Image default

Ketahui Cara Mengecek BPOM Kosmetik dan Tips Membeli Kosmetik yang Aman

Kosmetik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian besar perempuan. Tidak hanya ketika berada di luar rumah, kosmetik juga kerap digunakan di dalam rumah. Jenisnya pun beragam dan memiliki fungsi masing-masing. Kosmetik yang kegunaan utamanya untuk mempercantik tampilan, harus dipastikan keaslian dan keamanannya. Ada cara mengecek BPOM kosmetik yang mudah dilakukan.

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan merupakan lembaga yang tugas utamanya mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. Badan tersebut mengeluarkan nomor khusus yang menunjukkan bahwa obat dan makanan layak konsumsi dan layak pakai. Kosmetik merupakan salah satu yang termasuk dalam pengawasan BPOM. Oleh karena itu, kosmetik yang aman dan asli ditandai dengan tercantumnya nomor izin BPOM.

Minimnya pengetahuan membuat sebagian masyarakat abai akan pentingnya mengecek BPOM kosmetik. Tidak jarang masyarakat menganggap bahwa kosmetik yang beredar di pasaran sudah terjamin keamanan untuk digunakan. Nyatanya, sampai sekarang masih banyak ditemukan produk kosmetik yang ternyata belum memiliki nomor izin BPOM atau bahkan mencantumkan nomor izin palsu. Untuk itu, pengetahuan tentang pentingnya cek BPOM kosmetik dan caranya perlu untuk dikuasai.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya yang Patut Kamu Waspadai!

Pentingnya Cek BPOM Kosmetik

Cara Mengecek BPOM Kosmetik

Kosmetik merupakan rangkaian produk yang digunakan pada wajah. Tujuan utama penggunaan kosmetik adalah untuk menutupi kekurangan pada wajah dan menjadikan wajah lebih cantik serta menarik. Sebagai kebutuhan utama, sebagian besar perempuan bahkan menggunakan kosmetik setiap hari dan terus menerus. Dengan kata lain, kosmetik menjadi produk yang digunakan untuk jangka panjang.

Melihat dari intensitas dan jangka penggunaannya, kosmetik akan membawa dampak pada kulit wajah. Jika kosmetiknya bagus, maka kulit juga akan baik-baik saja. Namun apabila ternyata kosmetik terbuat dari bahan berbahaya, jelas akan berdampak buruk pada kulit. Dampaknya mulai dari masalah ringan seperti munculnya jerawat hingga penyakit serius seperti kanker kulit.

Tentu tidak ada perempuan yang ingin kulit wajahnya bermasalah. Maka dari itu, pastikan selalu menggunakan kosmetik yang sudah memiliki izin edar dari BPOM. Kosmetik yang sudah memiliki nomor BPOM bisa dipastikan bebas dari bahan berbahaya. Untuk penggunaan jangka panjang pun akan tetap aman bagi kulit dan tidak ada ancaman penyakit serius di kemudian hari. Sebelum menggunakan, luangkan waktu untuk mengecek BPOM kosmetik agar tidak menimbulkan dampak buruk pada diri sendiri.

Cara Mengecek BPOM Kosmetik

Untuk menjamin keamanan di masa mendatang, jangan mengabaikan keaslian izin BPOM pada produk kosmetik. Lakukan pengecekan dengan benar pada satu persatu produk kosmetik yang akan digunakan. Cara mengeceknya tidak terlalu sulit karena bisa menggunakan smartphone dan sambungan internet. Berikut adalah dua cara yang bisa dicoba untuk memastikan keaslian nomor izin BPOM kosmetik.

1. Cek BPOM melalui laman resminya

  • Buka laman https://cekbpom.pom.go.id/ pada browser.
  • Temukan kolom pencarian dan pilih “cari berdasarkan”.
  • Pilih “nomor registrasi”.
  • Masukkan nomor BPOM yang tertera pada produk kosmetik.
  • Klik “cari” dan tunggu sistem bekerja.
  • Jika hasil pencarian menampilkan nomor tersebut lengkap dengan informasi produk, berarti produk kosmetik tersebut sudah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM.

2. Cek BPOM melalui aplikasi

  • Terlebih dahulu install aplikasi BPOM Mobile pada smartphone.
  • Masuk pada halaman utama aplikasi tersebut.
  • Pada menu “Semua Produk” akan ditampilkan produk teregister dan produk dibatalkan.
  • Klik “Nomor Registrasi” dan masukkan nomor dari kemasan produk kosmetik.
  • Tunggu sistem memproses informasi dari produk kosmetik tersebut.
  • Apabila produk sudah mendapatkan izin edar dari BPOM, akan muncul informasi lengkap mengenai produk tersebut.

Baca Juga: Waspada! Kenali Bahan-Bahan Kosmetik Berbahaya

Tips Membeli Kosmetik yang Aman

Banyaknya peredaran produk kosmetik berbahaya menjadi ancaman tersendiri bagi konsumen. Dari segi tampilan, umumnya produk berbahaya bisa mengecoh karena kemasannya yang terlihat menarik. Belum lagi harga yang ditawarkan pun sangat menggiurkan. Hal ini sering membuat konsumen tertarik untuk mencobanya.

Mengecek BPOM kosmetik bukan satu-satunya cara memastikan keamanan sebuah produk kecantikan. Pastikan juga mendapatkan produk kosmetik dari penjual resmi, seperti dari produsen langsung maupun pembelian melalui distributor, agen dan resellernya. Jika ingin membeli secara online, dapatkan hanya dari toko resmi di berbagai platform e-commerce atau melalui situs resminya. Produk kecantikan asli juga banyak yang dijual secara offline seperti di supermarket atau toko kosmetik.

Related posts

Anti Aging Adalah: Kandungan dan Waktu yang Tepat untuk Memakai

Linda Arista

Urutan Skincare Pagi Malam Untuk Kulit Berjerawat

Primaditya Riesta

Inilah 11 Daftar Make Up yang Harus Dimiliki Wanita. Sudah Punya Semuanya?

Marsyaviani Darestuti