Image default
Beauty

Perawatan Rambut ala Salon di Rumah? Bisa, Begini Caranya

Rambut tidak hanya sekadar bagian dari tubuh yang menjadi pelindung kulit kepala. Rambut juga disebut sebagai mahkota sebab memengaruhi penampilan. Terutama bagi perempuan, rambut menjadi bagian penting yang harus dirawat dan dipastikan kesehatan serta keindahannya. Dengan memiliki rambut yang sehat, cantik dan mudah diatur, perempuan akan lebih percaya diri.

Merawat rambut bisa dilakukan dengan banyak cara. Kebanyakan perempuan akan rela membayar jasa salon dan menghabiskan waktu di tempat itu untuk mendapatkan rambut indah idaman. Sayangnya, pergi ke salon mungkin jadi aktivitas yang perlu dikurangi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Satu-satunya solusi agar rambut tetap indah tanpa harus pergi ke salon adalah melakukan perawatan sendiri di rumah. Dengan mengetahui cara merawat rambut yang tepat dari rumah, hasilnya akan tetap sebagus perawatan di salon. Simak cara-caranya berikut ini.

1. Berikan Nutrisi Sebelum Keramas

Selama ini kebanyakan orang akan langsung mencuci rambutnya atau keramas dengan shampo. Padahal memberikan nutrisi sebelum keramas menjadi langkah penting untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Nutrisi rambut bisa didapat dari minyak alami, seperti minyak kelapa murni atau minyak zaitun. Oleskan 1-2 sendok makan minyak alami pada seluruh rambut secara merata. Pijat kepala dengan lembut agar kandungan minyak alami meresap ke kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 2 jam sebelum keramas.

2. Lakukan Spa Rambut Sederhana

Dalam rangkaian perawatan rambut di salon selalu ada tahap spa. Kamu pun bisa melakukan tahap ini sendiri di rumah meskipun tanpa alat khusus. Cukup dengan menggunakan handuk yang dibasahi air hangat, manfaat yang didapat sama dengan spa di salon. Pakai handuk hangat tersebut untuk menutup seluruh bagian rambut yang telah diolesi minyak alami. Selain agar lebih rileks, suhu hangat dari handuk akan membuka pori-pori kulit kepala sehingga nutrisi bisa terserap maksimal.

3. Bilas Dulu dengan Air Hangat

Setelah mendiamkan handuk hangat menutup rambut selama beberapa menit, lakukan pembilasan untuk pertama kalinya. Jangan gunakan air dingin secara langsung, melainkan pakai air hangat. Suhu air hangat akan membantu meluruhkan sisa minyak alami dari rambut. Di samping itu, kutikula rambut juga akan terbuka saat dibilas dengan air hangat. Nantinya nutrisi dan kandungan dari shampo akan bekerja lebih baik.

4. Aplikasikan Shampo yang Tepat

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa keberhasilan proses perawatan rambut ala salon di rumah sangat tergantung dari pemilihan jenis shampo. Setiap shampo memiliki manfaat yang berbeda untuk setiap permasalahan kulit. Jadi sebelum membeli shampo, pastikan dulu mengetahui komposisi dan kandungannya dan sesuaikan dengan kebutuhan rambut. Gunakan shampo secara merata sambil pijat kepala dengan lembut.

5. Lanjutkan dengan Memakai Conditioner

Manfaat dari shampo akan terasa lebih maksimal dengan disertai pemakaian conditioner. Setelah shampo dibilas dengan air dingin dan dipastikan tidak ada sisanya yang tertinggal di kulit kepala, segera aplikasikan conditioner. Biasanya produk conditioner memiliki manfaat untuk melembutkan rambut serta memaksimalkan nutrisinya. Saat memakai conditioner, diamkan kurang lebih 1-2 menit sebelum dibilas kembali dengan air dingin.

6. Aplikasikan Produk Perawatan Tambahan

Jika kamu merasa bahwa merawat rambut hanya perlu shampo dan conditioner, maka kamu salah. Untuk mendapatkan rambut yang indah dan terawat perlu pemakaian produk tambahan setelah proses pencucian rambut. Produk pertama yang wajib dipakai setelah keramas adalah hair tonic. Secara umum, hair tonic membuat akar rambut lebih kuat sehingga tidak mudah rontok. Karena itulah, pemakaian hair tonic harus langsung ke akar rambut dan kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan.

Setelah memakai hair tonic, lanjutkan dengan memakai serum rambut. Jika hair tonic memberikan manfaat pada pangkal rambut, maka serum berguna untuk memelihara batang rambut hingga ujungnya. Serum rambut juga membantu mengurangi efek kering pada ujung rambut yang biasanya membuatnya bercabang. Pastikan rambut dalam keadaan kering saat mengaplikasikan serum rambut.

7. Tata Rambut sesuai Gaya yang Diinginkan

Sesudah menyelesaikan keenam langkah di atas, maka langkah terakhir perawatan rambut ala salon di rumah adalah menatanya. Gunakan alat yang sesuai kebutuhan, seperti sisir blow untuk memberikan efek mengembang pada rambut. Untuk perempuan berhijab, gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut dan membuatnya terlihat segar.

Itulah tujuh langkah mudah merawat rambut di rumah dengan hasil yang tidak kalah dari treatment di salon. Pastikan melakukan setiap tahap dengan benar dan memilih produk yang berkualitas. Mendapatkan rambut indah tanpa harus ke salon, ternyata mudah bukan?

Related posts

10 Alat Makeup yang Penting Dimiliki Pemula, Biar Semangat Belajar Dandan

Risma Mualifa

Essence Untuk Remaja yang Tidak Bikin Kantong Bolong!

Rostina Alimuddin

Begini Urutan Make Up yang Benar dan Anti Gagal Flawless

Rostina Alimuddin