Gaya Remaja

Apa Itu Kosmetik? Yuk, Kenali Jenis-Jenis dan Tips Memilihnya

Apa itu Kosmetik
Source: Pexels.com

Banyaknya produk dan jenis kosmetik yang tersedia di pasaran tak jarang membuat kamu yang baru menginjak usia remaja atau pemula merasa bingung. Nah, supaya bisa membedakan dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, kamu harus mengenali jenis-jenis kosmetik dan tips-tips untuk memilihnya. Mau tahu seperti apa? Temukan jawabannya di sini!

Apa Itu Kosmetik?

Apa Itu Kosmetik
Source: Pexels.com

Kosmetik ialah produk yang diterapkan pada wajah dan tubuh dengan tujuan untuk membersihkan, mempercantik, meningkatkan daya tarik, atau mengubah penampilan. Dalam pengertian lain, kosmetik adalah produk yang dirancang untuk membersihkan, melindungi, dan mengubah penampilan bagian luar tubuh kita.

Bahan utama yang ada di sebagian besar kosmetik biasanya terdiri dari air, pengemulsi, pengawet, pengental, pelembab, warna dan wewangian. Akan tetapi, bahan pembuatan kosmetik bisa terdiri dari bahan alami maupun kimia, sehingga dampak potensial apa pun yang terjadi pada tubuh kamu bergantung pada senyawa kimia yang ada di dalam kosmetik kamu.

Baca Juga: Waspada! Kenali Bahan-Bahan Kosmetik Berbahaya

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih produk kosmetik yang tepat. Selain harus menyesuaikan kebutuhan, kamu juga harus mempertimbangkan kandungan bahan di dalamnya apakah aman digunakan atau tidak.

Jenis-Jenis Kosmetik

Setelah mengetahui apa itu kosmetik, selanjutnya kamu perlu mengenali jenis-jenis kosmetik yang beredar di pasaran beserta contoh dan kegunaannya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut:


  • Lipstik, lip gloss, lip liner, lip plumper, lip balm, pengkilap bibir, lip conditioner, dan lip booster.
  • Bedak atau iluminator wajah, digunakan untuk mengatur alas bedak, memberikan hasil akhir matte.
  • Maskara, pemanjang bulu mata, kondisioner bulu mata yang digunakan untuk mempercantik bulu mata. Bisa dari warna yang berbeda dan bahkan tahan air.
  • Concealer, sejenis riasan buram tebal yang digunakan untuk menutupi jerawat, berbagai noda dan inkonsistensi pada kulit.
  • Foundation, digunakan untuk mewarnai wajah dan menutupi kekurangan untuk menghasilkan kesan sehat dan awet muda. Biasanya cairan, krim, bubuk, atau mousse.
  • Rouge, blush on atau perona pipi, digunakan untuk mewarnai pipi dan menonjolkan tulang pipi. Umumnya tersedia dalam bentuk bubuk, krim dan gel.
  • Bronzer, digunakan untuk membuat tampilan lebih kecokelatan atau cerah.
  • Eye liner, eye shadow, eye shimmer, atau pensil mata glitter, digunakan untuk mewarnai dan menekankan kelopak mata (mata jadi tampak lebih besar sehingga terlihat tanda awet muda).
  • Pensil alis, krim, wax, gel, dan bedak digunakan untuk mengisi dan mempertegas alis.
  • Cat kuku, digunakan untuk mewarnai kuku tangan dan kaki.

Tips Memiliki Produk Kosmetik yang Tepat untuk Kulit Kamu

Tips memilih kosmetik yang tepat
Source: Pexels.com

Kosmetik, makeup, atau riasan bisa bantu kamu untuk menunjang penampilan secara keseluruhan dalam waktu singkat. Namun, supaya kamu memiliki tampilan yang natural dan segar, penting untuk membeli produk kosmetik dengan bahan organik esensial terbaik.

Maka dari itu, yuk ketahui tips-tips memilih produk kosmetik yang aman untuk kulit kamu dan hasilnya sesuai dengan yang kamu harapkan.

Kenali Jenis Kulitmu

Langkah pertama dan terpenting dalam memilih kosmetik yang tepat buat kamu adalah mengetahui jenis kulit kamu. Dengan begitu, kamu bisa membuat pilihan yang tepat untuk membeli produk kecantikan yang berkualitas baik sesuai dengan jenis kulit, apakah bertipe kering, berminyak atau bisa dari tipe normal.

Lakukan Riset tentang Berbagai Produk Kosmetik yang Tersedia di Pasaran

Tips selanjutnya, coba kamu periksa hasil dan ulasan produk kecantikan secara online atau cobalah untuk mencari tahu konsekuensi produk dari pengguna yang ada dari produk tersebut. kemudian, baru kamu buat keputusan yang tepat setelah meneliti pasar dan produk.

Jangan Jadikan Harga Sebagai Patokan

Di pasaran, harga kosmetik sangatlah bervariasi. Ada yang berkualitas premium dengan mematok harga yang mahal, namun tak sedikit juga yang berani mematok harga murah untuk kualitas yang baik. Sayangnya, banyak juga beredar kosmetik dengan embel-embel harga murah dengan kualitas bahan yang buruk.

Jadi, harga yang murah atau mahal bukanlah jaminan. Yang terpenting, pilih kosmetik yang harganya tak jauh berbeda dengan harga pasaran. Jika kamu masih ragu, kamu bisa melakukan pengecekan melalui website resmi atau medsos produk kosmetik tersebut, serta menghubungi customer service untuk menanyakan harga dan manfaatnya.

Baca Juga: Skincare Remaja untuk Memutihkan Wajah. Aman Untuk Kulit

Baca Komposisi Bahannya

Tips berikutnya, jangan lupa baca bahan-bahannya dengan baik sebelum membeli produk kosmetik untuk jenis kulit kamu, ya. Periksa apakah produk tersebut menggunakan bahan alami atau buatan. Pastikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya cocok untuk kulit kamu.

Gunakan Kosmetik Sesuai Petunjuk Pemakaian

Terakhir, gunakan produk kosmetik sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera. Jika Anda akan menggunakan produk kosmetik sesuai petunjuk, maka hasilnya pun juga akan lebih maksimal. Hindari penggunaan yang berlebihan karena berpotensi membahayakan kulit kamu.

Kesimpulan

Sekian penjelasan terkait apa itu kosmetik beserta jenis-jenis dan tips memilihnya. Dari uraian di atas, semoga kamu bisa memilih produk kosmetik dengan lebih bijak dan hati-hati. Jaga agar kulit kamu tetap sehat dan cantik dengan menggunakan produk-produk yang aman dan resmi.



Related posts

Perawatan Rambut ala Salon di Rumah? Bisa, Begini Caranya

Risma Mualifa

Ketahui Cara Mengecek BPOM Kosmetik dan Tips Membeli Kosmetik yang Aman

Risma Mualifa

14 Istilah Make-up Bahasa Inggris

Novi Ardila