Image default
Hobi

5 Situs dan Aplikasi Baca Novel Online Gratis

Apa sih yang biasanya kamu lakukan ketika mengisi waktu luang? Membaca novel bisa jadi salah satu aktivitas menarik lho untuk mengisi waktu luangmu. Apalagi, sekarang, kamu tidak perlu ribet harus membeli buku novel, karena terdapat beragam situs serta aplikasi baca novel online yang bahkan bisa kamu gunakan gratis. Menarik kan?

Semakin berkembangnya teknologi, tentunya semakin memudahkan kita dalam banyak hal, termasuk membaca novel. Kamu cukup menggunakan laptop ataupun smartphone-mu untuk membaca novel yang kamu sukai. Bahkan dalam satu situs ataupun aplikasi terdapat beragam jenis novel, mulai yang romantis, novel remaja sampai novel ilmiah.

Baca Juga: 6 Novel Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Baca Sekali Seumur Hidup

Situs dan Aplikasi Baca Novel Online Free

Berikut ini adalah beberapa aplikasi dan juga website baca novel secara online:

1. Wattpad

Aplikasi Novel Online Wattpad

Namanya mungkin tidak asing bagi sebagian orang. Bisa dibilang, Wattpad adalah salah satu platform membaca novel secara online yang populer, terutama di kalangan remaja hingga dewasa muda. Isi tulisan di dalamnya pun beragam, mulai dari yang romantis, horor dan lain sebagainya. Bahkan tersedia dengan berbagai macam bahasa, karena penulis di Wattpad tersebar di seluruh dunia.

Kamu pun bisa mengakses Wattpad ini dengan aplikasi yang di-­download di smartphone. Ataupun membuka situsnya. Kamu cukup membuat akun pengguna, yang juga bisa dengan akun Facebook atau Google. Bahkan, Wattpad ini juga bisa diakses secara offline.

Selain bisa membaca novel ataupun tulisan fiksi secara gratis, kamu juga bisa lho mempublikasikan karyamu di platform ini.

2. Storial.co

Baca Novel di Storial.co

Storial.co adalah website membaca novel secara online yang terbilang ramah untuk remaja. Ini karena di Storial.co terdapat tanda atau peringatan bila novel diperuntukkan bagi usia 18 tahun ke atas. Beragam bacaan seperti novel biografi, anak, fantasi, romantis ataupun horor ada di sini, bahkan dikatakan terdapat lebih dari 40 genre tulisan dalam situs ini.

Di Storial.co ini juga tersedia layanan premium, di mana kamu perlu melakukan top up yang bernama Storial Coin. Dengan layanan ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti bisa mendukung penulis lokal dan mendapatkan konten berkualitas.

Selain itu, Storial.co juga punya fitur audiostory, dan share quote ke media sosial, lho.

3. NovelPlus

Novel Plus

Aplikasi android satu ini juga terkenal sebagai wadah yang menyediakan banyak cerita dari beragam genre. Serupa dengan Wattpad, di NovelPlus pun memungkinkan kita untuk menerbitkan karya. Bila karyamu menarik dan banyak dibaca orang, maka tulisanmu akan masuk dalam bagian Pilihan Editor yang diterletak di bagian atas.

Baca Juga: Performa Tangguh dan Kekinian, 8 Rekomendasi Sepeda Lipat dengan

Yang membuat aplikasi ini menarik adalah pembaca bisa punya akses unlimited ke banyak buku atau novel dengan beragam genre. Dan pembaca bisa terhubungan atau berdiskusi dengan penulis dan juga pembaca lain.

4. NovelToon

Baca Novel Online di Noveltoon

Platform novel online berikutnya adalah NovelToon. Saat pertama kali masuk, pengguna akan diharuskan memilih jenis kelamin dan juga memasukkan tahun kelahiran, sehingga NovelToon bisa merekomendasikan jenis novel berdasarkan data tersebut.

di aplikasi ini, kamu bisa membuat semacam perpustakaanmu sendiri dengan mengunduh novel favoritmu dan bisa membacanya secara offline kapanpun dan di manapun.

Selain itu, NovelToon juga punya fitur Podcast dan AudioBooks, sehingga kamu bisa mendengarkan cerita yang kamu pilih, tanpa perlu membacanya. Di NovelToon juga kamu bisa menulis karyamu sendiri, dan berdiskusi dengan penulis serta pembaca lainnya.

5. Joylada

Joylada

Mau baca novelmu jadi lebih seru? Nih, Joylada punya klaim kalau ia merupakan aplikasi novel chat pertama yang ada di Indonesia. Dan di Joylada juga berisikan ribuan penulis serta pembaca aktif yang ada di Indonesia.

Jadi, di Joylada ini kamu bisa membaca novel seperti melihat percakapan di aplikasi chatting. Kamu cukup menonton tokoh-tokoh di dalam cerita saling berbalas pesan. Apalagi pilihan genre di Joylada pun beragam, dan kamu bisa buat cerita chat sendiri lho.

Nah, dari situs dan aplikasi baca novel online di atas adakah yang sering kamu pakai? Atau kamu jadi tertarik untuk mencoba membaca novel gratis secara online menggunakan situs dan aplikasi di atas?

Dengan adanya situs dan aplikasi di atas, kita jadi tidak perlu lagi ribet mencari novel-novel bagus yang menarik, yang umumnya sulit dicari secara fisik. Sekarang, kamu cukup buka situs atau aplikasinya, download cerita atau novelnya, dan baca kapan saja dan di mana saja kamu mau.

Related posts

6 Novel Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Baca Sekali Seumur Hidup

Rostina Alimuddin

Buat Kamu si Pecinta Olahraga, Ini Lho Cara Main Basket!

Habibah Auni

Wow, Ini Dia Hobi yang Keren dan Ternyata Membuat Cerdas!

Leave a Comment