Gaya Remaja

6 Tips Aman Mencari Pasangan Via Dating App

Mencari pasangan di Dating Apps
Source: Yougov.com

Menggunakan aplikasi kencan online atau dating app, bisa dibilang sekarang ini bukanlah hal yang aneh bagi banyak orang. Bahkan tidak sedikit juga dari para penggunanya yang berhasil menemukan pasangan hidup mereka lewat dating app. Walaupun banyak yang berhasil, namun ada pula beberapa orang yang mengalami hal yang tidak menyenangkan karena menggunakan aplikasi ini. Karena itulah, kamu harus memerhatikan tips aman dalam mencari pasangan via dating app.

Dating app sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menjadi wadah bagi mereka yang ingin mencari kenalan ataupun teman baru, bahkan pasangan. Bahkan studi yang dilakukan di tahun 2019 lalu menyebutkan bahwa kencan online adalah cara yang jauh lebih mungkin untuk kita bertemu dengan pasangan, dibanding pertemuan yang tidak disengaja. Walaupun begitu, karena kita akan bertemu dengan orang baru yang sebelumnya tidak kita kenal, maka ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk keamanan kamu sebagai penggunanya.

1. Lebih selektif ketika memilih aplikasi kencan online

Ketika kamu memutuskan untuk mencari pasangan via dating app, maka pastikan bahwa aplikasi yang kamu gunakan dapat mewadahi hal tersebut. Karena tidak sedikit juga aplikasi kencan online yang hanya fokus untuk mencari teman saja. Dengan begitu, kamu pun tidak membuang-buang waktumu pada hal yang memang bukan tujuanmu.

Baca Juga: Kunci Hubungan Awet, Ini Cara Menjadi Sahabat untuk Pasangan

2. Tidak membagikan terlalu banyak informasi

Informasi tentang diri sendiri, bisa dibilang merupakan hal penting dalam mencari pasangan di dating app. Walaupun begitu, sebaiknya kamu tidak terlalu banyak membagikan informasi tentang dirimu. Pertimbangkan dulu sebelum kamu akan membagikan informasi diri seperti sekolah, kampus, tempat bekerja, alamat rumah, dan hal lain yang sifatnya sangat pribadi. Ini akan menjaga keamanan kamu dari orang yang baru kamu kenal di dunia maya.

3. Jangan terlalu mudah percaya

Ingat, di dunia maya, tidak ada yang dapat kamu percaya 100%. Kadang, ketika kamu sudah semakin mengenal seseorang di dunia maya, membuat kamu kehilangan logika, hingga percaya segala hal yang hanya kamu bisa lihat secara online.

Kamu harus tetap waspada pada segala kemungkinan. Misalnya, ketika kamu melihat profil singkat seseorang yang terkesan sempurna, baik dirinya, hobi ataupun pekerjaannya. Nah, jangan terlalu cepat percaya ataupun mudah tertipu, karena bisa saja itu tidak sepenuhnya benar. Tidak sedikit orang yang melebih-lebihkan profil dirinya di dating app, untuk menarik perhatian lawan jenis.

Kemudian, waspada juga bila seseorang yang kamu kenal lewat aplikasi kencan online sudah mulai membahas perihal uang. Tidak sedikit orang yang menggunakan dating app sebagai tempatnya melancarkan kejahatan seperti penipuan uang.

4. Jangan terlalu cepat menaruh harapan besar

yang harus diperhatikan dalam Mencari Pasangan Via Dating App

Pasangan atau jodoh memang tidak dapat diprediksi kapan dan dari mana datangnya. Hal ini yang seringkali membuat banyak orang dibutakan dengan kebaikan seseorang, dan menganggapnya sebagai cinta. Karena itu juga, mungkin kamu akan menaruh harapan besar padanya, dan menganggap mungkin dialah pasangan atau jodoh yang tepat untukmu.

Nah, karena itulah, pola pikir yang realistis harus tetap kamu kedepankan. Jangan terlalu dibutakan dengan sesuatu yang baru kamu kenal dan terlalu berharap lebih. Hal ini dapat menyebabkan kamu bisa kecewa berat, bila suatu saat hal yang kamu harapkan tidak terjadi.

5. Melakukan riset kecil

Riset semacam melacak namanya di internet ataupun mencari nomornya di aplikasi pelacak nomor, dapat memberikan kamu informasi penting tentang dirinya. Hal ini berguna dalam menghindarkan kamu dari orang-orang yang ingin mengambil kesempatan melalui dating app, seperti menggunakan foto orang lain untuk profilnya dan lainnya.

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Tunangan dan Lamaran

6. Tidak terburu-buru

Seringkali karena tujuannya adalah mencari pasangan via dating app, maka menjadikan kita jadi terlalu terburu-buru untuk memutuskan ataupun memilih.

Terlalu terburu-buru akan membuatmu kehilangan waktu untuk lebih mengenal orang yang kamu temui dari aplikasi kencan online tersebut. Padahal, waktu tersebut adalah hal penting untuk menghindari kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Karena itulah, jangan terburu-buru, dan jalani prosesnya secara perlahan. Untuk dapat mengetahui sifat seseorang, kamu tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama bersamanya.

Itulah beberapa tips mencari pasangan via dating app yang bisa kamu lakukan. Yang terpenting adalah, gunakan logika ketika kamu menggunakan aplikasi kencan online, agar kamu terhindar dari kemungkinan tidak mengenakkan yang dapat terjadi.



Related posts

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Marsyaviani Darestuti

7 Souvenir Pernikahan dengan Kesan Mendalam

Risma Mualifa

Agar Lebih Menarik, 8 Properti Photo Booth yang Dibutuhkan Untuk Wedding & Ulang Tahun

Marsyaviani Darestuti