Gaya Remaja

Mengenal Lebih Jauh Tentang Farmasi

Farmasi merupakan cabang ilmu yang mempelajari berbagai aspek mengenai obat. Kata “farmasi” sendiri diambil dari serapan bahasa Inggris, yakni “pharmacy”. Kata ini mengakar dari kata “pharmacon” yang merupakan sebutan dari bangsa Yunani Kuno untuk “obat”.

Bidang Ilmu yang Terkait dengan Farmasi

Ilmu farmasi tidak hanya berfokus pada satu bidang saja, tetapi merupakan terapan dari setidaknya tiga bidang ilmu utama, yaitu:

  1. Kedokteran: Berperan dalam memahami cara kerja obat dalam tubuh manusia, interaksi obat, serta efek samping yang mungkin timbul.
  2. Kimia: Memegang peran penting dalam proses pembuatan dan pengujian senyawa obat untuk memastikan kualitas dan keamanan.
  3. Biologi: Membantu dalam memahami mekanisme kerja obat pada tingkat seluler dan molekuler.

Selain itu, ilmu farmasi juga meliputi bidang ilmu sosial seperti Manajemen Farmasi dan Farmakoekonomi, yang mengkaji aspek ekonomi dan manajerial dalam pelayanan kefarmasian.

Pekerjaan Kefarmasian Menurut Peraturan Pemerintah

Regulasi Pekerjaan Kefarmasian

Menurut Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian, pekerjaan kefarmasian meliputi:

  • Pembuatan dan pengendalian mutu sediaan farmasi
  • Pengamanan, pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian obat, bahan obat, dan obat tradisional

Tenaga Kefarmasian yang Berwenang

Pekerjaan kefarmasian hanya dapat dilakukan oleh tenaga kefarmasian yang terdiri dari:

  1. Apoteker (apt.)
  2. Tenaga Teknis Kefarmasian, yang meliputi:
    • Sarjana farmasi (S.Farm.)
    • Ahli madya farmasi (A.Md.Farm)
    • Analisis farmasi
    • Tenaga menengah farmasi/asisten apoteker

Mengenal PAFI Kabupaten Kapuas

Apa Itu PAFI?

PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) merupakan organisasi yang menaungi para tenaga kefarmasian di Indonesia. Salah satu cabangnya adalah PAFI KABUPATEN KAPUAS yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. PAFI Kabupaten Kapuas beralamat di Jl. Cilik Riwut, Kabupaten Kapuas.

Peran dan Fungsi PAFI Kabupaten Kapuas

PAFI Kabupaten Kapuas memiliki peran penting dalam meningkatkan dan memaksimalkan fungsi serta kinerja para ahli farmasi yang ada di wilayah tersebut. Dengan demikian, mereka dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

PAFI Kabupaten Kapuas juga berupaya mewujudkan visi Indonesia Sehat 2024 dengan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat.

Keanggotaan PAFI Kabupaten Kapuas

Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung menjadi anggota PAFI Kabupaten Kapuas, terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Pelatihan dan Pengembangan: Anggota PAFI mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan.
  • Jaringan Profesional: Bergabung dengan PAFI memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan profesional dengan para ahli farmasi lainnya.
  • Akses Informasi Terbaru: Anggota PAFI mendapatkan akses informasi terbaru mengenai dunia farmasi, baik itu regulasi, teknologi, maupun penelitian terbaru.

Agenda dan Kegiatan PAFI Kabupaten Kapuas

PAFI Kabupaten Kapuas secara rutin mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme anggota. Beberapa kegiatan yang sering diadakan meliputi:

  • Seminar dan Workshop: Acara ini biasanya menghadirkan para ahli di bidang farmasi untuk berbagi ilmu dan pengalaman.
  • Pelatihan Praktis: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan praktis anggota dalam berbagai aspek kefarmasian.
  • Kegiatan Sosial: PAFI Kabupaten Kapuas juga aktif dalam kegiatan sosial seperti penyuluhan kesehatan dan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Cara Bergabung dengan PAFI Kabupaten Kapuas

Untuk bergabung dengan PAFI Kabupaten Kapuas, Anda dapat mengunjungi website resmi mereka di https://pafikabkapuas.org/. Di website tersebut, Anda dapat menemukan informasi lengkap mengenai proses pendaftaran, agenda kegiatan terbaru, dan berbagai informasi kesehatan yang bermanfaat.

Kesimpulan

Ilmu farmasi merupakan bidang yang kompleks dan menyeluruh, mencakup aspek kedokteran, kimia, dan biologi, serta manajemen dan ekonomi. Regulasi pemerintah memastikan bahwa pekerjaan kefarmasian dilakukan oleh tenaga profesional yang kompeten.

PAFI Kabupaten Kapuas adalah salah satu organisasi yang berperan penting dalam mendukung tenaga kefarmasian di wilayahnya. Dengan bergabung menjadi anggota PAFI Kabupaten Kapuas, Anda dapat berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat sekaligus mengembangkan kompetensi diri.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, kunjungi website resmi PAFI Kabupaten Kapuas di https://pafikabkapuas.org/ dan jadilah bagian dari komunitas profesional yang berkomitmen untuk kesehatan masyarakat.



Emkay Frizz Happy Sour

Related posts

Berkencan di Kampus atau Sekolah

Miyaz

Mengenal Vitamin C 1000 dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Miyaz

Menavigasi Kebimbangan dan Konflik Emosional dalam Hubungan Jarak Jauh

Miyaz