Image default
Beauty

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya yang Patut Kamu Waspadai!

Kosmetik saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan dasar oleh banyak perempuan. Karena selalu dicari oleh para kaum hawa, berbagai brand kosmetik pun berlomba-lomba menghadirkan produk terbaik mereka. Sayangnya, banyak kaum hawa yang juga tidak menyadari ciri-ciri kosmetik berbahaya di sekitar mereka.

Semakin maraknya kosmetik palsu yang beredar di pasaran saat ini juga didasari dari ketidaktahuan para konsumen terhadap produk tersebut. Harga yang murah serta hasil yang sangat instant membuat banyak konsumen tertarik membelinya.

Baca Juga: Agar Make Up Pengantin Awet dan Sempurna, Inilah 13 Tahapan yang Perlu Dilakukan

Nah, agar kamu tidak tertipu dengan kehadiran kosmetik berbahaya di pasaran, ada baiknya untuk memperhatikan ciri-ciri kosmetik berbahaya berikut ini.

1. Terjadi Perubahan Warna Kulit Secara Instan

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya bisa merubah warna kulit dalam waktu cepat

Jika kamu memiliki skincare atau kosmetik yang merubah warna kulit hanya dalam hitungan satu mingguan atau bahkan hari maka kamu patut waspada. Pada dasarnya, perubahan kulit wajah saat menggunakan krim wajah membutuhkan proses yang tidak instant. Skincare yang telah teruji klinis umumnya akan memberikan efek mencerahkan sekitar satu hingga tiga bulan lamanya. Sebaliknya, skincare atau kosmetik yang memberikan efek memutihkan hanya dalam waktu singkat justru patut kamu waspadai.

Banyak perempuan di luar sana yang nekat membeli kosmetik berbahaya karena embel-embel memutihkan secara instant ini. Meskipun memberikan efek memutihkan dalam waktu yang sangat singkat akan tetapi kosmetik palsu ini bisa membahayakan kesehatan kulit kamu dalam waktu jangka panjang.

2. Munculnya Iritasi

Ciri-ciri kosmetik berbahaya ketika digunakan juga memunculkan iritasi pada kulit wajah. Biasanya iritasi kulit ini ditandai dengan warna kemerahan pada kulit hingga munculnnya rasa panas seperti terbakar di kulit wajah. Jika kamu telah merasakan reaksi seperti ini maka segeralah menghentikan pemakaian skincare atau kosmetik tersebut. Jangan sampai kosmetik tersebut tambah merusak lapisan kulit wajah kamu.

3. Memiliki Warna yang Sangat Mencolok

Warna yang Mencolok

Beberapa jenis kosmetik atau skincare memang memiliki warna yang sangat mencolok akan tetapi jika skincare yang dimaksudkan tersebut tidak memiliki resep resmi dari dokter dan label BPOM maka kamu wajib mewaspadainya. Perlu kamu ketahui bahwa beragam jenis kosmetik berbahaya saat ini menggunakan bahan pewarna tekstil seperti warna putih dan warna putih mengilap. Tentu bahan-bahan kimia ini sangat berbahaya untuk kulit wajah kamu.

Oleh sebab itu, jika kamu menjumpai jenis kosmetik seperti ini di pasaran maka lebih baik untuk tidak membelinya. Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah serta hasil yang instant. Akan lebih baik menggunakan kosmetik yang mahal sekalipun tapi tidak akan membahayakan kesehatan kulit wajah kamu.

4. Tidak Memiliki Izin Edar Dari BPOM

Saat ingin membeli kosmetik ataupun skincare baik itu secara online ataupun offline maka ada baiknya untuk memeriksa nomor BPOM pada produk tersebut. BPOM  RI atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia sendiri merupakan lembaga utama yang bertugas untuk melakukan pengujian serta memberikan izin kepada setiap produk untuk beredar di pasaran. Jadi, saat menemukan produk tanpa label resmi dari BPOM maka sudah dapat dipastikan jika produk kosmetik atau skincare tersebut adalah produk palsu dan berbahaya.

Untuk melihat nomor BPOM ini sendiri bisa kamu lihat di bagian belakang atau di bawah kemasan produk kosmetik. jika kamu tidak menemukan urutan nomor yang terdiri atas 2 huruf dan 11 angka maka kamu patut mencurigai keaslian kosmetik tersebut.

Baca Juga: Begini Urutan Make Up yang Benar dan Anti Gagal Flawless

5. Memiliki Tekstur yang Sangat Lengket

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya tekstur sangat lengket

Ciri khas utama dari krim berbahaya ialah dari dari teksturnya yang sangat lengket seperti lem. Pada umumnya, beberapa jenis krim wajah memang cukup kental akan tetapi jika krim yang kamu gunakan sangat terasa lengket dan sangat berat di wajah maka kamu patut memeriksa keasliannya.

Kosmetik berbahaya juga menimbulkan efek yang sulit meresap ke dalam kulit. Hal ini berbeda dengan jenis krim wajah yang telah teruji klinis yang pada umumnya akan langsung meresap masuk ke dalam kulit. Oleh sebab itu, kamu patut lebih waspada dalam memilih berbagai jenis skincare dan kosmetik yang beredar di pasaran saat ini.

Baca Juga: Inilah 11 Daftar Make Up yang Harus Dimiliki Wanita. Sudah Punya Semuanya?

Nah, demikianlah informasi tentang ciri-ciri kosmetik berbahaya pada artikel kali ini. Semoga informasi yang kami berikan bisa menjadi referensi yang akurat untuk kamu yang membutuhkannya.

Related posts

12 Tren Model Rambut Wanita 2021, Cantik dan Fresh!

6 Rekomendasi Catokan Rambut Bikin Makin Stylish

Rostina Alimuddin

Essence Untuk Remaja yang Tidak Bikin Kantong Bolong!

Rostina Alimuddin

Leave a Comment