Image default
Beauty

Jangan Asal Beli, Begini Cara Memilih Skincare yang Tepat

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini masih banyak orang yang tidak mengetahui cara memilih skincare yang baik dan benar. Parahnya lagi, beberapa orang membeli skincare karena sekedar ikut-ikutan tanpa mengetahui jenis kulit dan kondisi wajah mereka.

Gara-gara ikut-ikutan dan tergiur dengan hasil yang instan, banyak kaum perempuan mengalami kulit wajah yang rusak. Kalau sudah begini tentu kulit wajah memerlukan perawatan yang lebih lama dan lebih mahal lagi.

Nah, biar tidak salah beli skincare lagi ada baiknya kamu memperhatikan beberapa tips membeli skincare berikut ini:

Kenali Jenis Kulit

Sebelum memilih skincare, kenali jenis kulit
Source: Tansan-magic.com

Cara memilih skincare yang pertama ialah dengan mengenali kulit kalian terlebih dahulu. Jika wajah kamu cenderung berminyak dan cepat mengkilap meskipun setelah membersihkan wajah maka dapat dipastikan bahwa kulit wajah kamu adalah tipe kulit berminyak.

Jika kulit di bagian dahi dan hidung kamu berminyak sedangkan di area pipi terasa kering maka kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Sedangkan pemilik kulit kering memiliki ciri-ciri kulit wajah yang jarang berminyak dan terasa kering saat disentuh. Kemudian, jika kulit wajah kamu terasa biasa-biasa saja, tidak berminyak maupun tidak kering sama sekali maka ini tandanya kamu memiliki jenis kulit yang normal.

Baca Juga: 6 Langkah Belajar Make Up Natural untuk Sehari Hari, Mudah bagi Pemula

Ketahui Permasalahan Kulit

Banyak orang yang salah membeli skincare karena tidak mengetahui permasalahan utama kulit mereka. Jika kulit kamu berjerawat maka carilah skincare yang mampu merawat kulit berjerawat. Begitu halnya jika kulit kamu terlihat kusam atau mungkin bruntusan maka belilah rangkaian skincare yang mampu mengatasi permasalahan utama kulit wajah kamu.

Tetapkan Budget

Memang benar ada harga ada kualitas, akan tetapi skincare dengan harga murah bukan tentu murahan loh. Yang paling utama ialah ingredients skincare tersebut, apakah cocok dengan permasalahan kulit kamu atau tidak.

Membeli Produk Basic Skincare

Cara memilih skincare terbaik ala wanita Korea memang terdiri dari banyak rangkaian. Namun, kamu tidak harus mengikuti keseluruhan rangkaian tersebut. Cukup membeli produk basicnya saja maka kulit wajah kamu pun akan terawat dengan baik. Beberapa produk basic skincare yang perlu kamu tahu di antaranya seperti first cleanser (Micellar water), second cleanser (facial wash), toner, pelembab, dan yang terakhir adalah sunscreen saat beraktifitas di luar rumah.

Hindari Bahan Aktif

Mengenali bahan skincare
Source: Islampos.com

Jika kamu termasuk pemakai skincare pemula maka jangan coba-coba menggunakan skincare berbahan aktif yang tinggi. Beberapa bahan aktif seperti AHA, BHA, Retinol, Salicylic Acid, maupun vitamin C biasanya menyebabkan iritasi.

Perhatikan Izin Produk

Sebuah produk skincare dapat dikatakan aman jika telah teruji secara klinis dan telah terdaftar di BPOM.  Kamu harus tahu bahwa saat ini ada banyak produk skincare berbahaya dan mengandung banyak merkuri yang beredar di pasaran. Jadi, kamu perlu berhati-hati dan teliti saat membeli skincare.

Baca Komposisi Skincare

Cara memilih skincare selanjutnya ialah dengan membaca komposisi atau kandungan di dalam skincare.  Dengan mengetahui kandungan skincare maka kamu pun bisa terhindar dari berbagai jenis iritasi atau peradangan pada kulit. Beberapa bahan skincare yang patut kamu hindari di antaranya ialah sebagai berikut.

Pewangi atau Fragrance

Jika kamu menemui skincare yang memiliki aroma yang sangat harum maka bisa jadi skincare tersebut mengandung pewangi. Senyawa sintetis yang satu ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan alergi.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Efek dari penggunaan SLS ini bisa membuat wajah kamu jerawatan. Bahkan beberapa kasus juga menyebabkan sariawan, iritasi pada kulit hingga gangguan pada keseimbangan minyak.

Paraben

Paraben pada umumnya banyak ditemui pada berbagai jenis kosmetik. Senyawa di dalam paraben ini dapat memicu kanker payudara hingga gangguan kesuburan.

Phthalates

Sama halnya dengan paraben, zat yang satu ini juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kanker payudara dan gangguan pada kesuburan.

Jangan Memilih Skincare yang Menawarkan Hasil Instan

Hadirnya berbagai jenis skincare abal-abal yang menawarkan hasil instan membuat banyak perempuan menjadi lupa diri. Saat ini juga sudah banyak ditemukan skincare yang mengandung merkuri yang sangat berbahaya. Efek mencerahkan atau glowing yang dihasilkan memang sangat terbukti ampuh. Namun, dibalik itu semua ada resiko kanker yang dapat mengancam kesehatan kamu. Jadi, kamu pilih glowing secara instan atau secara natural?

Baca Juga: 7 Kiat Make Up Flawless yang Wajib Kamu Coba untuk Hasil Natural

Nah, itulah beberapa tips sekaligus cara memilih skincare yang baik dan benar. Telitilah dalam memilih skincare dan jangan termakan dengan penawaran produk instan.

Related posts

Tutorial Make Up Korea Untuk Wajah yang Glowing dan Fresh

Marsyaviani Darestuti

7 Cara Mudah Membuat Kulit Wajah Glowing yang Sehat

Habibah Auni

Wajib Tau, Inilah Beragam 13 Jenis Kuas Make Up dan Fungsinya

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment