Gaya Remaja

Bolehkah Memakai Tone Up Cream Setiap Hari? Ketahui Jawabannya Di Sini!

Memakai Tone Up Cream Setiap Hari

Tone up cream adalah salah satu inovasi dalam produk kecantikan, yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan tampilan wajah yang cerah dan segar. Tone up cream sendiri pertama kali dikenalkan Korea Selatan, di mana fungsinya adalah sebagai krim wajah yang dapat meningkatkan tone alami kulitmu sehingga jadi lebih cerah. Nah, tapi bolehkah memakai tone up cream setiap hari?

Kandungan yang ada dalam tone up cream adalah kombinasi dari kosmetik dan juga skincare. Penggunaannya berfungsi untuk memberi efek cerah secara instan setelah kamu gunakan. Ini karena produk ini punya kemampuan memberikan coverage seperti halnya BB cream ataupun foundation. Biasanya, produk ini jadi solusi bagi mereka yang tidak ingin repot menggunakan banyak rangkaian makeup, namun tetap ingin mendapatkan tampilan yang segar, menutup kekurangan di wajah dan tentunya warna kulit yang terlihat lebih cerah.

Kandungan Dalam Tone Up Cream

ini dia jawaban bolehkah memakai tone up cream setiap hari

Efek cerah yang bisa didapat secara instan dari penggunaan tone up cream ini tentu karena kandungan di dalamnya yang punya kemampuan tersebut. Ada beberapa bahan yang biasanya digunakan dalam tone up cream, yang mampu memberi efek cerah instan tersebut, yaitu:

  • Cyanocobalamin; ini adalah turunan dari vitamin B12, yang fungsinya mencegah hiperpigmentasi dan juga mencegah kulit terlihat kusam serta pucat.
  • Calamine; bahan ini umumnya dipakai untuk meringankan gatal serta mencegah infeksi. Pigmen ini punya fungsi memberi rona pink alami ke kulit.
  • Iron oxide red (CI 77491); ini adalah pewarna yang umumnya dipakai dalam produk kosmetik.
  • Titanium dioxide; bahan ini bentuknya seperti bubuk putih halus yang umumnya dipakai dalam produk sunscreen. Bahan ini akan membuat kulit jadi lebih cerah.

Perlu diketahui bahwa sebaiknya kamu waspada dengan krim yang mampu memberikan efek meningkatkan warna kulit secara instan, namun menggunakan bahan kimia berbahaya, misalnya merkuri ataupun hidrokuinon.

Baca Juga: Hal Wajib Diperhatikan dan Urutan Memakai Tone Up Cream yang Benar

Bolehkah Memakai Tone Up Cream Setiap Hari?

Lalu, bolehkah memakai tone up cream setiap hari? Mungkin pertanyaan ini akan jadi pertanyaan banyak orang, ketika akan menggunakan tone up cream.

Jawabannya adalah, sebaiknya tone up cream tidak digunakan setiap hari. Kamu dapat menggunakannya di kondisi tertentu, seperti saat membutuhkan tampilan kulit yang cerah dan segar, namun terkendala waktu yang singkat untuk menggunakan makeup.

Ini karena untuk dapat memberikan efek mencerahkan wajah yang terbilang cepat, produk tone up cream butuh bahan-bahan kimia yang keras. Bahan-bahan ini, bila digunakan terus menerus tentu akan merusak pigmentasi kulit. Hal ini akan membuat kulitmu jadi kering ataupun berjerawat.

Cara Memilih Tone Up Cream yang Tepat

jawaban bolehkah memakai tone up cream setiap hari

Berikut ini adalah beberapa cara yang akan membantumu dalam memilih produk tone up cream yang tepat:

  1. Perhatikan kebutuhan kulit

Berbeda jenis kulit, maka kebutuhannya pun akan berbeda, yang mana ini juga akan berkaitan dengan pemilihan produk kosmetik ataupun skincare yang juga berbeda.

Bagi pemilik kulit kering, maka kamu dapat memilih produk tone up cream yang mampu menghidrasi, memberi kelembapan serta menjaga kelembapan kulit. Biasanya produk ini mengandung bahan niacinamide, glycerin, hyaluronic acid, serta ceramide. Dan umumnya mengandung mineral oil seperti jojoba oil, aloe, serta shea butter.

Untuk kamu yang punya kulit berminyak, umumnya produk tone up cream memberikan hasil matte finish yang tentu menguntungkan para pemilik kulit berminyak. Ini karena kandungan di dalamnya akan membantu menyerap minyak yang berlebih di kulit. Walaupun begitu, kamu harus memilih produk yang bebas kandungan mineral oil, agar tidak membuat wajah jadi terlihat mengilap. Selain itu, pastikan kamu memilih produk yang non-comedogenic yang tidak membuat menyumbatan para pori-pori.

Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari produk yang terdapat kandungan parfum di dalamnya, serta bebas pengawet. Juga pilih produk yang terdapat label hypoallergenic.

  1. Pilih produk yang punya kandungan kandungan UV protection

UV protection ini berguna untuk menghindarkan kulit dari dampak paparan sinar UVA dan UVB, yang mampu mengikis kelembapan alami dari kulit bahkan berpotensi menyebabkan kanker kulit.

Cara Menggunakan Tone Up Cream

Untuk menggunakannya, kamu bisa terlebih dulu menggunakan rangkaian skincare yang biasa kamu pakai, termasuk juga sunscreen. Setelah itu, barulah gunakan tone up cream. Kemudian diamkan selama 2 hingga 3 menit, agar lebih menyerap, kamu bisa lanjutkan dengan menggunakan riasan yang ingin kamu pakai. Di mana tone up cream ini bisa kamu jadikan sebagai base makeup.

Namun bila kamu tidak lagi melanjutkan dengan menggunakan makeup setelah tone up cream pun sebenarnya tidak masalah.

Baca Juga: Memilih Cushions Make Up Tepat Untuk Wajahmu

Setelah kamu menggunakan produk tone up cream, sebaiknya lakukan double cleansing setelah beraktivitas, agar sisa produk dan kotoran di wajah pun terangkat seluruhnya, sehingga kulit pun lebih bersih dan tidak mudah berjerawat.



Related posts

Inspirasi untuk Calon Pengantin, Inilah 6 Paket Seserahan Make Up Sederhana

Risma Mualifa

Bagaimana Ciri Skincare Kadaluarsa? Yuk, Simak Artikel ini!

Linda Arista

Begini 5 Urutan Basic Skincare Buat Remaja

Marsyaviani Darestuti