Gaya Remaja

Ini Dia Cara Membangun Relasi Paling Efektif!

Cara Membangun Relasi

Menjalin relasi adalah komponen penting dalam mengembangkan karir. Banyak orang mendapatkan peluang untuk sekolah, kuliah hingga bekerja di perusahaan ternama karena memanfaatkan relasi yang dimiliki dengan sebaik mungkin. Cara membangun relasi juga cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu memiliki inisiatif untuk bertemu dan berkomunikasi dengan banyak kalangan.

Meskipun demikian, Anda tetap perlu memiliki effort lebih dalam mengembangkan relasi di circle Anda. Oleh sebab itu, jangan pernah takut untuk memulainya. Maksimalkan segala usaha yang Anda miliki agar bisa mendapatkan relasi yang efektif.

Beranikan diri untuk berkenalan dengan orang baru

Membangun relasi berarti Anda harus siap untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru. Bagi introvert atau yang suka menyendiri, langkah ini tentulah tidak mudah. Namun, demi mengembangkan karir ataupun tujuan bisnis, menjalin networking dengan orang baru adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Saat baru memasuki lingkungan baru baik itu kampus ataupun tempat kerja, buanglah jauh-jauh rasa insecure yang Anda miliki. Percaya dirilah untuk berkenalan dan beradaptasi dengan orang-orang baru. Jangan malu untuk membuka percakapan lebih dulu. Anda bisa memulainya dengan memberi salam kemudian memperkenalkan diri.

Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Skill untuk Anak Muda

Cobalah bergabung dengan organisasi atau komunitas

Cara membangun relasi paling efektif ialah dengan ikut bergabung pada sebuah organisasi atau komunitas. Pastikan untuk memilih organisasi yang memang sesuai dengan pekerjaan, minat dan hobi Anda.

Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang blogger, manfaatkanlah relasi baru dengan bergabung dalam berbagai macam jenis komunitas blogger. Jika Anda masih mahasiswa dan memiliki cita-cita untuk bekerja dalam bidang jurnalis misalnya, maka silahkan mengikuti berbagai seminar tentang jurnalis atau langsung ikut bergabung ke dalam organisasi kampus yang fokus dengan dunia jurnalis.

Optimalkan kualitas pembicaraan

Cara membangun relasi
https://www.honestdocs.id/5-tips-untuk-membangun-kepercayaan-diri-saat-berbicara-dengan-orang-lain

Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi termasuk elemen yang sangat penting dalam membangun sebuah relasi. Komunikasi menjadi jembatan dalam menunjukkan kualitas diri kepada rekan baru Anda. Namun, untuk mengoptimalkan kualitas komunikasi ini, Anda juga memerlukan beberapa tips penting di dalamnya.

Saat berbicara dengan lawan bicara misalnya, pastikan untuk menghindari kegiatan multitasking saat sementara berbincang. Cobalah untuk tidak bermain HP seperti biasanya. Melakukan kegiatan lain saat seseorang sedang fokus berbicara dengan Anda hanya akan menciptakan kesan yang buruk. Rekan bicara akan menilai Anda sebagai sosok yang tak menghargai lawan bicara.

Oleh sebab itu, dengarkan secara seksama setiap pembicaraan yang disampaikan oleh lawan bicara. Pastikan juga untuk tidak memotong pembicaraan. Terkadang tanpa disadari, Anda tiba-tiba memotong dan menyela pembicaraan seseorang. Tetaplah mendengarkan hingga lawan bicara selesai menyampaikan apa yang ingin mereka sampaikan.

Jangan malu untuk memberi dan meminta bantuan

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan dalam menjalin relasi yang efektif ialah dengan memberi dan meminta bantuan. Jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada orang yang memang Anda butuhkan untuk mengembangkan karir Anda. Bisa jadi ini adalah pintu pembuka dalam melebarkan sayap karir ataupun prospek bisnis Anda.

Tak hanya meminta bantuan, Anda juga bisa menawarian bantuan kepada orang-orang yang akan menjadi relasi Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan bantuan, seperti berbagi ide atau saran terhadap permasalahan yang dihadapi oleh rekan Anda.

Baca Juga: Yuk, Pahami Apa Itu Soft Skill serta Contoh dan Pentingnya

Manfaatkan media sosial

Kemajuan era digital saat ini sudah sepatutnya Anda manfaatkan untuk mencari relasi sebanyak-banyaknya. Kehadiran berbagai macam sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram dan juga Tiktok bisa Anda jadikan wadah untuk menemukan relasi yang sefrekuensi.

Untuk menemukan relasi yang lebih profesional di bidangnya silahkan mencarinya lewat LinkedIn. Platform yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin fokus mengembangkan karir di bidang tertentu. LinkedIn juga menjadi platform yang paling cocok dalam membangun portofolio agar mudah direkrut oleh perusahaan.

Jika Anda juga memiliki passion atau latar belakang di bidang industri kreatif maka jangan ragu untuk memasukkannya di portofolio. Hal ini bisa menjadi nilai plus bagi para rekruiter di LinkedIn.

Beberapa cara membangun relasi lewat artikel ini bisa Anda jadikan panduan dalam memperluas relasi serta jenjang karir Anda. Pastikan untuk selalu siap menjadi pribadi yang terbuka di setiap lingkungan baru yang Anda temui. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menjalin koneksi dan interaksi di circle Anda.



Related posts

5 Blogger Indonesia Inspiratif untuk Sumber Belajar Blogger Pemula

Risma Mualifa

Yuk, Pahami Apa Itu Soft Skill serta Contoh dan Pentingnya

Linda Arista

Berkenalan Dengan 7 Politikus Muda Indonesia

Marsyaviani Darestuti