Image default

Sugar Glider Hewan Lucu Asli Indonesia Yang Bisa Melayang Ketika Berpindah Tempat

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Sering disebut keluarga tupai padahal ia adalah keluarga marsupilami. Pertaurus breviceps ialah nama ilmiah dari sugar glider  yang aktif dimalam hari atau sebutan lainya posum layang karena ia mempunyai kemampuan untuk melayang dari batang pohon ke pohon lainnya berkat selaput diantara kakinya dan ekor sebagai penyeimbang ketika melayang, hewan ini terdapat di Indonesia dan Australia. Keunikan lainnya ia mempunyai kantung untuk menyimpan anak anak nya sampai seumuran juvenil sama seperti kangguru. Tak bisa dipungkiri hewan ini mempunyai postur unik mungil dan wajah yang lucu nan menggemaskan yang hobi memakan makanan yang manis seperti madu, nectar bunga dan beberapa serangga atau disebut omnivora.

Dari info yang didapat dari pecinta  atau komunitas sugar glider memiliki beberapa jenis yang paling umum dijumpai bahkan sampai ada kontes sugar glider dikalangan para pecinta hewan exotis ini yang mungkin sekarang sulit dijumpai karna adanya pandemic di negara kita tercinta ini.

 

Classic grey

Jenis ini paling sering ditemui dan paling popular karena banyaknya populasi di alam liar atau di habitat aslinya. Jenis classic grey mempunyai bulu berarna abu abu dengan garis hitam dari kepala sampai punggung, dan bagian perut biasanya berwarna putih. Jenis ini paling banyak disukai para pecinta salah satunya karna harga yang relative masih terjangkau diberbagai kalangan.

 

 

Lequistic

Jenis sugra glider ini biasanya memiliki warna putih seutuhnya dari kepala hingga ekor dengan bagian mata tetap berarna hitam seperti layaknya jenis classic grey. Untuk harga yang harus dibayar untuk memiliki hewan eksotis ini cukup menguras kantong biasanya hanya para pecinta saja yang memiliki.

 

Albino

Jenis sugar glider albino ini biasanya berwarna putih disekujur tubuhnya dari kepalahingga ke bagian ekornya sama seperti jenis sugra glider lecuistic hanya saja yang membedakan adalah dibagian bola matanya yaitu berwarna merah dari hasil kelainan genetic karakter ini agak berbeda dengan yang lain mungkin karna mata mereka lebih sensitive jadi agak lebih jumpy. Jenis ini termasuk membuat kantong kita jebol jika ingin memilikinya, karna termasuk varian langka.

 

Black beauty

Jenis ini umumnya terlihat sama seperti jenis sugar glider classic grey jika dilihat sepintas namun jika ditelaah lbih dalam kitab isa membedakan dari warna abu abunya yang lebih gelap dan mempunyai bentuk wajah yang sangat cantik seperti seolah ditambah dengan make up. Tentu harga yang harus dibayar untukmemiliki hewan ini berbda dengan hraga jenis classic grey setara dengan harga jenis lecuistic.

Creamino

Jenis ini adalah mempunyai warna krem putih kecoklatan dengan garis diatas kepala sampai punggung itu berwarna coklat kemerahan kemudian mempunyai warna bola mata merah seperti jenis albino. untuk harga kita dapat mengocekkantong yang sangat dalam cukup mahal dari semua jenis sugar glider sebelumnya.

White Face

Jenis ini mempunyai warna bulu sam aseperti classic grey pada umumnya hanya saja perbedaan terletak pada bagian wajahnya yang putih tidak seperti classic grey yang mempunyai garis hitam dan kedua bola matanya terdapat lingkaran hitam yang membuat semakin eksotis dan unik. Untuk harga tdak terlalu mahal seperti jenis lecuistiq  atau creamino.

 

Jika kalian tertarik untuk memelihara hewan sugar glider ini,karna memelihara hewan ini terbilang susah susah gampang karena jika membelinya dari hasil tangkapan liar dari alam atau disebut dengan wild chaugt kemungkinan akan sulit jinak karena mereka tidak terbiasa dengan manusia, lain hal jika kita mendapatkanya dari hasil breeding atau disebut dengan captive breed hasil dari peternak atau para pecinta yang berhasil membudidayakan sugar glider. Sejujurnya memelihara hewan ini selalu membawa kebahagiaan karena bentuk lucu mereka yang unik dan menggemasakan layaknya kucing atau hewan lainya yang membedakan adalah ukuran mereka yang relative mungil dengan bulu yang super halus .Hal yang perlu kita prhatikan adalah sebagai berikut:

Cage atau tempat tinggal

Memelihara mereka bukan didalam akuarium atau hanya sekedar tempat kecil seperti kendang burung jeruji, mereka butuh tempat yang tinggi dan agak lebar karena kebiasaan mereka  yang melayang dari dahan satu ke dahan yang lainnya, dimalam hari mereka senang bermain dengan koloninya sekedar mencari makan atau merenggangkan tubuhnya setelah tidur disiang hari. Bisa menggunakan kendang yang banyak beredar dipasaran atau jika ingin menghemat kita bisa membuat sendiri dengan menggunakan kawat besi yang ada dipasaran dengan menggunakan kayu sebagai pondasi.

Hiding pouch atau tempat tidur

Karena mereka termasuk hewan nocturnal mereka mmbutuhkan tempat untuk mengumpat sekaligus tberistirahat disiang hari, ini sangat pentign untk mereka sehingga mereka merasa aman Ketika mereka didalam tempat teduh agar sinar tidak merusak matanya yang sensitive terhadap sinar.

Makanan dan minuman

Makanan mereka sesungguhnya sangat mudah didapatkan seperti buah buahan segar yang manis layaknya semangka, papaya, pir, anggur, pisang, melon dan tentunya porsi mereka tidak banyak dilihat dari bentuk dan proporsi badannya yagn mungil, untuk selingan kitab isa memberikan sumber protein berupa  ulat hongkong, ulat jerman dan juga jangkrik dan kalau kalian merasa jijik atau geli dengan ulat bisa memberikannya nutrisi vitamin tambahan yang sudah banyak dijual dipasaran, telur rebus juga boleh diberikan kepada hewan lucu ini dan perlu diingat sumber protein hewaninya tidak bisa dijadikan sumber makanan pokok karena kemungkinan akan membuat sugar glider menjadi obesitas membuat sugar glider menjadi tidak sehat.

Obstacle

Ini berguna untuk mereka agar mereka disibukan dengan bermain didalam kandang seperti memanjat atau sekedar melompat. Hanya sekedar info ada beberapa kasus bahwa mereka hewan yang mudah stress jika tidak mempunyai teman bermain karena dihabitatnya mereka hidup berkelompok, taruh saja ranting pohon ukuran sedang didalam kandang mereka dan membuat kan gantungan untuk iya melompat agar jika kaian merasa ingin melepas mereka ke habitat aslinya mereka dapat bertahan hidup dengan skill melayang yang mereka miliki.

 

Kebersihan

Kebersihan mereka harus tetap terjaga jika tidak mereka akan terkena virus dari tempat mereka  yang kotor akibat jarang dibersihkan, mandikan mereka sesekali tapi jangan menggunakan air sampai mereka basah kuyup cukup dengan menggunakan tissue basah sembari di usap dari kepala hingga ujung ekornya. Dan perlu diketahui untuk jenis kelamin jantan mereka akan mengeluarkan aroma untuk menarik perhatian betina pasa masa kawin  biasanya umur 8 bulan maka dari itu jangan heran Ketika ada aroma khas yang tercium.

 

Bagaimana sekarang tertarik untuk memelihara hewan eksotis ini? Intinya sayangi mereka jika ingin memelihara jangan hanya sekedar untuk ikut tren memelihara hewan.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

Tips dan Trik Para Fotographer Keren Dalam Menghasilkan Gambar Mempesona

Marsyaviani Darestuti

6 Jenis Ikan Hias Cantik Untuk Akuarium yang Mudah Dipelihara

7 Pilihan Makanan Ikan Cupang Agar Sehat dan Warna Tidak Kusam

Risma Mualifa
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022