Gaya Remaja

Ingin Jadi Fashion Designer? Ketahui Dulu 7 Skill yang Harus Dikuasai


Fashion adalah satu bidang yang selalu mengalami perkembangan pesat setiap tahunnya. Bahkan perkembangan dunia fashion tidak pernah terhenti, melainkan selalu menghasilkan tren baru. Perkembangan fashion tidak lepas dari skill, kreativitas dan kinerja para fashion designer yang selalu berpikir keras menghasilkan karya-karya terbaik. Di sisi yang lain, fashion juga termasuk dalam kebutuhan yang akan selalu berusaha untuk dipenuhi.

Baca Juga: 5 Outfit Wanita Simpel Ala Korea yang Hits di 2021

Di Indonesia, perkembangan fashion ditandai dengan munculnya banyak perancang fashion berkualitas. Sebut saja Ivan Gunawan, perancang busana yang sekaligus selebritis serta nama-nama lain yang prestasinya cukup membanggakan. Melihat dari kesuksesan para perancang tersebut, bidang fashion dinilai sangat menjanjikan. Namun tentu tidak mudah untuk menjadi perancang fashion yang sukses dan terkenal sampai ke mancanegara. Profesi tersebut menuntut adanya skill tingkat tinggi, seperti berikut ini.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

1. Harus Kreatif dan Artistik

Kreativitas menjadi modal awal untuk menjadi Fashion Designer
Source: Pinterest

Skill dan pekerjaan sebagai fashion designer sangat berhubungan dengan seni dan kreativitas. Maka untuk terjun ke dunia tersebut, tidak bisa hanya dengan bermodalkan cara berpikir yang standar. Seorang perancang fashion harus bisa jeli dalam melihat sisi yang bernilai seni. Selembar kain sebagai bahan mentah harus mampu dijadikan sepotong pakaian yang bernilai artistik. Dengan kata lain, seorang perancang fashion harus memiliki imajinasi yang tinggi namun harus disertai pula cara berpikir yang realistis.

2. Memiliki Kemampuan Menggambar

Perancang fashion dan kemampuan menggambar adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kemampuan menggambar merupakan salah satu skill yang penting untuk dikuasai. Dengan kemampuan tersebut seorang perancang fashion bisa menuangkan idenya dalam bentuk yang lebih nyata. Skill menggambar dari seorang perancang fashion tentu tidak sama dengan kemampuan menggambar atau melukis pada umumnya. Kemampuan ini bisa dipelajari secara otodidak, namun akan semakin bagus jika mempelajarinya melalui pendidikan khusus.


3. Menguasai Keahlian Menjahit

Tidak hanya bisa menuangkan ide dalam bentuk gambar, seorang fashion designer juga harus paham ilmu menjahit. Perancang busana wajib tahu bagaimana sebuah kain dibentuk dengan pola tertentu, dipotong menurut aturan tertentu serta bagaimana menjadikannya sebuah pakaian yang siap dikenakan. Meskipun banyak perancang fashion terkenal yang tidak mengerjakan proses menjahit sendiri melainkan memperkerjakan karyawan, namun skill ini tetap wajib dikuasai.

4. Berpikir Kritis dan Jeli

Sebuah pakaian jadi bisa saja terlihat biasa di mata orang pada umumnya. Akan tetapi seorang perancang fashion bisa tahu sisi lain dari pakaian tersebut. Inilah yang dinamakan kemampuan berpikir kritis dan jeli. Kemampuan berpikir demikian sangat dibutuhkan jika ingin berkarir di bidang fashion sebagai perancang. Karena dengan cara berpikir yang demikian, seorang perancang fashion akan mampu menghasilkan karya yang indah. Karya tersebut tidak hanya bisa dikenakan, tapi juga bisa dikagumi.

Baca Juga: 5 Tren Fashion di Hari Raya Lebaran 2021

5. Mampu Bekerja dengan Tim

Pada awal karir, tidak sedikit fashion designer yang bekerja seorang diri. Semua prosesnya dikerjakan sendiri mulai dari menemukan ide, membuat sketsa bahkan sampai proses produksi. Namun jika ingin berkembang, seorang perancang busana harus bisa bekerjasama dengan orang lain. Pasalnya kolaborasi sangat penting untuk dilakukan demi menghasilkan sebuah karya fashion yang menakjubkan. Kerjasama bisa saja melibatkan perancang busana yang lain, pekerja bahkan tim pemasaran. Orang-orang tersebut akan menjadi pendukung kesuksesan seorang perancang fashion.

6. Bisa Mengembangkan Bisnis

Menjadi perancang fashion tidak hanya soal bakat dan minat. Kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Maka dari itu, seorang perancang fashion tidak hanya cukup bisa memahami cara membuat baju tapi juga harus tahu bagaimana cara menjualnya. Sekarang sudah ada platform media sosial yang banyak dimanfaatkan para perancang fashion untuk memperkenalkan produk mereka.

7. Tahu Cara Melayani dengan Baik

Kemampuan wajib seorang perancang fashion yang satu ini memang tidak berkaitan dengan teknis. Akan tetapi, kemampuan melayani dengan baik wajib dimiliki semua perancang busana. Hal ini penting untuk diperhatikan karena perancang busana akan selalu berhubungan dengan pelanggan yang memanfaatkan jasanya. Untuk mendapatkan kepuasan dari pelanggan, perancang fashion perlu memiliki sikap yang menyenangkan dan mengerti keinginan pelanggan.

Tujuh skill di atas akan menjadi bekal penting untuk menapaki karir sebagai fashion designer. Memang tidak akan mudah meraih kesuksesan dari bidang tersebut karena ada banyak proses yang harus dilalui. Namun dengan kerja keras dan tekad yang kuat, siapa saja bisa menjadi perancang fashion sukses di negeri sendiri dan bahkan dikenal hingga luar negeri.



Related posts

Tampil Mempesona Pakai Jaket Keren Anak Muda Untuk Pria dan Wanita Ini!

Marsyaviani Darestuti

6 Perancang Busana Pria Indonesia yang Tersohor

Risma Mualifa

Intip Tips OOTD untuk Pergi ke Konser Idola Biar Makin Kece!

Rumi