Image default
Life

Ubah Gaya Hidup Hedonisme Dengan 7 Cara Ini

Pernah mendengar istilah Hedonisme? Perkembangan zaman yang didominasi teknologi yang berkembang pesat serta memudahkan segalanya seperti saat ini, mau tidak mau memunculkan gaya hidup baru, yaitu gaya hidup hedonisme. Gaya hidup yang disebut juga gaya hidup menikmati kesenangan ini membuat masyarakatnya jadi lebih sering mengeluarkan banyak uang dan hanya memikirkan kebahagiaan dunia.

Baca Juga: Tak Selalu Positif, Begini Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Apa Itu Hedonisme?

Gaya Hidup hedonisme di kalangan anak muda
Source: Earth.com

Hedonisme sendiri diambil dari Bahasa Yunani yang berarti kesenangan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan juga kenikmatan materi sebagai sebuah tujuan utama hidup.

Namun, dilema yang dihadapi masyarakat adalah, walaupun pendapatan yang terbilang tidak terlalu besar, namun mereka menyukai gaya hidup hedonisme atau hedon ini. Bahkan tidak jarang, gaya hidup ini membuat masyarakat jadi lebih individualis, konsumtif, egois, boros, dan cenderung pemalas. Itulah yang membuat gaya hidup ini seringkali dianggap gaya hidup yang tidak baik. Nah, kalau kamu termasuk orang yang masih menganut gaya hidup hedon ini, kamu bisa mengubah gaya hidup ini dengan cara-cara berikut.

1. Hidup minimalis

Segala sesuatu yang sederhana sebenarnya adalah awal dari kemudahan. Hidup yang sederhana bukan berarti hidup yang kekurangan. Namun hidup yang sederhana atau minimalis ini adalah hidup di mana lebih mementingkan segala sesuatu yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan.

2. Mengurangi hidup konsumtif

Gunakanlah penghasilanmu untuk sesuatu yang lebih penting. Bijaklah menentukan mana kebutuhan yang sifatnya primer, sekunder dan tersier, sehingga pengeluaranmu pun akan lebih teratur. Selain itu, kurangi kebiasaan menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak perlu.

3. Memilih pergaulan

Hindari Pergaulan Tidak Sehat untuk Menghindari Gaya Hidup Hedonisme
Source: Makmoodpublishing.com

Semakin luas circle pertemananmu, maka semakin banyak pula tipe teman yang akan kamu temui. Nah, dari teman, kamu juga bisa ‘tertular’ gaya hidup hedon ini, lho. Jadi, memilih teman yang tepat itu juga tidak ada salahnya kok. Usahakan untuk mencari teman yang punya gaya hidup yang minimalis, agar kamu terhindar dari hidup yang hedonis.

4. Kurangi rasa iri

Seringkali kebiasaan menghambur-hamburkan uang dilakukan seseorang demi memuaskan keinginannya, akibat dari rasa iri yang muncul. Pernah merasakan ini juga? Nah, karena itulah, cobalah untuk lebih bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki. Sehingga kamu tidak akan lagi merasa iri dengan segala hal yang dimiliki orang lain. Ini juga akan menghindarkan kamu dari sikap boros.

5. Membuat skala prioritas

Untuk mengubah gaya hidup hedonisme, kamu juga perlu menentukan skala prioritas. Tentukan prioritas utamamu di dalam hidup. Ini dibuat agar ketika sewaktu-waktu ada kebutuhan lain selain di daftar prioritas tersebut, kamu pun akan berpikir kembali apakah hal tersebut benar-benar suatu kebutuhan atau hanya keinginan semata.

6. Fokus bekerja keras

Hidup dengan gaya hidup hedonisme memang terlihat seperti tidak memikirkan masa depan, karena kamu cenderung hanya menikmati masa kini. Karena itulah, coba buang pola pikir seperti ini. Tanamkan pola pikir untuk bekerja keras, asah kemampuan, cari pengalaman sebanyak mungkin, dan dapatkan penghasilan dari hasil keringat sendiri.

Dengan begini, kamu akan paham bahwa mencari uang itu tidaklah mudah. Sehingga kamu pun akan berpikir dua kali untuk menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting. Kamu pun pasti akan memilih untuk menabung hasil keringatmu untuk masa depan.

7. Kurangi bermain media sosial

Hindari keseringan bermain sosial media untuk menghindari gaya hidup hedonisme
Source: Simplilearn.com

Seringkali, ‘virus’ hedon ini mewabah dari media sosial. Seperti misalnya keinginan untuk mengikuti gaya selebgram favorit, melihat video YouTuber terkenal yang membeli barang-barang baru, ataupun sekedar melihat InstaStory teman yang punya barang baru. Tanpa disadari, apa yang kita lihat di media sosial ini menjadikan kita sebagai orang yang hedon, lho. Untuk itu, sebisa mungkin kurangi porsi bermain media sosial. Lebih baik isi harimu dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dibandingkan hanya membuang waktu untuk scrolling media sosial.

Baca Juga: 25 Kata kata Anak Muda yang Mampu Memotivasi dan Membangkitkan Semangat

Gaya hidup hedonisme ini memang lebih banyak memberikan efek yang malah merusak hidupmu. Untuk itu, bila kamu termasuk orang yang lebih sering menghabiskan banyak uang untuk suatu hal yang tidak penting, sebaiknya buang sifat tersebut dan ubah dengan cara-cara di atas. Buat apa hanya mementingkan kesenangan yang sesaat tanpa berpikir ke depan. Yuk, kamu pasti bisa berubah!

Related posts

Tips Menggemukan Badan Secara Alami Tanpa Obat-Obatan

Rostina Alimuddin

Pola Hidup Sehat adalah Keharusan, Bagaimana Cara Menerapkannya?

Risma Mualifa

Hidup Lebih Sehat dan Sejahtera Dengan Menerapkan 8 Gaya Hidup Sehat Ini

Marsyaviani Darestuti