membuat sebuah konten yang beda dan menarik memang tidaklah mudah. Para content creator harus banyak belajar untuk meningkatkan skill mereka. Para content creator juga dituntut untuk mampu berkreasi seinovatif mungkin dalam menciptakan konten yang menarik untuk para audiens mereka.

Baca Juga: Trik Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Karena pada dasarnya content creator adalah profesi yang fokus pada skill yang kamu punya ataupun skill yang ingin kamu kembangkan maka untuk memulainya cobalah untuk melakukan hal yang kamu sukai terlebih dahulu. Jangan pernah lelah untuk belajar dan jangan pernah menutup diri dari setiap kritikan orang-orang. Keep it up!



Related posts

Berkenalan Dengan 7 Politikus Muda Indonesia

Marsyaviani Darestuti

5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

Risma Mualifa

Cara Jitu Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

Linda Arista