Image default
Beauty

Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash?

Membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas dan menggunakan make up, adalah salah satu merawat kulit. Namun kurang memahami perbedaan facial foam dan facial wash bisa membuat wajah tidak bersih maksimal.

Terdapat banyak pilihan produk facial foam maupun facial wash yang bisa Anda pilih. Keduanya dipercaya memiliki manfaat untuk membersihkan serta mencerahkan kulit wajah. Sehingga proses cleansing dalam mengangkat kotoran maupun sisa make up pun lebih optimal.

Baca Juga: Tata Cara Perawatan untuk Kulit Berjerawat Sesuai Jenisnya

Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash

Secara sepintas, kedua produk pembersih wajah ini nampak sama. Namun, ada perbedaan facial foam dan facial wash yang harus Anda ketahui. Oleh sebab keduanya miliki kegunaan berbeda tergantung pada jenis kulit yang dimiliki. Berikut perbedaannya:

Tekstur

Perbedaan paling mendasar adalah tekstur yang dimiliki kedua produk tersebut. Facial foam teksturnya lebih lembut dan menghasilkan busa melimpah. Aman digunakan sebagai pembersih harian karena dapat mengangkat kotoran, baik berupa sisa make up atau polusi yang menempel. Kelebihannya kukit wajah tetap lembut karena dapat menyerap minyak dan sebum berlebih.

Sedang facial wash hadir dengan dua tekstur yang berbeda, berupa gel dan creamy. Untuk tekstur creamy lebih cocok bagi orang yang memiliki kulit kering dan mengalami penuaan dini. Berbeda dengan tekstur gel yang cocok bagi tipe kulit sensitif karena teksturnya yang ringan. Biasanya ada pula kandungan anti jerawat bagi kulit yang bermasalah dengan jerawat.

Perbedaan facial foam dan facial wash dari tekstur

Fungsi

Perbedaan facial foam dan facial wash yang lain adalah pada fungsi yang dimiliki keduanya. Facial foam bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, efektif menarik sel kulit mati dan menghilangkan minyak yang berlebih. Sedang facial wash manfaatnya lebih untuk menjaga kesegaran serta kelembapan alami wajah, juga mencegah iritasi. Manfaatnya yang menjaga kelembapan wajah ini, membuat facial wash cocok bagi tipe kulit kering dan sensitif. Jadi sebelum memutuskan membai facial foam atau facial wash ketahui jenis kulit wajahmu terlebih dahulu ya.

Jenis Kulit

Seperti ulasan di atas, jenis kulit untuk menggunakan facial foam maupun facial wash jelas berbeda. Tekstur facial foam yang creamy lebih cocok untuk jenis kulit wajah normal atau berminyak. Hal ini disebabkan oleh tekstur dan fungsi yang dimilikinya. Selain bisa mencerahkan kulit, juga berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih.

Sedang facial wash lebih umum digunakan oleh orang yang memiliki tipe kulit wajah sensitif, atau cenderung kering. Fungsi dasar dari facial wash sendiri adalah untuk menjaga kelembapan alami wajah serta menghindari terjadinya iritasi. Oleh sebab itu sangat cocok untuk dua jenis kulit ini.

Cara Pemakaian

Perbedaan facial foam dan facial wash juga dapat diketahui dari cara penggunaannya yang cukup berlainan. Khusus untuk facial foam, harus dituangkan ke telapak tangan dulu baru diratakan ke seluruh permukaan wajah, setelah ditambah dengan foam maker. Berbeda dengan facial wash yang bisa langsung diusap pada wajah, serta aman dipakai setiap hari.

Membersihkan wajah yang tepat

Cara Membersihkan Wajah yang Tepat

Saat membersihkan wajah, pastikan semua kotoran dan sisa make up terangkat sepenuhnya. Anda juga dapat menggunakan cleansing oil untuk membantu membersihkan wajah lebih optimal. Jika wajah telah bersih, maka sabun pembersih wajah pun dapat bekerja dengan maksimal.

Bersihkan Secara Merata Sampai Bagian Leher

Gunakan jari untuk membersihkan area wajah dan leher agar tidak terjadi iritasi. Mengetahui kegunaan facial foam dan facial wash juga membantu pembersihan wajah ini menjadi lebih mudah.

Gunakan teknik memijat agar kulit menjadi lebih rileks. Anda cukup membersihkan wajah dua kali dalam sehari dengan menggunakan sabun pembersih. Terlalu sering menggunakan sabun akan membuat wajah menjadi kehilangan kelembapannya.

Baca Juga: Begini Urutan Make Up yang Benar dan Anti Gagal Flawless

Gunakan Handuk Lembut

Setelah selesai membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah mengeringkan dengan menggunakan handuk lembut. Tepuk perlahan agar kulit menjadi kencang. Rangkaian skincare lanjutan pun menjadi lebih efektif karena tidak ada lagi air yang tersisa.

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja perbedaan facial foam dan facial wash. Jangan pernah melewatkan tahap pembersihan wajah ini agar kulit Anda tetap sehat dan cantik alami.

Related posts

6 Rekomendasi Catokan Rambut Bikin Makin Stylish

Rostina Alimuddin

Memilih Cushions Make Up Tepat Untuk Wajahmu

Marsyaviani Darestuti

Agar Make Up Pengantin Awet dan Sempurna, Inilah 13 Tahapan yang Perlu Dilakukan

Risma Mualifa

Leave a Comment