Image default

6 Khasiat Niacinamide Untuk Kulit Beserta Efek Sampingnya

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Niacinamide adalah salah satu kandungan yang sekarang ini banyak dicari dan dipakai di beberapa produk skincare populer. Niacinamide atau niacinamide ini merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3, yang juga lebih dikenal dengan nama niasin.

Sekarang ini tidak sedikit produk-produk skincare keluaran terbaru yang memasukkan zat ini sebagai kandungan di dalamnya. Ini karena, zat tersebut punya banyak sekali khasiat bagi kulit, di antaranya yaitu mengatasi jerawat dan bekas jerawat, memudarkan flek hitam, dan juga melembapkan.

Sebenarnya niacinamide atau niacin ini bisa kamu dapatkan dari konsumsi telur, daging, susu dan produknya, sayuran hijau dan juga kacang-kacangan. Bisa juga diteukan pada vitamin B kompleks seperti B6, B9 serta B12. Namun, vitamin B3 yang jadi bahan baku niacinamide ini sangat mudah larut dalam air. Sehingga yang kamu konsumsi, bisa saja dengan mudah keluar dari tubuh, sehingga malah tubuh jadi kekurangan vitamin ini. Itulah kenapa semakin banyaknya produk-produk yang dibuat mengandung niacinamide ini.

Baca Juga: Rekomendasi Toner Terbaik Untuk Remaja dan Ramah Kantong

Walaupun punya banyak manfaat, namun ada pula efek samping dari Niacinamide yang bisa terjadi. Nah, untuk itu, simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Niacinamide Untuk Kulit

manfaat Niacinamide adalah melembapkan kulit dan memudarkan noda hitam

Beberapa manfaat dari niacinamide adalah:

1. Memudarkan bekas jerawat

Kemunculan bercak atau noda gelap di kulit karena produksi pigmen melanin yang berlebih atau yang biasa disebut hiperpigmentasi, dapat terjadi karena peradangan yang terjadi selama kulit sedang berjerawat. Itulah kenapa, seringkali bekas jerawat ini sulit dihilangkan.

Sebuah penelitian menyebutkan kalau kandungan niacinamide 5% bisa membantu mencerahkan kulit, karena zat ini akan merangsang terbentuknya kolagen kulit, yang membuat noda bekas jerawat yang membandel dapat memudar.

Namun tentu saja hasilnya tidak bisa kamu dapatkan dengan cepat. Kamu harus terus rutin menggunakan niacinamide, minimal selama 4 minggu, agar mendapat hasil yang maksimal.

2. Melembapkan kulit

Manfaat lainnya dari niacinamide adalah melembapkan serta menghaluskan kulit. Menurut penelitian, niacinamide akan membantu membangun ceramide yang merupakan lapisan penghalang lemak, yang akan membantu mempertahankan kelembapan pada kulit.

Niacinamide pun bisa membangun protein di kulit serta mengunci kelembapan kulit, sehingga kerusakan karena lingkungan pun bisa dicegah.

3. Mengatasi jerawat

Selain dapat mengatasi noda bekas jerawat, niacinamide pun dapat membantu permasalahan jerawat, eksim ataupun rosacea. Rosacea ini merupakan penyakit kulit umum yang membuat wajah serta hidung menjadi kemerahan.

Jerawat yang parah sekalipun seperti jerawat papula (yang menonjol) ataupun pustula (yang berisi nanah) pun dapat diobati dengan niacinamide. Kondisi wajah yang bruntusan pun bisa diperbaiki dengan penggunaan rutin dari niacinamide ini. Seiring rutinnya penggunaan niacinamide, luka akan semakin membaik serta tekstur kulit akan semakin merata.

4. Membantu mengendalikan minyak berlebih

Untuk kamu yang punya jenis kulit yang berminyak, niacinamide dapat membantu mengendalikan produksi minya yang berlebih di kulitmu.

Niacinamide ini akan mencegah kerja kelenjar sebasea, sehingga kelenjar tersebut tidak akan memproduksi minyak secara berlebihan. Karena, produksi minyak yang berlebih ini pun dapat menjadi salah satu penyebab dari munculnya jerawat.

5. Mengurangi kerutan serta garis halus

Tidak salah, ada banyak produk anti-aging yang menggunakan kandungan niacinamide di dalamnya. Karena menggunakan niacinamide 5% bisa membantu untuk mencegah munculnya keriput serta garis-garis halus di kulit.

6. Melindungi kulit dari radikal bebas

Paparan sinar matahari terus menerus bisa saja menyebabkan rusaknya kulit karena radikal bebas, sinar ultraviolet, polusi serta zat berbahaya lainnya untuk kulit. Dengan niacinamide, kulit dapat terlindungi dari paparan radikal bebas. Selain itu, niacinamide pun punya efek antioksidan dan bisa membantu memperbaiki DNA yang rusak.

Baca Juga: Begini 5 Urutan Basic Skincare Buat Remaja

Efek Samping Niacinamide

efek samping niacinamide adalah memicu alergi pada kulit sensitif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meskipun banyak sekali manfaatnya untuk kulit, namun niacinamide pun memiliki efek samping.

Walaupun sebenarnya niacinamide adalah kandungan yang aman untuk digunakan, namun bagi para pemilik kulit sensitif ataupun memiliki alergi, kamu harus lebih berhati-hati karena bisa saja ada reaksi alergi yang bisa terjadi setelah pemakaian niacinamide. Ini karena niacinamide dapat memicu pelepasan histamin yang punya peranan dalam memicu munculnya reaksi alergi.

Karena itu, jika kamu baru mencoba produk dengan kandungan niacinamide, sebaiknya lakukan tes alergi seperti mengoleskan sedikit produk pada bagian lengan, dan diamkan atau tunggu hingga 24 jam. Jika kamu merasakan kulit gatal, kemerahan ataupun bengkak, ini menandakan kalau kulit kamu sensitif pada zat ini. Sebaiknya segera hentikan penggunaannya. Namun jika tidak muncul keluhan apapun, kamu dapat melanjutkan penggunaan produk tersebut.

Selain itu, untuk pemakaian sebaiknya lakukan sesuai anjuran produk. Selalu cuci tangan terlebih dulu dan memastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Lalu, hindari paparan suhu panas dan sinar matahari langsung setelah memakai produk dengan kandungan niacinamide. Dan pastikan penggunaannya tidak digabung dengan produk lain berkandungan vitamin C, karena keduanya dapat menghilangkan fungsi atau manfaat satu sama lain.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

12 Tren Model Rambut Wanita 2021, Cantik dan Fresh!

Agar Make Up Pengantin Awet dan Sempurna, Inilah 13 Tahapan yang Perlu Dilakukan

Risma Mualifa

Begini 5 Urutan Basic Skincare Buat Remaja

Marsyaviani Darestuti
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022