Image default

Sudah Tau Beda Kosmetik dan Skincare? Ini Penjelasannya!

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Kosmetik dan skincare adalah dua istilah yang sangat dekat dengan wanita, meskipun tidak menutup kemungkinan juga dapat digunakan siapa saja. Keduanya pun dikenal sebagai produk-produk yang bisa membantu seseorang meningkatkan penampilan mereka. Namun apa beda kosmetik dan skincare? Ataukah keduanya sebenarnya adalah hal yang sama? Penasaran jawabannya?

Beda Kosmetik dan Skincare

Mengenal Beda Kosmetik dan Skincare

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa skincare adalah bagian dari kosmetik. Sebenarnya ini tidak sepenuhnya salah. Namun bisa dikatakan bahwa skincare dan kosmetik ini berbeda. Sebagaimana disebutkan dalam laman Verywell Health, bahwa kosmetik dan skincare adalah dua hal yang berbeda.

[penci_ads id=”penci_ads_21″

Istilah kosmetik diartikan sebagai produk-produk kecantikan yang digunakan secara eksternal serta memiliki hasil langsung, yang sifatnya sementara. Dengan kata lain, produk kosmetik adalah segala produk kecantikan yang hanya bekerja di lapisan luar kulitmu saja, untuk tujuan mempercantik penampilan.

Produk kosmetik ini tidak selalu diciptakan dengan bahan-bahan organik, dan juga tidak selalu punya proporsi bahan kimia yang tinggi. Umumnya, kosmetik pun dibuat untuk semua jenis kulit, dan banyak dijual di pasaran.

Baca Juga: Beda Moisturizing dan Hydrating Pada Skincare

Dari definisi kosmetik yang sudah disebutkan, kita bisa menyimpulkan bahwa produk makeup termasuk dalam kosmetik, karena penggunaannya hanya dipakai di lapisan luar kulit, dengan tujuan mempercantik penampilan si pemakainya.

[penci_ads id=”penci_ads_22″

Sedangkan skincare adalah produk-produk perawatan kulit yang punya kandungan bahan aktif yang dapat memberi perubahan tertentu pada kulit. Singkatnya, skincare ini bukan hanya memberi perubahan kulit jadi lebih baik bukan hanya untuk sementara.

Istilah skincare sendiri pun banyak juga yang menyebutkan merupakan bagian dari kosmetik. Namun skincare ini lebih dari sekedar kosmetik. Karena skincare diciptakan untuk bisa mengubah struktur dan tampilan fisik serta cara kerja kulit. Dan hasil yang didapat pun tidak seinstan kosmetik, karena diperlukan waktu untuk melihat perubahan yang terjadi.

Kosmetik dan Skincare, Mana yang Lebih Penting?

Ini dia Beda Kosmetik dan Skincare

Sebenarnya menentukan mana yang lebih penting antara kosmetik atau skincare, bisa dibilang tergantung dengan kebutuhanmu. Terlebih, keduanya pun adalah hal yang berbeda. Di mana kamu bisa menggunakan keduanya ataupun hanya salah satunya.

[penci_ads id=”penci_ads_23″

Skincare sendiri bisa kamu gunakan untuk tujuan merawat kesehatan kulitmu. Misalnya, skincare anti-aging punya fungsi untuk memperlambat proses atau tanda-tanda penuaan, atau brightening skincare punya fungsi untuk membuat kulitmu jadi lebih cerah. Penggunaan skincare dapat disesuaikan dengan permasalahan kulit ataupun fungsi dan manfaat yang ingin kamu dapatkan. Untuk waktu menggunakan skincare pun bisa kamu lakukan setiap hari, pagi dan malam hari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Produk-produk skincare sendiri beragam, mulai dari face wash, toner, pelembab atau moisturizer, serum, sunscreen, scrub, eye cream, masker, lip balm dan juga day atau night cream.

Sekali lagi, yang perlu diingat adalah, hasil yang akan kamu dapatkan dari pemakaian skincare ini tidaklah instan. Akan butuh waktu yang mungkin tidak sebentar untuk merasakan hasilnya. Karena inilah, skincare sering disebut sebagai investasi untuk kulit sehat dan terawat.

[penci_ads id=”penci_ads_25″

Baca Juga: 7 Manfaat Skincare, Membuatmu Tak Ingin Melewatkannya!

Nah, sedangkan kosmetik, bisa dibilang juga merupakan produk penting untuk meningkatkan penampilanmu. Apalagi hasil yang didapat kosmetik bisa dirasakan dan dilihat secara langsung atau instan. Misalnya ketika kamu memakai foundation, kamu akan mendapati warna kulitmu jadi lebih merata atau bahkan lebih cerah (bila menggunakan warna foundation yang lebih terang dari warna kulit aslimu), dan sebagainya.

Tujuan penggunaan kosmetik sendiri, dalam hal ini adalah makeup, yaitu untuk menutupi kekurangan yang kita miliki, misalnya seperti warna kulit yang tidak merata. Produk-produk kosmetik pun sama beragamnya, mulai dari foundation, primer, lipstick, cushion, concealer, eyeliner, maskara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa hal terkait penjelasan beda kosmetik dan skincare, yang mungkin masih banyak orang yang keliru. Kesimpulannya adalah, kedua produk ini, baik kosmetik ataupun skincare, digunakan dengan tujuan untuk membuat penampilanmu jadi lebih baik dan lebih terawat. Untuk memilih kosmetik ataupun skincare pun harus dilakukan dengan bijak dan tidak sembarangan, agar hasil yang didapat pun bisa sesuai keinginanmu.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

7 Manfaat Skincare, Membuatmu Tak Ingin Melewatkannya!

Hal Wajib Diperhatikan dan Urutan Memakai Tone Up Cream yang Benar

Ayu Lusiani

Jangan Asal Beli, Begini Cara Memilih Skincare yang Tepat

Rostina Alimuddin
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022