Image default
Men

7 Tips Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Sehat dan Cerah

Perawatan kulit wajah identik dengan perempuan yang menginginkan tampilan cantik. Ternyata tidak sedikit juga pria yang peduli dengan penampilan dan rela melakukan berbagai langkah perawatan wajah. Saat ini pun tidak lagi sulit menemukan produk khusus untuk perawatan wajah pria dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Jadi bukan hal yang mustahil lagi bagi pria untuk mendapatkan kulit sehat, cerah serta terawat yang akan meningkatkan rasa percaya diri dalam berpenampilan.

Perlu diketahui bahwa karakter kulit wanita dan pria berbeda serta kebutuhan kulit keduanya pun tidak akan sama. Karena itu merawat kulit pria dan wanita tidak bisa bisa dengan cara yang sama. Tips merawat kulit wajah pria dan produk yang disarankan pastinya berbeda dengan apa yang bisa diaplikasikan pada kulit wajah wanita. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sederet tips bermanfaat yang bisa diikuti pria dalam merawat kulit wajahnya.

Baca Juga: 10 Kondisi Psikologi Pria Setelah Putus, Kamu yang Mana?

1. Kenali Jenis Kulit

Pertama, kenali jenis kulit sebelum menggunakan produk perawatan wajah pria

Secara umum, memang cara perawatan wajah pria tidak jauh berbeda dengan cara merawat kulit wanita. Termasuk untuk tips yang pertama ini yaitu harus mengetahui jenis kulit terlebih dahulu. Mengenali jenis kulit bisa mempermudah langkah selanjutnya dalam hal mencari produk perawatan yang paling tepat. Tanpa mengetahui jenis kulit, maka akan mustahil untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal. Memeriksa kondisi kulit setelah bangun tidur merupakan cara sederhana untuk mengetahui jenis kulit secara tepat.

2. Rajin Bersihkan Wajah

Sering-sering bersihkan wajah

Pria secara umum memiliki aktivitas yang lebih banyak dibanding wanita. Pria juga lebih sering beraktivitas di luar ruangan, sehingga kulitnya mudah terpapar kotoran, polusi, debu serta minyak dan keringat. Tak heran jika kulit wajah pria lebih mudah kusam, warnanya cenderung gelap dan mudah berjerawat. Untuk mengatasinya, pastikan rajin membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Membilas wajah dengan air saja tidak akan cukup karena partikel kotoran masih bisa tersembunyi di pori-pori kulit.

3. Gunakan Pisau Cukur dengan Hati-hati

Pastikan mencuku dengan benar

Menggunakan pisau cukur merupakan salah satu rutinitas dan kebutuhan rutin bagi pria. Karena ketajamannya, pisau cukur bisa saja menimbulkan luka pada kulit yang akhirnya mengganggu penampilan. Untuk menghindarinya, pastikan menggunakan pisau cukur yang aman dengan satu atau dua mata pisau. Lakukan juga teknik mencukur bulu wajah dengan benar dan hindari mengencangkan kulit saat mencukur. Jenis pisau cukur yang tepat dan teknik yang benar akan mencegah masalah pada kulit wajah pria.

4. Gunakan Tabir Surya

Laki-laki gunakan tabir surya sebagai perawatan wajah pria

Siapa bilang perlindungan dari sinar matahari hanya disarankan untuk wanita? Pria juga membutuhkan produk yang bisa melindungi kulit wajahnya dari pengaruh buruk sinar matahari. Pilihlah produk tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit pria. Tips perawatan wajah pria ini penting untuk mencegah masalah seperti warna kulit gelap, noda hitam, penuaan dini hingga radikal bebas. Terutama bagi yang selalu beraktivitas di luar ruangan, produk tabir surya jangan sampai dilewatkan.

5. Pakai Pelembab secara Rutin

Tidak masalah menggunakan tabir surya

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, pria juga harus menggunakan pelembab. Produk pelembab berfungsi menjaga kadar air dalam kulit sehingga kulit tidak kering. Bagi kulit berminyak, pelembab juga akan mencegah munculnya minyak berlebih. Pria bisa menggunakan pelembab setelah mandi atau setelah bercukur. Dengan kelembaban kulit yang selalu terjaga, kulit pria akan senantiasa terlihat awet muda dan lebih cerah.

6. Lakukan Exfoliating

Lakukan Exfoliating sebagai perawatan wajah pria

Sudah rajin mencuci muka dan pakai pelembab, tapi wajah masih terlihat kusam? Itu tandanya kulit pria butuh exfoliating atau pengelupasan sel kulit mati. Sel kulit mati memang tidak bisa terangkat hanya dengan mencuci muka. Butuh usaha exfoliating untuk mengembalikan kecerahan kulit. Exfoliating bisa dilakukan dengan memakai scrub atau bahan kimia, bisa dilakukan sendiri maupun di salon.

7. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Jangan lupa gaya hidup sehat

Tips perawatan wajah pria yang terakhir adalah menerapkan gaya hidup sehat. Tidak akan ada gunanya berbagai produk yang diaplikasikan pada wajah jika tidak disertai dengan pola hidup sehat. Mulailah dengan istirahat cukup, makan makanan sehat dan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang tepat. Hindari alkohol, rokok serta kebiasaan tidak sehat seperti malas berolahraga.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sukses Anak Muda yang Patut Kamu Coba!

Bukan hal aneh lagi jika pria melakukan serangkaian perawatan untuk mendapatkan kulit sehat dan terawat. Namun pastikan langkah perawatan wajah pria dilakukan dengan benar dan memperhatikan masalah kulit. Perawatan untuk hasil yang maksimal juga harus dilakukan dari luar dan dalam.

Related posts

6 Aplikasi Make Up Pria untuk Hasil Foto Menarik

Risma Mualifa

5 Jenis Trend Men Fashion yang Wajib Kaum Adam Miliki

Rostina Alimuddin

7 Model Rambut Pria 2021, Jadikan Penampilan Makin Ganteng

Risma Mualifa

Leave a Comment