Image default

Wajib Coba! 5 Cara Menghasilkan Passive Income yang Menjanjikan

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Memiliki pekerjaan ataupun berwiraswasta membuat kita akan mendapatkan active income secara berkala. Active income sendiri diartikan sebagai penghasilan yang akan kita dapat, dengan membutuhkan waktu serta tenaga. Namun mengandalkan active income saja mungkin masih terasa kurang, dengan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Karena inilah, mulai banyak yang mencari cara menghasilkan passive income yang menjanjikan.

Lalu apa itu passive income? Passive income adalah penghasilan yang tidak Anda hasilkan secara langsung. Dengan artian yaitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan, sekalipun Anda tidak melakukan aktivitas tertentu secara berkelanjutan ataupun hanya minim melakukan suatu aktivitas. Banyak orang juga mengartikan passive income ini sebagai penghasilan sampingan.

Sebenarnya, di zaman dengan teknologi yang sudah berkembang pesat seperti sekarang ini, mencari serta menghasilkan passive income bukanlah perkara sulit.

Baca Juga: Yuk, Pahami Apa Itu Soft Skill serta Contoh dan Pentingnya

Cara Menghasilkan Passive Income

Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan Passive Income:

1. Investasi

Menghasilkan Passive Income dengan investasi

Kalau bicara soal passive income, pasti tidak akan jauh-jauh dari pembahasan tentang investasi. Investasi sendiri bisa dibilang jadi salah satu cara yang sangat effortless atau sangat minim aktivitas tertentu. Salah satunya adalah dengan investasi saham. Anda hanya perlu modal berupa smartphone serta dana untuk investasi. Karena sekarang ini, Anda sudah bisa mulai berinvestasi saham melalui aplikasi sekuritas. Nah, ketika Anda melakukan investasi saham ini, Anda bisa mendapatkan passive income lewat dividen.

Ada pula investasi berupa reksadana, di mana Anda bisa mendapatkan penghasilan dari keuntungan dana yang Anda investasikan, seperti halnya menabung di bank. Dalam jangka panjang, keuntungan yang bisa Anda dapat dari investasi saham dan reksadana ini bisa sangat menjanjikan, lho.

2. Ikut program afiliasi

Menghasilkan Passive Income dengan ikut program afiliasi

Beberapa orang mungkin masih asing dengan ide mendapatkan passive income satu ini. Namun, tidak sedikit juga orang yang mulai mengikuti program afiliasi ini, alasannya tentu saja karena dengan cara yang terbilang sederhana, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan.

Jadi, di program afiliasi ini Anda akan diharuskan untuk mempromosikan produk ataupun jasa. Kemudian, jika promosi Anda tersebut membuahkan adanya pembelian, maka Anda bisa mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Sekarang ini, promosi yang bisa dilakukan terbilang beragam, mulai dari promosi lewat akun sosial media, website dan juga email. Nah, Anda pun dapat memilih platform mana yang kira-kira akan ada banyak pembeli yang tertarik dengan promosi Anda.

Selain itu, cara ini pun mungkin juga Anda sering lihat ketika seorang selebgram atau artis mempromosikan sebuah produk atau jasa, kemudian mereka memberikan sebuah kode agar pembeli bisa mendapatkan potongan harga. Nah, nantinya, selebgram serta artis tadi akan mendapatkan komisi setiap kali kode tersebut dipakai oleh pembeli.

3. Sewa properti

Menghasilkan Passive Income dengan menyewakan properti

Bisa dibilang, ide mencari penghasilan sampingan atau tambahan satu ini sudah banyak sekali dilakukan sejak dulu. Jika Anda memiliki properti yang mungkin tidak ditempati, Anda dapat menyewakannya kepada orang lain, dan mendapatkan penghasilan tambahan atau passive income dari sana.

Untuk bisa membuatnya semakin menguntungkan, properti tersebut harus berada di lokasi yang mudah dijangkau, dekat dengan tempat-tempat penting seperti rumah sakit, kantor, dan sebagainya.

4. Bisnis indekos

Menghasilkan Passive Income dengan bisnis indekos

Hampir sama dengan sewa properti, bisnis indekos juga bisa jadi ide passive income yang terbilang menjanjikan. Dari biaya sewa tiap bulan dari para penyewa, akan memberikan Anda penghasilan tambahan tanpa perlu banyak melakukan aktivitas tertentu.

Kebanyakan, bisnis indekos yang banyak dicari orang adalah yang dekat dengan kampus ataupun perkantoran. Apalagi jika indekos dibuat dengan fasilitas yang lengkap serta kebersihan dan keamanan yang baik. Tentunya saja akan ada banyak orang yang berminat dengan indekos Anda.

Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

5. Monetisasi YouTube

Menghasilkan Passive Income dengan monetisasi YouTube

Rasanya pasti menyenangkan ketika bisa menjadikan apa yang kita sukai dapat memberikan kita penghasilan yang menjanjikan. Nah, untuk Anda yang suka merekam video-video seperti saat sedang berjalan-jalan, wisata kuliner, memasak, bermain game dan lain sebagainya, Anda bisa lho membagikannya ke platform YouTube.

Ketika channel YouTube Anda mendapat banyak penonton dan juga pengikut, maka channel Anda bisa Anda monetisasi untuk mendapatkan adsense. Dari adsense ini lah Anda bisa menghasilkan passive income, sekalipun video yang Anda ungguh sudah sangat lama sekali.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, ketika ingin menjadikan channel YouTube Anda memiliki banyak penonton dan pengikut serta membuatnya bisa dapat dimonetisasi, Anda harus memilih atau mengunggah konten yang menarik serta pastinya Anda harus konsisten dalam membuat video. Karena dibutuhkan keuletan untuk bisa mendapat penonton dan pengikut yang banyak, juga tentunya akan berpengaruh pada jumlah adsense yang akan Anda dapat.

Dari 5 cara untuk menghasilkan passive income di atas, kira-kira cara yang manakah yang tertarik untuk Anda coba? Tidak ada salahnya lho untuk mencoba salah satu ataupun seluruhnya, agar Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sesuatu yang ‘minim’ aktivitas. Menarik bukan?

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

Risma Mualifa

6 Prospek Kerja Akuntansi dengan Gaji Menggiurkan

Risma Mualifa

9 Situs Freelance di Indonesia untuk Berbagai Bidang Kemampuan

Risma Mualifa
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022