Gaya Remaja

5 Solusi Mengakhiri Overthinking dalam Hubungan

Overthinking dalam hubungan

Overthinking dalam hubungan merupakan situasi yang sangat wajar terjadi pada setiap pasangan. Saat berada di situasi seperti ini otak Anda akan terus memikirkan hal yang sama setiap harinya. Tak jarang, overthinking menghambat aktifitas yang sedang Anda lakukan.

Umumnya, overthinking muncul akibat kurangnya komunikasi hingga misskomunikasi yang terjadi antar pasangan. Oleh sebab itu, banyak pasangan yang tiba-tiba akan lebih mudah cemburu. Jika salah satu pasangan sudah berada di puncak overthinking, masalah kecil pun akan menjadi besar. Pada akhirnya mereka pun akan bertengkar dan berakhir pada sebuah kata “putus”.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Selalu Membiasakan Berpikir Positif

Kebanyakan hubungan yang dipenuhi oleh overthinking umumnya diakibatkan oleh rasa trauma dari salah satu pasangan. Pengkhianatan yang terjadi di masa lalu membuat seorang pria atau wanita akan lebih mudah berpikiran negatif terhadap pasangannya, terlebih ketika sang pasangan mulai jarang mengabari mereka.

Baca Juga: Caption Untuk Pacar Dari Paling Baper Sampai Paling Puitis!

Cemburu adalah awal mula dari terbukanya pikiran negatif terhadap pasangan. Jika Anda sedang mengalami fase ini, cobalah untuk membiasakan diri dalam berpikir positif lebih dulu. Jangan langsung gegabah menyimpulkan hal-hal yang sebetulnya belum tentu terjadi. Kebanyakan orang yang berprasangka buruk akan langsung menuduh pasangannya selingkuh. Padahal, pikiran tersebut adalah hasil dari overthinking yang sangat berlebihan.


Jika memang Anda sulit untuk berpikiran positif karena sudah banyak hal yang janggal pada perilaku pasangan, cobalah untuk berkomunikasi secara lebih intens. Berdiskusilah dengan tenang tanpa melibatkan perang saraf. Bisa jadi, perilaku aneh dari pasangan muncul karena akibat masalah di tempat kerja. Jadi, ada baiknya untuk selalu berpikir positif dan terbuka terhadap pasangan.

Berkumpul Dengan Cirle Pertemanan yang Sehat

Source: https://www.beautynesia.id/

Lingkungan pertemanan yang sehat sangat berperan dalam kondisi mental Anda. Saat mengalami overthinking dalam hubungan, cobalah untuk selektif lagi dalam memilih circle pertemanan. Hindari lingkungan yang toxic, karena orang-orang seperti ini hanya akan menyulut pikiran negatif di dalam hidup Anda.

Sebaliknya, circle pertemanan yang sehat akan membantu Anda untuk terus berpikiran positif terhadap pasangan. Mereka akan memberikan pendapat hingga solusi terbaik terhadap kondisi yang sedang Anda alami.

Melakukan Meditasi

Solusi yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki gejala overthinking yang tergolong rumit. Jika curhat dengan sahabat ataupun keluarga belum memberikan solusi terbaik, maka cobalah melakukan meditasi seperti sholat hingga berdoa dengan lebih khusyuk kepada Tuhan.

Saat menceritakan segala keluh kesah dihadapan Tuhan, tubuh akan menemukan rasa rileks yang akan membuat pikiran Anda menjadi lebih damai dan tentram. Agar lebih rileks lagi, tak ada salahnya untuk melakukan meditasi di alam terbuka. Dijamin, pikiran Anda akan semakin lebih tenang.

Menulis List Penyebab Overthinking

Tak ada salahnya untuk mencari penyebab dari munculnya overthinking dalam hubungan yang sedang Anda hadapi. Cobalah untuk menuliskan hal-hal yang Anda anggap sebagai pemicu munculnya pikiran buruk terhadap pasangan tersebut.

Langkah ini juga termasuk bagian dalam evaluasi terhadap diri sendiri. Bisa saja pikiran negatif muncul karena kurangnya komunikasi yang terjadi antara Anda dan pasangan. Entah karena masing-masing sibuk bekerja atau adanya masalah lain.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Komunikasi yang buruk justru akan makin merusak hubungan. Jika hanya terus saling menuduh tanpa adanya interaksi antar pasangan, maka hubungan yang Anda jalin pun bisa saja berakhir dengan begitu saja. Biasakan untuk rutin melakukan komunikasi dengan pasangan, jangan lupa untuk selalu menanyakan kabar dan kegiatan yang sedang mereka lakukan. Terlihat sederhana tapi bisa memperkuat ikatan hubungan Anda.

Baca Juga: 5 Jawaban Alasan Takut Nikah. Kamu Juga Merasakan Ini?

Memikirkan Sesuatu Sesuai Porsinya

Solusi yang terakhir memang cukup sulit diterapkan oleh banyak pasangan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Berpikir sewajarnya adalah hal yang harus Anda biasakan. Batasilah pikiran Anda dengan pikiran-pikiran yang normal. Dengan begitu hidup pun akan menjadi lebih tenang.


Terkadang, pikiran buruk hanya akan makin memperkeruh suasana. Padahal, saat pikiran negatif muncul Anda bisa melakukan konfirmasi terhadap pasangan lebih dulu. Komunikasi yang baik justru akan menghindarkan Anda dari rasa cemburu yang membabi buta.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mengalami overthinking dalam hubungan. Ingat! Komunikasi adalah hal yang paling krusial dalam hubungan. Hindari overthinking dengan melakukan komunikasi yang intens bersama pasangan.



Related posts

Waspada, Ini 6 Tanda Red Flag dalam Hubungan!

Marsyaviani Darestuti

Tanda dan Cara Mendapatkan Hubungan Cinta yang Sehat

Marsyaviani Darestuti

Kunci Hubungan Awet, Ini Cara Menjadi Sahabat untuk Pasangan

Marsyaviani Darestuti