Gaya Remaja

Tips Menjaga Kesehatan Ketika WFO Dimusim Hujan


Memasuki akhir tahun 2021 kita selalu disambut dengan musim penghujan, disekitaran daerah jabodetabek hujan datang ketika pagi dan sore hari sementara rutinitas keseharian musti tetap harus kita lakukan seperti melakukan tugas dikantor dan tidak jarang saat kita ingin berangkat sudah disambut dengan hujan yang membuat tubuh  dengan mudah kedinginan dan stamina yang menurun memicu semangat kita berkurang kemudian berniat dalam hati untuk ijin cuti. Belum lagi kita masih menghadapi pandemi COVID 19 yang belum sepenuhnya  usai, dan setibanya dikantor pun sudah mulai merasa lelah karena  factor cuaca yang sering berubah – ubah dan mungkin teman seruangan kantor  anda pun merasakan hal yang sama seperti yang anda rasakan.

Jika kalian merasakan kondisi demikian jangan jadikan alasan untuk tidak melakukan rutinitas yang membuat anda produktif, ada beberapa tips yang meningkatkan immune kita agar tidak mudah tumbang karena terserang penyakit.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan

Mungkin beberapa dari kita mengabaikan asupan vitamin tambahan karena berfikiran kebutuhan vitamin kita sudah tercukupi dari nutrisi makanan pokok, padahal tidak ada salahnya kita mengkonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh seperti vitamin C dan Vitamin D. Sehingga jika tubuh kita sehat pekerjaan apapun akan dilakukan dengan benar karena kita dapat fokus dan tidak mudah Lelah.

 

Istirahat yang cukup

Umumnya kita bekerja dikantor adalah 8-9 jam perhari, bahkan tak jarang juga kita harus dikejar tugas deadline yang membuat kita terkadang harus kerja melebihi batas jam kerja  yang sudah ditentukan maka dari itu kita harus tetap menjaga kualitas istirahat kita ketika sampai dirumah sesegera  mungkin untuk tidur, tidur yang cukup sekitar 7-8 jam per hari karena kalau kita kurang tidur dapat dengan mudah terserang oleh penyakit. Sehingga mempunyai energi untuk melakukan aktifitas untuk memulai kantor keesokan harinya.


Tambah diet makanan bergizi

Padatnya tugas dikantor kadang membuat kita lupa untuk memilih makanan dengan nutrisi dan vitamin apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Ketika hujan kita biasanya tergoda dengan mie instan yang dimana mie instan belum bisa menutupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Mungkin kita bisa memilih makanan yang lebih mudah diserap nutrisinya kedalam tubuh seperti, buah -buahan, daging dan susu, sayuran hijau yang punya banyak serat dan nutrisi penting nan lengkap  kandungan didalamnya yang sangat baik untuk Kesehatan kita dimusim hujan ini. Hindari makanan makanan yang mengandung gula sangat tinggi, junk food, makanan kemasan dan minuman bersoda. Ada pepatah yang mengatakan “didalam raga yang kuat terdapat jiwa yang sehat pula”.

Mengelola pikiran menjadi positif

Terkadang tugas-tugas yang menumpuk atau deadline bisa membuat kita stress berlebih yang membuat tertekan, sebaiknya kita harus lebih dalam mengelola stress yang datang jika kita tidak dapat mengelola dengan baik berbagai penyakit akan lebih mudah untuk mnenyerang tubuh kita, lalu apa yang harus kita lakukan untuk sejenak mngistirahatkan pikiran kita? Kita bisa ber olahraga kecil seperti berlari lari kecil di kantor atau sekedar bercanda gurau dengan teman-teman dikantor dengan begitu kita akan menciptakan pikiran positif.

Menjaga kebersihan

Ketika berangkat menuju kantor mungkin kita ditemani dengan hujan yang membuat pakaian yang kita kenakan menjadi lembab apalagi para pengendara motor yang harus menggunakan jas hujan  sehingga bakteri virus akan lebih cepat tumbuh dan dimana bakteri dan virus tumbuh itu kita akan mudah terserang penyakit, sebaiknya kita membawa pakaian ganti dan juga alas kaki untuk menjaga diri lebih segar Ketika tiba didalam kantor tempat kita bekerja. Jika di tempat anda kerja terdapat jendela bisa sesekali dibuka untuk mengganti sirkulasi udara dalam ruangan, dan jangan lupa setiba dirumah cuci pakaian secara rutin karena bakteri yang menempel akan hilang.

Minum air putih dua liter perhari

Musim hujan memang membuat kita terlena lupa  meminum air karna cuaca yang dingin tidak membuat kita merasa haus, padahal dehidrasi mungkin saja terjadi pada tubuh kita jika kita kekurangan kadar air. Setidaknya kita wajib mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter perhari demi mendapatkan metabolisme yang kuat .

Konsumsi makanan dan minuman yang hangat

Masuk angin adalah hal yang sering terjadi pada tubuh kita pada musim penghujan seperti sekarang ini, sebaiknya memang kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat seperti semangkuk sup hangat dan secangkir teh panas atau susu .

Kenakan pakaian hangat

Jika biasanya kita sehari hari hanya menggunakan pakaian seperti kemeja kali ini tidak ada salahnya menambah kan outer seperti jaket dan kaus kaki agak tebal demi menjaga kehangatan tubuh kita apabila merasa agak sedikit kurang enak badan. Khusus pengendara motor wajib menyiapkan jas hujan didalam bagasi motor jangan sampai imun menurun karena kedinginan dan kelelahan dalam perjalanan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Olahraga dikala weekend

Hujan kadang tetap datang pada saat weekend mungkin yang kita lakukan adalah hanya berdiam diri dirumah sambil melakukan kegiatan kecil seperti membersihkan rumah dan lainya untuk membunuh waktu, tak ada salahnya kalau kita melakukan olahraga yang bisa dilakukan didalam ruangan seperti yoga atau aerobik yang bisa kita lihat dari internet agar antibody terbentuk dan imun meningkat karna secara tak sengaja virus dan bakteri jahat dalam tubuh akan keluar melalui pernafasan kita dan  juga meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh yang berdampak baik pada otak kita dengan begitu mengurangi terjangkit penyakit .


Jangan pernah sepelekan hal-hal kecil seperti diatas, musim pancaroba seperti ini dengan mudah membuat tubuh kita lemah blum lagi virus covid 19 yang entah kapan akan hilang sepenuhnya  yang membuat kita lebih perhatian lagi pda tubuh kita. Semua ini memang sedikit lebih berat dilakukan namun jika kita mulai melakukannya maka kedepannya kita akan terbiasa. Menjaga Kesehatan raga sama juga menjaga kesehatan mental begitu pun sebaliknya, keduanya saling berkaitan dan apabila keduanya sehat akan tercipta aura kebahagiaan yang terpancar pada diri kita yang bisa kita tularkan kepada orang orang sekitar dan tetap semangat menjalani hari harinya.

 

 



Related posts

Apa Itu Kosmetik? Yuk, Kenali Jenis-Jenis dan Tips Memilihnya

Linda Arista