Image default
Life

Jangan Disepelekan, Ini Dia Manfaat Menerapkan Budaya Hidup Sehat

Sering kali disepelekan, bahkan dianggap sulit untuk dilakukan, budaya hidup sehat seringkali malah diabaikan. Padahal manfaat yang bisa kita dapat dari menerapkan kebiasaan baik ini sangatlah banyak. Bukan hanya dirasakan saat ini, tapi juga di masa depan.

Apa Itu Budaya Hidup Sehat?

Budaya hidup sehat merupakan kebiasaan yang dilakukan dengan menjalani pola hidup yang baik untuk tubuh. Pola hidup ini diantaranya konsumsi makanan yang bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup, hidup bersih, dan menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat adalah Keharusan, Bagaimana Cara Menerapkannya?

Ketika menerapkan pola hidup sehat ini pun, kita merubah pola kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik menjadi lebih positif, seperti mulai memperhatikan apapun yang dikonsumsi, mulai memperbanyak konsumsi air, menghindari junk food, alkohol ataupun merokok dan lainnya.

Budaya Hidup sehat yang harus diterapkan dalam kehidupan

Manfaat Budaya Hidup Sehat

Menerapkan suatu hal yang positif seperti hidup sehat ini tentu punya manfaat dan tujuannya tersendiri bagi fisik dan mentalmu. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu rasakan bila menerapkan pola hidup yang sehat:

1. Tubuh semakin berenergi

Ketika mengonsumsi makanan yang tidak sehat, tubuh seringkali jadi lesu dibuatnya. Ini disebabkan karena tubuh tidak mendapat gizi yang dibutuhkannya, karena makanan tidak sehat tidak memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Nah, ketika kamu menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, maka makanan ini akan menjadi bahan bakar untuk tubuh sehingga lebih berenergi untuk beraktivitas.

Selain konsumsi makanan yang bernutrisi seimbang, kebiasaan berolahraga dan juga istirahat yang cukup akan membantu energi jadi bertambah. Keduanya akan membuat oksigen dan juga nutrisi mengalir dengan baik ke seluruh jaringan tubuh.

2. Imunitas tubuh meningkat

Kebiasaan menjalani hidup sehat yang dilakukan berkelanjutan akan berpengaruh langsung pada daya tahan tubuhmu. Di saat-saat seperti sekarang ini, di mana rentannya penyakit menyerang tubuh, maka daya tahan tubuh perlu ditingkatkan. Bila gaya hidup sehat ini dilakukan dengan teratur dan konsisten, kesehatan tubuh pun akan terjaga, dan kita pun tidak akan mudah terpapar penyakit.

3. Mengendalikan berat badan agar ideal

Tubuh yang terlalu kurus ataupun terlalu gemuk bukanlah suatu hal yang baik. Nah, dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti konsumsi makanan bernutrisi seimbang, berolahrga, tidur yang cukup dan juga menghindari junk food, akan membuat kita lebih mungkin untuk memiliki berat badan yang ideal.

4. Hidup lebih lama

Salah satu manfaat gaya hidup sehat adalah memberi kesempatan bagi kita untuk hidup lebih panjang. Ini karena kebiasaan-kebiasaan baik yang kita lakukan akan menurunkan risiko kematian di usia dini. Sehingga kita pun bisa memiliki panjang umur dan tetap sehat sekalipun di usia tua. Untuk itu, jangan lupa lakukan kebiasaan-kebiasaan sehat ini mulai sekarang, selagi muda.

5. Membantu memperbaiki kualitas tidur

Kebiasaan hidup sehat seperti rajin berolahraga, memiliki manfaat salah satunya adalah membuat kualitas tidur jadi lebih baik. Bukan hanya perkaran kuantitas, tapi kualitas tidurpun juga harus diperhatikan. Karena sekalipun kita banyak tidur, namun tidur tersebut tidak berkualitas, maka tubuh pun akan ‘menangkap sinyal’ kalau kamu tetap kurang tidur.

Baca Juga: Dampak Globalisasi yang Tidak Baik bagi Anak Muda adalah Sebagai Berikut

Karena ‘dianggap’ tidurmu belum cukup, tubuh pun jadi lesu, aktivitas yang seharusnya kamu lakukan sehari-hari juga jadi tidak bersemangat, berat badan meningkat, bahkan kamu jadi berkeinginan tinggi mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Oleh karena itu, pastikan tidurmu berkualitas dengan tidak bermain gadget sebelum tidur, menyiapkan area tidur yang nyaman dan bersih, dan tidak begadang.

6. Baik untuk kesehatan mental

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bukan hanya kesehatan fisik saja yang akan terpengaruh bila kamu menjalani budaya hidup sehat, tapi kesehatan mental pun ikut terkena dampak positifnya. Misalnya seperti kebiasaan berolahraga, yang membantu merangsang pembentukan endorfin di mana endorfin merupakan hormon yang membuat hati jadi lebih rileks dan juga bahagia.

Begitupun dengan konsumsi makanan sehat, kamu tentu tidak akan memiliki ‘rasa bersalah’ setelah mengonsumsinya, tidak seperti setelah mengonsumsi junk food, sehingga perasaan pun jadi lebih tenang dan bahagia. Makanan sehat pun akan membuat penampilan fisikmu semakin baik. Nah, penampilan yang sehat ini tentu akan meningkatkan percaya dirimu, hati pun jadi lebih bahagia.

Mulai sekarang, coba untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat ini demi kesehatan tubuh yang lebih baik kini hingga nanti di masa depan.

Related posts

13 Kumpulan Menu Makanan Sehat Sederhana dan Praktis

Rostina Alimuddin

Penting! Kenali Makna, Dampak Serta Ciri-Ciri Pergaulan Sehat

Marsyaviani Darestuti

Hidup Lebih Sehat dan Sejahtera Dengan Menerapkan 8 Gaya Hidup Sehat Ini

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment