Image default

Pengertian Mental Health dan Rahasia Menjaga Kesehatan Mental

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Pengertian mental health wajib dipahami oleh siapa saja untuk memiliki kehidupan yang nyaman dan menyenangkan. Kesehatan mental termasuk bagian kesehatan selain kesehatan fisik. Seseorang dikatakan memiliki mental yang sehat ketika ia merasa sejahtera secara emosional, psikologis, dan sosial. Oleh sebab itu, kesehatan mental wajib diperhatikan dengan baik. Jika kesehatan mental terganggu, maka kualitas hidup juga akan menurun.

Mengapa Perlu Menjaga Kesehatan Mental?

Mental health sangat mempengaruhi kehidupan seseorang terhadap cara berpikir, membuat keputusan, melakukan sesuatu, berinteraksi dengan orang lain, dan menangani stress. Oleh sebab itu, kesehatan mental sangat penting untuk dijaga mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia.

Lebih Produktif

Seseorang dengan mental yang sehat akan lebih produktif dan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Hal ini juga akan membuat mereka mampu berpikir positif ketika menghadapi berbagai masalah sehingga dapat menyikapi masalah dengan bijak.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Tentang Mental Health

Memiliki Kehidupan Sosial yang Baik

Seseorang yang memiliki mental sehat mampu menjalin relasi yang baik dengan orang lain. Mereka mudah berinteraksi, berkomunikasi, dan memiliki hubungan pertemanan yang baik. Mereka biasanya mampu memberikan kontribusi untuk komunitas maupun orang-orang yang ada di sekitarnya.

Memiliki Fisik yang Lebih Sehat

Seseorang yang memiliki mental sehat ternyata memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit kronis seperti diabetes melitus, stroke, dan penyakit jantung.

Faktor yang Mempengaruhi Mental Health

Faktor Mempengaruhi Mental Health
Source: RSUD Mangusada

Ada beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang di antaranya adalah:

  • Trauma masa lalu
  • Faktor keturunan
  • Pelecehan fisik/pelecehan seksual
  • Cedera otak
  • Gaya hidup tidak sehat

Jenis Penyakit Mental

Secara umum penyakit mental dikelompokkan menjadi 2 jenis menurut gejalanya yakni penyakit mental psikotik atau psikosis dan nonpsikotik.

Psikosis

Ini adalah kondisi mental di mana penderitanya mengalami kesulitan membedakan antara fantasi dengan realita. Seseorang dengan kondisi ini sering mengalami halusinasi misalnya mendengar atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak nyata. Penderita penyakit mental ini biasanya juga mempercayai hal yang tidak benar atau mengalami delusi. Beberapa contoh penyakit mental yang termasuk psikosis adalah depresi berat, gangguan bipolar, gangguan waham, dan skizofrenia.

NonPsikotik

Untuk jenis penyakit mental yang kedua, penderita penyakit ini biasanya mengalami gangguan perasaan atau pola pikirnya tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Biasanya penyakit ini berhubungan dengan trauma atau stress. Beberapa contoh penyakit mental nonpsikotik adalah depresi, fobia, gangguan kecemasan, antisosial, serangan panik, dan OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga Mental Health
Source: Openaccessgoverment.org

Menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar dan dapat memiliki kehidupan sosial yang baik. Berikut adalah panduan umum yang dapat diterapkan agar kesehatan mental tetap terjaga.

Menghargai Diri Sendiri

Yang dimaksud menghargai diri di sini bukan berarti seseorang harus menjadi narsis atau sombong, melainkan bersyukur atas diri sendiri dan tidak membandingkan dengan orang orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Mental Health, Sederhana dan Ampuh!

Selalu Berpikir Positif

Ketika menghadapi masalah, janganlah berpikir itu adalah hukuman dan putus asa. Tetapi anggaplah masalah sebagai tantangan untuk meningkatkan kualitas dan potensi diri.

Mencari Cara yang Sesuai Untuk Mengelola Stress

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengelola stress seperti berjalan-jalan, menulis, mencari teman ngobrol, melakukan hobi, dan lain-lain. Dengan adanya kegiatan untuk menyalurkan stress, hal ini akan memberikan dampak yang positif dibandingkan hanya sekedar diam memikirkannya yang justru dapat membuat stress semakin parah.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang sehat juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan sehat, dan istirahat cukup.

Belajar Hal Baru

Jika sudah menemukan potensi atau bakat, maka kembangkan potensi yang sudah dimiliki. Atau Anda juga bisa mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan.

Memiliki Hubungan Sosial yang Baik

Memiliki teman atau sahabat untuk berbagi kisah, sekedar mengobrol, atau berpetualang bersama akan memberikan energi positif sehingga Anda tidak akan merasa sendiri. Orang-orang terdekat ini pula yang akan memberikan dukungan dan kekuatan yang mungkin tidak didapatkan jika hanya seorang diri.

Demikian pengertian mental health, pentingnya menjaga kesehatan mental, hingga tips untuk menjaga kesehatan mental. Cobalah beberapa cara di atas untuk menjaga kesehatan mental sehingga selalu dalam kondisi yang prima.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

Manfaat dan Cara Bersyukur Kepada Allah Atas Nikmat Dari-Nya

Punya Sisi Unik Dari Saudara Lainnya, Cek Fakta Anak Kedua Berikut Ini!

Rostina Alimuddin

Pengertian Insecure dan Ciri-Cirinya

Rostina Alimuddin
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022