Image default

3 Cara Tepat Memilih Facewash Pria Untuk Jenis Kulit Wajah yang Berbeda

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Kata siapa yang harus menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah hanya wanita? Para pria pun juga wajib, lho, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajahnya. Minimal, gunakan facewash pria setiap harinya, dibandingkan tidak sama sekali. Apalagi, sekarang ini sudah banyak sekali beragam pilihan sabun muka pria, yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki. Tapi jangan sampai salah memilih facewash pria.

Kalau kamu sedang mencari pilihan facewash untuk pria, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan dalam memilih produk yang tepat dengan kondisi kulit wajahmu.

Tips Memilih Facewash Pria

1. Sesuaikan dengan jenis kulit

Memilih Facewash dengan menyesuaikan jenis kulit

Beragam facewash yang dijual di pasaran ada banyak sekali jenisnya. Sabun wajah ini pun punya bermacam-macam fokus untuk jenis kulit, seperti face wash pria untuk kulit kering, face wash pria untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kusam, dan sebagainya. Itulah kenapa, kamu harus memilih jenis sabun wajah yang sesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit wajah yang kamu miliki.

Bila kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, kamu bisa memilih produk yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah, namun juga tetap melembapkan kulit. Ini karena wajah pria bisa 2-3 kali lebih banyak memproduksi minya atau sebum, dibandingkan kulit wanita.

Sebenarnya minyak atau sebum di kulit wajah ini baik untuk melembapkan, namun bila diproduksi secara berlebih, maka akan membuat wajah lebih mengilap, pori-pori tersumbat, bahkan munculnya komedo. Facewash pria berbahan green tea serta asam lemak seperti palmitic acid, myristic acid, dan lauric acid bisa jadi pilihan.

Baca Juga: 7 Tips Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Sehat dan Cerah

Untuk face wash pria untuk kulit kering, sebaiknya pilih yang dapat melembapkan dan tidak membuat kulit semakin kering seperti terasa tertarik setelah mencuci wajah. Umumnya, sabun wajah yang melembapkan mengandung bahan vitamin B5, glycerin, allantoin, atau hyaluronic acid di dalamnya.

Sedangkan sabun cuci muka pria untuk kulit berjerawat, umumnya diciptakan dengan bahan-bahan yang bisa membantu meredakan inflamasi dan jga bersifat antibakteri. Bahan-bahan yang umumnya dipakai yaitu BHA, salicylic acid, green tea, tea tree oil, ataupun Centella asiatica.

Dan untuk pria berkulit sensitif, sebaiknya gunakan sabun cuci muka yang sudah teruji gentle atau hypoallergenic. Sehingga tidak memicu kemerahan serta iritasi pada kulit wajah.

2. Memilih Facewash Pria yang memiliki kandungan pelembap

Pilih yang terdapat pelembab

Meskipun kulit wajahmu bukan tipe yang kering, namun memilih facewash yang berpelembap adalah hal yang penting. Pelembap dalam sabun wajah akan membantu menyeimbangkan kelembapan alami kulit yang umumnya hilang ketika wajah menggunakan sabun.

Kandungan pelembap ini pun akan menghindarkan kulit wajah dari sensasi tertarik dan kering setelah mencuci wajah. Karena itulah, kamu bisa memilih sabun wajah yang punya kandungan asam amino, allantoin, ataupun ceramid di dalamnya.

3. Hindari penggunaan sabun cuci wajah untuk wanita

Jangan menggunakan sabun milik wanita

Tidak sedikit pria yang tidak ingin ribet dalam memilih produk perawatan wajahnya, terutama facewash. Padahal, kondisi dan jenis kulit pria tentunya berbeda dengan wanita. Stimulasi hormon testosteron atau androgen di pria, akan membuat kulit wajah pria cenderung lebih tebal hingga 25% dibanding wanita. Ini menyebabkan tekstur kulit pria jadi lebih keras.

Dari tingkat produksi minyak pun tentunya berbeda. Produksi minyak atau sebum pada pria cenderung lebih banyak, di mana ini berkaitan dengan sekresi hormon testosteron pria. Karena inilah, pria lebih gampang berjerawat.

Bukan hanya itu saja, pria juga punya lebih banyak folikel rambut serta kelenjar minyak di kulit wajahnya. Ini menyebabkan kulit wajah pria jauh lebih berminyak dibanding wanita. Itulah kenapa, sebaiknya pria menggunakan facewash pria sesuai kondisi kulit wajahnya.

Baca Juga: 6 Aplikasi Make Up Pria untuk Hasil Foto Menarik

Itulah beberapa cara memilih facewash pria yang tepat. Pemilihannya tidak boleh sembarangan, karena ini akan berhubungan dengan kesehatan dan kebersihan kulit wajahmu. Selain itu, sebaiknya tidak mencuci wajah dengan terlalu sering. Kamu bisa mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam sehari, saat bangun tidur dan juga sebelum tidur di malam hari. Namun bila kamu melakukan aktivitas yang membuat wajah berkeringat atau berdebu, juga bisa mencuci wajah setelahnya. Terlalu sering mencuci muka akan membuat kulit wajah jadi lebih kering.

Promo 17 - 30 Juni 2022 Gambar Horizontal

Related posts

Deretan Cowok Ganteng Indonesia Bikin Kaum Hawa Histeris

Primaditya Riesta

7 Tips Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Sehat dan Cerah

Risma Mualifa

6 Rekomendasi Tren Sepatu Casual Pria Terbaru Untuk Tampilan yang Maksimal

Marsyaviani Darestuti
Promo Aol 17 - 30 Juni 2022