Gaya Remaja

Cara Mengurangi Rambut Rontok Paling Ampuh Untuk Semua Usia

Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering terjadi, khususnya oleh wanita. Kondisi ini jika dibiarkan, maka akan menyebabkan rambut semakin tipis. Bahkan, jika berlangsung terus menerus akan mengakibatkan kebotakan. Untuk itu, cara mengurangi rambut rontok perlu dilakukan jika kerontokan yang terjadi sudah dirasa tidak wajar atau terlalu banyak.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

– Terapi radiasi atau kemoterapi pada penderita kanker

– Perubahan hormonal seperti menopause atau masalah tiroid

– Stress

– Terlalu kencang saat mengikat rambut

– Konsumsi jenis obat tertentu

Cara Mengurangi Rambut Rontok Alami

Untuk mengurangi rambut rontok, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara tersebut lebih fokus pada perubahan gaya hidup atau pola makan sehingga tergolong alami dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan bagi tubuh. Berikut ini adalah penjelasannya:


Mengonsumsi Protein Lebih Banyak

Berdasarkan penelitian, orang-orang yang mengalami masalah kerontokan rambut memiliki asupan protein yang rendah.  Jadi Anda dapat memperbanyak asupann konsumsi protein baik protein hewani maupun nabati seperti daging, tahu, tempe, telur, dan makanan sumber protein lainnya.

Baca Juga: Perawatan Rambut ala Salon di Rumah? Bisa, Begini Caranya

Diet Mediterania

Menggunakan Pola Diet Mediterania
Source: Detik.com

Diet Mediterania adalah pola makan yang melibatkan banyak sayuran mentah dan bahan rempah segar. Berdasarkan penelitian, diet ini dapat mengurangi resiko kebotakan pada pria dan wanita. Beberapa bahan yang direkomendasikan untuk diet mediterania ini adalah peterseli, kemangi, dan salad hijau yang dikonsumsi selama 3 hari dalam seminggu.

Konsumsi Saw Palmeto

Cara Mengurangi rambut rontok dengan Saw Palmeto
Source: Healthline.com

Ini adalah makanan yang berasal dari buah pohon pinus kecil di Amerika. Saw Palmeto dikenal dapat membantu menjaga kadar hormon testosteron pria tetap stabil. Selain itu, orang yang menggunakan saw palmeto juga mengalami pertumbuhan rambut.

Ginseng

Ginseng adalah bahan herbal dengan sejuta manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Ginseng mengandung fitokimia yang dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut.

Memijat Kulit Kepala

Memijat Kulit Kepala untuk mengurangi rambut Rontok

Lakukan pemijatan di kulit kepala setiap hari selama 4 menit. Proses ini akan menstimulasi pertumbuhan rambut karena melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Namun pastikan untuk memijatnya dengan lembut.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa untuk Mengurangi Rambut Rontok

Minyak kelapa juga diketahui sebagai bahan alami yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut, khususnya yang disebabkan oleh styling atau akibat sinar UV. Kandungan dalam Minyak kelapa seperti asam laurat berperan mengikat protein di rambut dan menjaga akar rambut tetap kuat. Anda dapat menggunakan minyak kelapa saat memijat kulit kepala.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Memperhatikan Pemilihan Gaya Rambut

Perhatikan Gaya Rambut untuk menghindari rambut rontok

Gaya rambut yang salah ternyata juga dapat menyebabkan kerontokan rambut misalnya kuncir kuda atau kepang yang terlalu ketat karena bagian akar rambut tertarik.  Catok dan alat pengeriting juga dapat merusak batang rambut. Untuk itu, usahakan untuk menghindari styling dengan gaya rambut dan alat-alat tersebut.


Baca Juga: 6 Rekomendasi Catokan Rambut Bikin Makin Stylish

Olive Oil

Olive Oil

Jika Anda tidak suka dengan minyak kelapa atau sulit mendapatkan minyak kelapa, Anda juga dapat menggunakan olive oil atau minyak zaitun. Minyak tersebut mengandung asam oleat yang menghambat produksi hormon DHT (Dihidrotestosteron) yang menyebabkan rambut rontok. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi rambut dari efek radikal bebas.

Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Konsumsi Multivitamin

Vitamin dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Pasalnya kekurangan vitamin dapat menjadi penyebab rambut rontok. Vitamin dan mineral yang efektif untuk membantu mengurangi rambut rontok adalah vitamin A,B,C,D,E, zinc, zat besi, dan selenium. Tetapi untuk konsumsi multivitamin tersebut, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Formula Sampo yang Ringan

Mencuci rambut secara rutin akan mencegah rambut rontok dan menjaga kulit kepala tetap bersih. Pilihlah sampo yang ringan. Pemilihan sampo yang salah akan membuat rambut mudah patah dan rontok.

Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Obat

Saat ini sudah ada obat yang tersedia di pasaran untuk mengatasi rambut rontok yaitu minoksidil. Obat tersebut bekerja untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain minoksidil, obat lainnya untuk mengatasi rambut rontok adalah finasteride.

Demikian beberapa cara mengurangi rambut rontok mulai dari mengubah pola makan, kebiasaan, hingga obat-obatan. Anda dapat mencoba salah satu atau beberapa cara di atas untuk menemukan hasil yang paling efektif mengurangi kerontokan rambut.



Related posts

Dampak Globalisasi yang Tidak Baik bagi Anak Muda adalah Sebagai Berikut

Risma Mualifa

12 Jenis Usaha Kuliner Anak Muda Paling Laku!

Rostina Alimuddin

Mimpi Bertemu Teman Lama? Ternyata Ini Artinya

Marsyaviani Darestuti