Gaya Remaja

Stop Insecure! Inilah 6 Alasan Kenapa Banyak Orang Gagal dalam Hidup

Kenapa Banyak orang Gagal
Source: Pexels.com

Banyak orang yang merasa insecure, karena dirinya sering merasakan kegagalan. Apalagi masih banyak orang yang masih belum menyadari, beberapa alasan kenapa banyak orang gagal. Seperti beberapa alasan yang akan dibahas pada artikel ini!

Apa itu Kegagalan

apa itu kegagalan
Source: Pexels.com

Secara struktur bahasa, kegagalan dapat diartikan sebagai tidak tercapainya sebuah usaha. Namun secara istilah kegagalan memiliki makna sebagai sebuah hasil usaha, yang belum mengarah pada sebuah pencapaian.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga: Pengertian Insecure dan Ciri-Cirinya

Kegagalan sendiri bukan berarti adalah akhir dari perjuanganmu dalam mencapai sesuatu, karena pada sisi lain kegagalan juga mendatangkan sesuatu yang penting. Saat kamu mendapatkan kegagalan, kamu akan menemukan titik kesalahan yang membuatmu gagal. 

Jadi dari kegagalan pastinya akan ada sebuah solusi atas kesalahan atau masalah, yang kamu alami saat proses usaha. Dengan begitu kamu akan terus bertumbuh dengan merasakan banyak kegagalan.


6 Alasan Kenapa Banyak Orang Gagal

kenapa banyak orang gagal
Source: Pexels.com

Jika dikutip dari banyak quotes para pebisnis tersohor dunia, pasti ada kemasan kegagalan dalam setiap kesuksesan. Namun ketidakpastian kapan kita sukses, pasti akan membuat diri makin insecure. 

Untuk melepas rasa insecure, pastinya kamu perlu memahami alasan dari kegagalanmu. Seperti mempelajari beberapa alasan kenapa orang gagal di bawah ini:

1. Kurangnya Gigih untuk Meraih Tujuan

Lebih banyak orang gagal bukan karena mereka tidak memiliki dasar yang kuat ataupun bakat, alasan kenapa banyak orang gagal lebih karena kurangnya kegigihan. Padahal secara garis besar penting untuk meningkatkan kegigihan dalam diri. Walaupun faktanya bertahan dalam keterpurukan sangat sudah tercapai.

Untuk meningkatkan kegigihan, kamu bisa mencoba pendekatan baru. Lihatlah upaya yang telah kamu lakukan sebelumnya, walaupun gagal kamu harus putuskan apa yang harus kamu sesuaikan dalam diri. Terus lakukan penyesuaian dan evaluasi diri, dan yakinkan bahwa kamu bisa.

Baca Juga: Apa itu mind Mapping dan Bagaimanakah Cara Membuat Mind Mapping?

2. Kurangnya Percaya Diri

Orang tanpa sadar tidak memiliki keyakinan untuk bergaul, karena mereka kurang percaya diri dan berani. Mereka bahkan cenderung mengasingkan diri dari pergaulan, bahkan mencoba untuk tidak terlihat mencolok.

Terkadang orang seperti ini akan sulit memutuskan yang terbaik untuk dirinya, karena orang ini menganggap dia tidak pantas atau tidak akan bisa melakukannya. Jangankan untuk bekerja, orang seperti ini akan sulit untuk bersosialisasi. Agar bisa terbebas kuncinya adalah mencoba hal yang baru dalam kelompok.

3. Takut untuk Mencoba

Kunci sukses keberhasilan adalah analisis dan mencoba. Mereka yang tidak pernah mencoba, akan selamanya menjadi pecundang yang penasaran. Alhasil saat dia sudah melewatkan kesempatannya, dia akan menyalahkan diri di kemudian hari atas dirinya di masa lalu.

Mulailah untuk melihat perspektif lain, dan mencoba setiap kesempatan yang ada didepan mata. Jangan terpaku dengan hasil, dengan kamu mencoba kamu akan menemukan sesuatu yang kamu cari. Perbanyak jam terbang, untuk mulai melakukan sesuatu yang menurut kamu layak dicoba!


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

4. Disiplin yang Kurang

Siapapun yang telah mencapai sesuatu yang berharga, tidak pernah melakukannya tanpa disiplin yang keras. Disiplin membutuhkan pengendalian diri, pengorbanan dan effort yang nyata. Hal ini bertujuan untuk kamu bisa fokus.

Jangan terlalu menjadi perfeksionis, longgarkan sedikit ikat pinggang yang membelenggumu. Cari alasan untuk melakukan hal tersebut berulang kali, hingga kamu tahu arti disiplin yang sesungguhnya.


5. Banyak Orang Gagal Menerima Kelemahan Diri

Kurang menghargai diri, akan sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan. Orang seperti ini akan terus-menerus berusaha menemukan kelemahan diri mereka sendiri, daripada menciptakan pribadi yang menurutnya ideal. Alhasil segala yang dilakukan akan kurang maksimal.

Cobalah untuk mengenal dirimu sendiri, cari potensi dan terima semua kelemahanmu. Berhenti memberi label pada dirimu sebagai produk gagal. Posisikan diri seperti buku kosong, yang mengharapkan tindakan benar sebagai pena yang mengisi hidupmu.

Baca Juga: Punya Sisi Unik Dari Saudara Lainnya, Cek Fakta Anak Kedua Berikut Ini!

6. Gagal Membangun Jaringan dan Membangun Hubungan yang Kuat

Kegagalan membangun jaringan bisa disebabkan oleh banyak hal,seperti sifat kontraproduktif, menutup diri, sombong, introvert dan masih banyak lagi. Namun satu yang harus kamu tahu, bahwa jaringan memiliki nilai yang tinggi dalam kehidupan.

Prinsip dasar manusia sebagai makhluk sosial, sudah menjadi kodratnya. Oleh karena itu kamu harus mulai membuka diri, dengan mencari lingkungan yang satu frekuensi. Ikut aktif dalam satu komunitas hobi akan membuka jaringanmu sedikit demi sedikit.

Nah, itulah 7 alasan kenapa banyak orang gagal dalam hidup. Kebanyakan orang gagal karena caranya memadang hidup, oleh karena itu kamu perlu memperluas perspektif dengan melihat dunia luar.



Related posts

Perundungan Siber: Kejahatan Modern Lewat Teknologi Digital

Rostina Alimuddin

Rekomendasi Buku Tentang Mental Health

Primaditya Riesta

Cara Mencapai Impian Dengan 8 Langkah

Marsyaviani Darestuti