Image default
Hobi

Mengenal 8 Ras Kucing Peliharaan yang Menggemaskan

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sering dijadikan peliharaan di rumah. Ini karena hewan satu ini terbilang menggemaskan dan juga jinak. Bahkan beberapa jenis kucing juga ramah, senang diajak bermain, bahkan setia. Nah, ras kucing sendiri ada banyak sekali ragamnya, lho. Beberapa di antaranya mungkin sering kamu temui.

Deretan Ras Kucing Peliharaan

1. Persia

Ras Kucing Peliharaan yang familiar, Persia

Jenis kucing Persia adalah salah satu jenis yang paling disukai dan populer untuk dipelihara orang. Tampilannya yang cantik dengan bulu panjang dan lebat serta bagian wajah yang bulat dengan hidung pesek, mungkin bisa disebut sebagai salah satu alasan kenapa ras ini jadi favorit untuk dipelihara.

Bukan hanya itu saja, kucing Persia pun termasuk kucing yang ramah, senang dielus dan tidak rewel, sehingga ketika kamu memeliharanya di rumah pun, kucing ini tidak akan merepotkan. Namun, kamu harus memerhatikan bulunya yang panjang untuk rajin disisir serta bagian matanya yang harus rutin dibersihkan karena sering munculnya noda air mata.

Baca Juga: Sugar Glider Hewan Lucu Asli Indonesia Yang Bisa Melayang Ketika Berpindah Tempat

2. Domestik

Ras Kucing Peliharaan Domestik

Yang satu ini mungkin lebih sering dikenal dengan sebutan ‘ras kucing kampung’. Soal pemeliharaan jenis kucing satu ini terbilang yang paling mudah dibanding jenis kucing peliharaan lainnya. Ini karena mereka tipe kucing yang tidak repot dalam hal perawatan serta bulunya pun tidak panjang dan lebat sehingga tidak perlu penanganan khusus seperti rutin disisir.

3. Anggora

Anggora Ras Kucing Peliharaan yang cukup terkenal

Tidak sedikit orang yang masih sulit membedakan jenis kucing Anggora dan Persia. Keduanya memang jenis kucing berbulu panjang dan lebat, sehingga sekilas tampak mirip. Namun kucing Anggora punya bentuk tubuh yang cenderung lebih kurus dibandingkan kucing Persia.

Kucing Anggora juga punya bentuk kepala yang segitiga dan hidung yang lebih mancung dibanding jenis ras kucing lainnya. Selain itu, di bagian leher kucing Anggora pun cenderung punya bulu yang panjang. Dan yang membuatnya menawan adalah bulunya umumnya berwarna putih salju dan mengembang, serta bentuk telinganya yang lebar.

4. Ragdoll

Kucing Ragdoll

Kucing asal California, Amerika Serikat ini punya julukan yaitu ‘puppy cat’, karena sifatnya yang menyerupai anjing. Jenis Kucing Ragdoll suka sekali dipeluk, dielus, dan diajak bermain, seperti seekor anjing. Kucing jenis ini pun bisa dibilang kucing manja, dan mungkin saja ketika kamu memeliharanya ia akan sering minta dipangku ataupun bergantungan di tanganmu.

Karakteristik kucing Ragdoll mirip seperti Persia, ia bermata biru dengan wajah yang bulat, dadanya berotot dan lebar serta tulang kaki dan tengkoraknya besar dan kuat. Kalau memelihara kucing ini, kamu harus menyiapkan banyak mainan, atau rutin mengajaknya bermain, karena ia jenis kucing aktif yang suka bermain dan berpetualang.

5. Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing satu ini bisa dibilang kucing terbesar di dunia dan masuk dalam jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Maine Coon bahkan bisa tumbuh sampai 1 meter dan bobotnya 15 kilogram.

Walaupun badannya besar dan terkesan garang, namun sifat kucing Maine Coon malah justru ramah lho. Mereka suka sekali berinteraksi dan bermain dengan manusia. Maine Coon juga cocok jadi peliharaan keluarga, terutama bila ada anak-anak, karena mereka sangat ramah pada anak kecil.

6. Siam

Siam

Karakteristik dari kucing Siam yaitu tubuhnya yang ramping, berekor panjang, bermata biru, bulu pendek, dan di wajah, telinga, ekor dan kakinya cenderung berwarna lebih gelap dibanding area tubuh lain.

Kucing Siam adalah jenis kucing yang suka mengoceh dan mengobrol. Mereka pun penuh kasih sayang walaupun tidak terlalu bermanja-manja dengan pemiliknya. Selain itu, mereka cenderung tidak suka ditinggal sendiri, sehingga jadi mudah stress.

7. British Shorthair

British Shorthair

Tahukah kamu, ternyata kucing British Shorthair adalah salah satu ras tertua di dunia perkucingan, lho. Karakteristiknya yaitu mereka punya bulu yang halus dan khas serta kepalanya bulat dengan mata yang besar.

Sifat kucing satu ini penyanyang, aktif, dan mandiri namun tetap suka berinteraksi. Perawatannya pun terbilang tidak sulit, meskipun kucing ini masuk dalam daftar ras kucing termahal, terutama yang masih berdarah murni.

Baca Juga: Temukan Tips dan 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Di Sini!

8. Sphynx

Sphynx

Kalau kucing yang satu ini paling bisa dibedakan dengan jenis kucing lainnya, karena mereka adalah kucing yang hampir tidak punya bulu sama sekali. Yes, Sphynx pun memiliki bulu, namun sangat pendek. Bukan hanya itu saja keunikannya, ternyata, kucing Sphynx juga punya kelenjar keringat, tidak seperti kucing biasanya.

Karena karakteristiknya yang unik inilah, bisa dibilang merawat kucing Sphynx tidaklah mudah. Mereka harus rutin dimandikan agar kulit dan bulunya tetap sehat, dan juga harus selalu berada di tempat sejuk. Walaupun begitu, kucing ini banyak diburu para pecinta kucing, sekalipun harganya yang bisa dibilang tidak murah.

Ternyata ada banyak sekali jenis kucing peliharaan, yang lucu, menggemaskan, bahkan unik. Karena punya karakteristik tersendiri, makanya cara perawatan tiap jenis kucing pun tentu berbeda-beda. Nah, tertarik memelihara yang mana?

Related posts

6 Jenis Ikan Hias Cantik Untuk Akuarium yang Mudah Dipelihara

Wow, Ini Dia Hobi yang Keren dan Ternyata Membuat Cerdas!

Buat Kamu si Pecinta Olahraga, Ini Lho Cara Main Basket!

Habibah Auni

Leave a Comment