Gaya Remaja

Mau Tampil Flawless? Simak 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Ini

Mengecilkan Pori-Pori wajah
Source: Pexels.com

Pernahkah kamu merasa kesal saat pori-pori wajah justru terlihat jelas saat pakai makeup? Kalau iya, berarti kamu harus tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah yang ampuh dan cepat. Pasalnya, ukuran pori-pori yang besar pasti bikin penampilan kamu kurang maksimal dan tekstur kulit wajah jadi terlihat tidak rata. 

Baik itu melakukan perawatan di klinik kecantikan atau membeli produk skincare yang berkualitas. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah supaya kulit wajah kamu tampak lebih flawless. Penasaran gimana caranya? 

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

cara mengecilkan pori-pori wajah
Sumber: Pexels

Buat kamu yang sering sebal dengan pori-pori wajah yang terbuka, yuk simak trik-trik ini dan lakukan perawatan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 

1. Gunakan Produk Skincare Berbahan Dasar Air

Jika kamu ingin mengecilkan ukuran pori-pori wajah, maka pemilihan skincare juga perlu kamu perhatikan, ya. Salah satunya adalah menggunakan produk perawatan kulit wajah yang berbahan dasar air, baik itu dalam produk toner, masker, serum, hingga riasan. 

Hindari penggunaan produk-produk yang memiliki kandungan minyak. Pasalnya, produk berbasis minyak mengandung petrolatum, minyak kelapa, dan jenis minyak lainnya. Produk tersebut memang secara efektif melembabkan kulit tetapi mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit berminyak dan pori-pori besar.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Kamu!

2. Rutin Mencuci Muka Setiap Pagi dan Malam

Cara mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya adalah rutin mencuci wajah sebagai dasar dalam setiap rutinitas perawatan kulit. Idealnya, cucilah muka minimal dua kali sehari. Bisa lebih jika kamu telah selesai melakukan aktivitas berat atau menghabiskan sebagian waktu di luar ruangan, seperti olahraga, bekerja, dan lain-lain.

Cucilah muka kamu menggunakan air hangat dan pijat secara lembut menggunakan facial foam dengan jari bersih. Selain itu, penting untuk memilih produk pembersih khusus wajah yang lembut, non abrasif, serta tidak mengandung alkohol. 

Hindari juga menggosok muka terlalu kasar saat mencuci muka. Dan setelah selesai, tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih hingga kering.

3. Gunakan Face Cleanser Berbasis Gel

Buat kamu yang punya tipe kulit wajah berminyak dan ingin mengecilkan pori-pori, menggunakan face cleanser berbasis gel bisa jadi solusi yang tepat. Bukan justru malah menggunakan cleanser berbahan dasar minyak atau alkohol yang dapat membuat kulit kamu iritasi.

Moisturizing cleanser justru meninggalkan residu bahan kimia dan minyak di pori-pori wajah sehingga kulit wajah jadi tambah berminyak dan membuat pori-pori terbuka. Tapi dengan menggunakan face cleanser berbasis gel membantu membersihkan minyak dari pori-pori sehingga dapat mengecilkan ukurannya.

4. Lakukan Eksfoliasi Secara Berkala

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka harus melakukan eksfoliasi secara berkala, yakni sekali atau dua kali seminggu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, serta minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. 

Salah satu cara eksfoliasi yang paling mudah adalah menggunakan face scrub yang lembut setiap melakukan rutinitas perawatan kulit mingguan kamu. 

5. Gunakan Clay Mask

Menggunakan clay mask  sekali atau dua kali seminggu juga bisa jadi cara mengecilkan pori-pori wajah yang ampuh, loh. Masker ini dapat membantu menghilangkan minyak tambahan dari pori-pori. Itu karena clay yang terkandung dalam produk masker mampu menyerap sebum berlebih dari makeup.

Kamu dianjurkan untuk melakukan rutinitas pada hari yang berbeda dari rutinitas eksfoliasi, karena perawatan jika dilakukan bersamaan dapat menyebabkan iritasi. Jika demikian, maka kamu justru dapat menyebabkan pori-pori wajah kamu tampak membesar.

Baca Juga: 5 Manfaat Retinol dalam Skincare dan Cara Menggunakannya

6. Jangan Lupa Hapus Makeup di Malam Hari

Sangat penting untuk selalu menghapus riasan sebelum tidur kalau kamu ingin mengecilkan pori-pori wajah. Pasalnya, tidur dengan riasan semalaman dapat menyebabkan pori-pori tersumbat karena penumpukan riasan, minyak, dan bakteri.

7. Pakai Produk Sunscreen dan Primer yang Mengandung SPF

Buat kamu yang menghabiskan waktu seharian di luar ruangan, sangat penting untuk memakai produk skincare yang mengandung SPF, seperti lotion, pelembab, hingga primer. Dengan memakai produk yang mengandung SPF, kamu bisa melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. 

Sinar UV dan polusi menyebabkan radikal bebas yang memecah kolagen dan elastin di kulit, membuat kulit tidak terlalu kencang dan pori-pori terlihat lebih besar. Jadi, gunakan produk yang mengandung SPF 30 atau lebih untuk menjaga kulit kamu tetap terlindung dari sinar matahari membuatnya tetap kenyal. 

Demikianlah beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, tanpa harus membayar biaya treatment yang mahal di klinik kecantikan. Asal kamu konsisten mengikuti cara di atas, hasilnya pun akan lebih cepat terlihat.



Related posts

Perawatan Rambut ala Salon di Rumah? Bisa, Begini Caranya

Risma Mualifa

Bolehkah Memakai Tone Up Cream Setiap Hari? Ketahui Jawabannya Di Sini!

Marsyaviani Darestuti

Cara Membuat Masker Beras, Bikin Kulit Wajah Sehat dan Memesona

Marsyaviani Darestuti