Image default
Hobi

6 Novel Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Baca Sekali Seumur Hidup

Indonesia pada dasarnya memiliki banyak penulis-penulis hebat dengan berbagai genre. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya novel terbaik Indonesia yang memenangkan berbagai penghargaan internasional dan kemudian diterjemahkan ke dalam berbagai macam bahasa di seluruh dunia.

Bisa dibilang pertumbuhan minat baca di tanah air terus mengalami perkembangan. Setiap tahunnya terdapat banyak terbitan novel dan buku terbaru dari para penulis produktif tanah air. Tak hanya itu saja, beberapa penulis muda pun juga semakin banyak yang turut meramaikan dunia literasi hari ini.

Baca Juga:  Pemuda Muslim Sukses dari Indonesia Hingga Dunia!

Jika membahas tentang novel terbaik yang dimiliki oleh para penulis-penulis Indonesia rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Oleh sebab itu, kami berikan beberapa kumpulan novel terbaik dari Indonesia yang wajib kamu baca walau hanya sekali seumur hidup.

Rekomendasi Novel Terbaik Indonesia yang Harus Kamu Baca

5 CM

Novel Fenomenal Indonesia 5 CM

Novel 5 CM karya Donny Dhirgantoro ini memang sangat fantastis. Terbukti dari status best seller yang disandangnya serta dijadikannnya novel 5 CM ini menjadi sebuah film yang juga mencetak jumlah penonton yang tak kalah fantastisnya.

Novel ini sendiri menceritakan tentang lima orang sahabat yang tak pernah berpisah. Di setiap kesempatan mereka selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul. Di tengah kisah persahabatan tersebut ternyata juga terselip bumbu-bumbu asmara yang tak kalah rumitnya. Hal menarik lainnya dari film ini ialah tentang cerita petualangan seru mereka saat menaklukkan puncak gunung semeru. Pokoknya, film ini dijamin akan memberikan kehangatan saat menontonnya.

Ayat-ayat Cinta

Novel Terbaik Indonesia Ayat-ayat Cinta

Novel terbaik Indonesia selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah novel Ayat-ayat Cinta karangan Habiburahman El Shirazy. Kisah di dalam novel ini juga berisikan kisah percintaan yang cukup rumit antara Fahri, Maria dan juga Aisya.

Karena peminat novel ini terbilang tinggi di tanah air, Ayat-ayat Cinta pun berhasil menyabet beragam penghargaan di dalam maupun di luar negeri. Tak sampai di situ saja, novel ini juga berhasil diangkat menjadi sebuah film yang tak kalah fenomenalnya.

Laskar Pelangi

Novel Tentang Mimpi yang Sukses

Laskar Pelangi menjadi salah satu novel karya Andrea Hirata yang berhasil melambungkan namanya. Tak hanya di tanah air, novel Laskar Pelangi ini pun ternyata sukses besar di luar negeri. Berbagai negara pun berlomba-lomba menerjemahkan kisah inspiratif dari anak-anak di pulau Bitung ini.

Novel yang satu ini memang sangat edukatif. Ada banyak kisah inspiratif yang bisa membangkitkan rasa kepedulian kita terhadap dunia pendidikan di tanah air. Setelah sukses dicetak ratusan bahkan hingga ribuan eksemplar, novel karya Andrea Hirata ini pun kemudian masuk ke dalam jajaran layar lebar yang juga menuai kesuksesan besar. Laskar Pelangi pun disebut-sebut sebagai salah satu film Box Office tanah air yang berhasil mencetak sejarah dalam dunia perfilman tanah air pada zamannya.

Negeri 5 Menara

Novel Terbaik Indonesia Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara juga menjadi salah satu novel yang penuh inspirasi untuk anak-anak muda di tanah air. Novel ini sendiri berkisah tentang enam orang santri yang berasal dari wilayah berbeda-beda yang kemudian dipertemukan di sebuah pondok pesantren.

Kalau kamu penasaran dengan dunia santri dan pondok itu seperti apa, mungkin novel Negeri 5 Menara ini bisa menjadi salah satu referensi yang patut kamu baca.  Kesuksesan Ahmad Fuadi lewat karya perdananya ini juga berhasil memasukkan namanya sebagai jajaran penulis papan atas tanah air. Berbagai penghargaan pun berhasil diraih oleh Ahmad Fuadi lewat berbagai novel-novel inspiratifnya.

Dilan

Novel Dilan

Pasti kamu sudah akrab dengan ungkapan “Jangan Rindu Berat, Biar Aku Saja”. Ya, kalimat fenomenal yang satu ini merupakan salah satu kutipan di dalam novel best seller yang berjudul Dilan. Karya Pidi Baiq yang satu ini juga telah menjadi film layar lebar dengan judul yang sama.

Baca Juga: 6 Film Perang Terbaik yang Punya Rating Tinggi, Bahkan Ada yang Diangkat dari Kisah Nyata

Tak hanya sukses dengan novelnya, Dilan juga berhasil meraih banyak jumlah penonton semenjak pemutaran perdananya di bioskop-bioskop tanah air.

Rindu

Rindu Tere Liye

Siapa yang tak kenal dengan nama Tere Liye. Penulis yang satu ini memang menjadi salah satu penulis paling produktif di tanah air. Setiap tahunnya Tere Liye berhasilkan meluncurkan berbagai macam judul novel dengan genre yang berbeda.

Salah satu novel dari Tere Liye yang wajib kamu baca ialah novel yang berjudul Rindu. Isi novel ini berkisah tentang perjalanan sebuah kapal yang akan berlayar menuju Jeddah, Arab Saudi. Berbagai macam plot twist dihadirkan di dalam novel ini.

Nah, demikianlah rekomendasi novel terbaik Indonesia yang kami berikan untuk kamu. Saat bingung mengisi waktu luang, cobalah membaca salah satu dari novel di atas.

Related posts

5 Situs dan Aplikasi Baca Novel Online Gratis

Marsyaviani Darestuti

6 Jenis Ikan Hias Cantik Untuk Akuarium yang Mudah Dipelihara

Performa Tangguh dan Kekinian, 8 Rekomendasi Sepeda Lipat dengan

Risma Mualifa

Leave a Comment