Gaya Remaja

Jangan Kelupaan! Ini 8 Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita

Perlengkapan Naik Gunung untuk Wanita
Source: Pexels.com

Apakah kamu berencana mendaki gunung untuk pertama kali? Jika iya, maka kamu perlu persiapan yang matang, mulai dari fisik hingga perlengkapan mendaki jangan sampai kelupaan. Itu karena hiking merupakan hobi atau olahraga yang cukup ekstrim, terutama bagi wanita. 

Lantas, apa saja perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang wajib dibawa? Berikut ini list barang-barang yang wajib kamu siapkan jika ingin pengalaman hiking pertamamu berjalan lancar dan berkesan. 

8 Perlengkapan Mendaki Gunung yang Wajib untuk Wanita 

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita
Sumber: Pexels

Buat para hikers wanita yang menjadikan olahraga mendaki gunung sebagai hobi, mungkin sudah hafal perlengkapan mana saja yang perlu dibawa. Namun, bagaimana jika kamu seorang pendaki wanita pemula? Jika kamu termasuk salah satunya, catat list berikut ini, ya!

1. Tas Carrier

Karena hiking mengharuskan kamu untuk berada di alam terbuka yang minim fasilitas, tentu saja barang yang dibawa lebih banyak daripada kamu pergi ke pantai atau tempat wisata lain. Maka dari itu, kamu tas carrier harus menjadi daftar perlengkapan mendaki untuk wanita yang wajib dan tak boleh ketinggalan.

Tidak seperti tas lain, tas carrier memang dirancang untuk membantu para pendaki menyimpan banyak barang dengan lebih efisien. Untuk wanita, kamu bisa memilih tas carrier yang berukuran 40L – 60L, tergantung tinggi badan kamu. 

Pastikan tas carrier yang kamu beli sudah ada rain cover atau cover bag untuk melindungi tas kamu dari air hujan.

Baca Juga: 8 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, Mulai dari Persiapan Hingga Pendakian

2. Sleeping Bag

Suhu di gunung biasanya lebih rendah daripada tempat lain. Jadi, jika selama pendakian mengharuskan kamu untuk menginap dan tidur di tenda, pastikan membawa sleeping bag, ya. Sleeping bag akan membantu tidurmu tetap hangat. Pilih sleeping bag berbahan polar dan bersuhu maksimum 5 derajat. 

3. Matras

Barang lain selain sleeping bag yang membantu agar tidurmu selama menginap di gunung tetap nyenyak adalah matras. Kamu pasti tahu bahwa tanah di gunung umumnya keras dan berbatu, jadi pasti tidak akan nyaman jika tidur tanpa alas. Nah, alas tidur inilah yang disebut matras. 

4. Jaket Gunung Wanita

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang wajib kamu bawa adalah jaket gunung khusus wanita. Berbeda dengan jaket lain, jaket gunung dirancang lebih tebal dan nyaman sehingga membantu melindungi tubuh kamu dari iklim gunung yang dingin. 

Terlebih lagi jika kamu berencana mendaki gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 1500 mdpl, tentu suhunya sangat rendah, yakni kisaran 18 – 20 derajat Celcius. Kamu bisa mengikatnya di pinggang jika mendaki di siang hari dan memakainya saat mendaki di malam hari.

5. Sepatu Gunung

Saat mendaki gunung, sudah pasti kamu harus melalui berbagai medan yang tak terprediksi, bisa berbatu, berlumpur, dan sebagainya. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu memakai sepatu gunung untuk memperlancar aktivitas pendakian kamu. 

Itu karena sepatu gunung biasanya dirancang agar tidak licin dan lebih kuat. Pakailah juga kaos kaki supaya lebih nyaman. 

6. Pakaian Mendaki

Buat kamu yang pertama kali hiking pasti bertanya-tanya, baju jenis apa dan berapa banyak yang perlu dibawa saat mendaki gunung? Jumlahnya tergantung durasi waktu yang kamu habiskan untuk naik gunung, ya. Namun untuk pemula, biasanya cukup 2 hari 1 malam saja. Nah, berikut ini list pakaian yang wajib kamu bawa:

  • 2 – 3 buah kaos katun
  • 1 setel jas hujan
  • 2 buah celana cargo
  • 3 buah kaos kaki
  • 2 setel pakaian dalam
  • 1 buah syal, sarung tangan, sandal jepit, dan topi

7. Logistik

Perlengkapan logistik seperti bahan makanan dan air biasanya dibagi per kelompok. Namun, untuk pribadi sebaiknya bawa persediaan air yang cukup, yakni 3 liter air mineral. Untuk membawanya, kamu perlu menyiapkan botol air minum. 

Yang tak kalah penting, pastikan juga kamu bawa cemilan pribadi untuk menambah tenaga selama perjalanan mendaki gunung. Misalnya roti, cokelat, dan sebagainya. lebih baik lagi jika cemilan tersebut kamu taruh kotak makan pribadi sebelum memulai pendakian supaya tidak menimbulkan sampah plastik di gunung.

Baca Juga: 7 Merk Perlengkapan Outdoor Lokal Paling Top

8. Perlengkapan Sekunder

Barang lainnya yang tak boleh ketinggalan bagi wanita saat mendaki gunung adalah perlengkapan sekunder yang mencakup:

  • 1 set alat makan
  • Peralatan mandi (handuk kecil, sikat, dan pasta gigi)
  • 1 pcs sunblock
  • Obat-obatan 
  • 1 buah senter
  • 3 lembar kantong plastik
  • Dompet berisi uang kas dan KTP
  • Ponsel, powerbank, dan kamera (jika punya)
  • Ikat rambut dan sisir
  • 1 buah tisu basah dan kering
  • 3 – 4 buah pembalut

Nah, sekarang kamu tahu apa saja perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang perlu dibawa. Dengan mengetahui daftar di atas, semoga perjalanan mendakimu lancar dan berkesan, ya! Happy adventure!



Related posts

5 Logistik Makanan untuk Mendaki Gunung, Wajib Dibawa!

Rostina Alimuddin

7 Pilihan Makanan Ikan Cupang Agar Sehat dan Warna Tidak Kusam

Risma Mualifa

Performa Tangguh dan Kekinian, 8 Rekomendasi Sepeda Lipat dengan

Risma Mualifa