Image default
Life

Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Semakin berkembangnya zaman, gaya hidup yang dijalani banyak orang pun mulai berubah. Perubahan gaya hidup yang jadi lebih modern ini tentu saja sebenarnya ada positif dan negatifnya. Gaya hidup modern yang digadang-gadang merupakan gaya hidup yang memberi dampak lebih bahagia ini, faktanya, juga malah bisa memicu bertambahnya budaya negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Itulah mengapa, kamu perlu tau bagaimana cara menghadapi gaya hidup modern seperti ini dengan baik.

Sebelum mengetahui cara menghadapi gaya hidup modern yang ada saat ini, ada baiknya kamu tau apa saja gaya hidup modern yang positif dan negatif. Tentunya ini berguna bagi kamu untuk memilah-milih dan menentukan mana yang akan kamu ikuti.

Baca Juga: Seks Bebas Anak Muda : Dampak dan Cara Menghindarinya

Gaya Hidup Modern yang Positif

Menghadapi Gaya Hidup Modern denga Cool

Semakin hari, semakin banyak orang yang sadar untuk merawat dan mencintai diri sendiri. Tentunya ini adalah gaya hidup modern yang punya nilai positif bagi kita. Dengan menerapkan self-care dan self-love, membuatmu jadi lebih mengerti tentang kebutuhan dirimu sendiri. Kamu pun jadi tau apa yang secara fisik dan mental kamu perlukan.

Bukan hanya itu saja, kamu pun akan lebih menerima dirimu secara utuh, dan tidak terganggu dengan pemikiran orang yang menjatuhkan tentang dirimu. Kamu juga tidak lagi diliputi rasa minder, ataupun iri bila orang lain memiliki suatu hal yang lebih dibandingkan dirimu, namun malah menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk jadi lebih baik.

Masyarakat modern saat ini juga jadi lebih peduli pada kesehatan diri sendiri dan orang sekitarnya. Banyak orang yang mulai menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat setiap harinya, berolahraga rutin ataupun konsumsi vitamin. Mereka pun lebih peduli untuk memiliki asuransi kesehatan yang akan menunjang kebutuhannya di masa depan.

Selain itu, gaya hidup modern yang juga banyak diterapkan masyarakat saat ini adalah gaya hidup minimalis. Mereka cenderung hidup dengan cara yang sesederhana mungkin. Cara hidup seperti ini disebut-sebut bisa membuat kita lebih mensyukuri apa yang sudah kita miliki, dan focus pada hal yang benar-benar kita butuhkan. Jadi kita tidak lagi hidup dengan bermewah-mewahan dan foya-foya.

Gaya Hidup Modern yang Cenderung Negatif

Hati-Hati dengan Gaya Hidup Modern yang Cenderung Membawa Sisi Negatif
Belanja menjadi gaya hidup modern yang cenerung Negatif

Tidak dipungkiri, di zaman modern seperti ini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Namun sayangnya, kemudahan tersebut malah membuat kita terlena dan malah jadi merugikan diri sendiri.

Tidak sedikit masyarakat modern saat ini yang malah memiliki gaya hidup yang boros, karena kebiasaan untuk duduk-duduk di café atau coffee shop, mencoba restoran baru, berbelanja online. Bukan tidak mungkin kita jadi orang yang lebih konsumtif, impulsive, bergengsi tinggi, senang diperhatikan lebih oleh orang lain, dan lainnya. Kita juga bisa saja terbawa arus untuk mencoba hal baru yang sebenarnya punya dampak negatif bagi hidup kita.

Perubahan gaya hidup modern ini pastinya identik dengan segala hal yang baru. Bagi kita, hal baru ini adalah hal yang menarik dan juga memicu munculnya rasa penasaran. Tapi, tidak semua hal baru tersebut bersifat baik, lho. Nah, begini cara menghadapi gaya hidup modern yang saat ini berkembang.

1. Pilih dan saring

Karena akan ada banyak sekali hal-hal baru yang kamu temui, untuk itu, diperlukan keahlianmu untuk memilih dan menyaring apapun hal baru yang ada. Bukan berarti kamu harus menolak suatu hal yang baru ini, hanya demi terhindar dari hal negatif. Tapi sebisa mungkin pilih dan saring mana yang baik untuk kamu ikuti.

2. Menghargai waktu

Semakin hari, semakin banyak pula hal-hal baru yang bisa kamu lakukan. Jangan sampai gaya hidup modern ini malah membuang waktumu bahkan membuatmu tidak menghargai waktu. Karena itulah, diperlukan managemen waktu yang baik agar kamu bisa melakukan banyak kegiatan dengan lebih efisien. Jangan sampai, kesalahanmu dalam membuang waktu ini malah membuatmu menyesal nantinya.

3. Merencanakan dengan matang

Perencanaan yang matang ini adalah salah satu cara menghadapi gaya hidup modern yang baik. Kamu bisa melakukan ini untuk menghindari masalah dan juga bisa jadi cara untuk berjaga-jaga. Perencanaan ini juga bisa membantu orang di sekitarmu lebih merasa aman dan terkendali. Beberapa contoh dari perencanaan yang matang untuk kehidupanmu adalah investasi jangka panjang, asuransi kesehatan, pendidikan dan lainnya, yang disiapkan dari jauh-jauh hari.

4. Berpikir realistis dan terbuka

Masyarakat modern cenderung lebih sering melihat hal baik dari status, latar belakang, gengsi dan lainnya. Padahal ini malah memicu sifat negatif yang akhirnya malah merugikan. Tidak jarang, sikap ini malah membuat kita jadi lebih mengedepankan gengsi yang malah menghancurkan kehidupan kita. Untuk itu, kamu perlu untuk berpikiran realistis dan terbuka, kalau gengsi dan status bukan lah hal yang harus dijadikan prioritas. Kebahagiaan dan efek positif lah yang harus diutamakan.

5. Membuat prioritas kebutuhan

Tidak jarang, kehidupan modern ini membuat kita jadi lebih ‘hedon’. Gaya hidup hedonisme ini  adalah gaya hidup yang mengedepankan kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama hidup. Orang yang melakukan gaya hidup hedonisme ini cenderung menghabiskan banyak uang dan waktu untuk melakukan segala hal yang mengarah pada apapun yang modern, seperti misalnya jadi lebih konsumtif. Nah untuk menghindari ini, coba kamu membuat skala prioritas kebutuhanmu. Ini diharapkan akan berguna untuk meminimalisir kemungkinanmu untuk lebih konsumtif dan impulsif dalam hal menghambur-hamburkan uang. Jadi, bila muncul keinginan untuk membeli sesuatu di luar prioritas kebutuhanmu tersebut, kamu pun akan jadi berpikir panjang.

6. Daya saing tinggi

Menyikapi segala hal baru yang ada, menjadikan kita seringkali tidak bisa berdiam diri. Ini malah bisa memicu daya saing kita jadi meningkat. Adanya daya saing ini akan memaksamu untuk mengatur strategi sedemikian rupa untuk hidup dengan baik dan lancar. Tapi, pastikan untuk tetap bersaing dengan cara yang sehat dan pastinya tidak merugikan diri sendiri dan orang lain ya.

7. Kembangkan potensi

Karena akan ada banyak hal yang baru yang akan kamu temui, akan semakin banyak hal yang bisa kamu coba. Kembangkan potensi dalam dirimu dengan mencari pengalaman sebanyak mungkin. Dengan begini, kamu bisa mengembangkan karir sesuai keinginan dan kemampuan yang kamu miliki. Kamu pun pastinya bisa mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah.

Membicarakan tentang gaya hidup modern, pastinya ada plus dan minus yang bisa dapat oleh masyarakat yang hidup di zaman modern saat ini. Sebisa mungkin kamu harus tau mana yang baik untuk dirimu dan mana yang tidak. Dengan begitu kamu tidak akan terbawa arus gaya hidup modern yang cenderung negatif.

Cara menghadapi gaya hidup modern dengan lebih baik di atas bisa kamu terapkan di kehidupan saat ini, agar hidupmu pun jadi lebih baik ke depannya.

Related posts

13 Kumpulan Menu Makanan Sehat Sederhana dan Praktis

Rostina Alimuddin

Ubah Gaya Hidup Hedonisme Dengan 7 Cara Ini

Marsyaviani Darestuti

Hidup Lebih Sehat dan Sejahtera Dengan Menerapkan 8 Gaya Hidup Sehat Ini

Marsyaviani Darestuti